oleh

MOTIVASI BERPRESTASI MENGINSPIRASI NEGERI

-Edukasi, Humaniora-Telah Dibaca : 49 Orang

 

 

Sumber: www.wijayalabs.com

Malam ini pertemuan ke 22 di kelas belajar menulis PGRI yang digagas Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd. atau akrab disapa Om Jay. Setelah peserta mengikuti 20 pertemuan maka peserta akan diberikan 18 pertemuan motivasi semangat menulis dengan narasumber hebat setiap minggunya.

Pertemuan motivasi menulis ini dimulai dengan hadirnya narasumber guru inspiratif, Dede Sunarya, S.Pd. MM atau akrab disapa Abah Dede. Saya mengenal beliau saat menjadi moderator dan memandu beliau dalam kelas diskusi online via Whatsapp Grup gelombang 16.

www.pelatihanbelajarmenulis.blogspot.com

Ini kali kedua saya menemani Abah Dede dan masih bertugas sebagai moderator. Seorang guru honor yang sudah mengabdi sejak 1987. Wah, umur saya baru satu tahun tuh. Karena saya kelahiran Lebak, 1988. Terhitung sudah 34 tahun lamanya Abah Dede mengabdi pada negeri dengan gaji seikhlasnya.

Dok. Abah Dede

Abah Dede yang statusnya masih sebagai guru honor memang sangat menginpirasi sekali. Beliau menanamkan motivasi pada kami bahwa, guru adalah sebuah profesi yang mulia dan kita harus bangga dan mencintai pekerjaan kita. Menurut Abah, “Dalam hidup kita akan dipertemukan dengan pertemuan misterius.” Teruslah asah diri dengan menimba ilmu sepanjang hayat, itu adalah motto yang menguatkan setiap jejak langkah yang saya ukir saat ini.

Dok. Abah Dede

Sebagai guru honor yang mencoba mengabdikan pada negeri, Abah Dede memberikan pelajaran penting pada semuanya untuk menjadi guru yang ikhlas dalam mencintai peserta didik. Bagaimana kita tidak boleh mengeluh dalam bekerja karena status yang tergolong masih honor.

Kita harus bisa menerima dan meyakini bahwa Allah sedang merencanakan hal yang besar untuk kita semua. Sehingga dengan ketekunan, kesabaran, keikhlasan, kegigihan Abah Dede dalam dunia pendidikan telah membawa sederet prestasi yang sangat gemilang. Pada tahun 2020 tercatat sebagai Guru Inspiratif Nasional dari Dirjen GTK Kemdikbud RI dan Guru berprestasi dari Dinas Pendidikan Kota Bandung.

Saya yang baru 10 tahun mengabdikan diri tentunya memiliki semangat yang sama seperti Abah Deden. Dari rasa tulus mengabdi, saya ditunjuk oleh kepala yayasan untuk memegang amanah sebagai kepala sekolah SMPS Mathla’ul Hidayah Cipanas. Mungkin inilah  hal besar yang dinamakan pertemuan misterius yang Abah Dede maksud.

Dok. Abah Dede

Sesuatu yang kita kerjakan dengan ikhlas maka akan kembali kepada kita. Buah kesabaran akhirnya mengantarkan Abah Dede memenuhi beberapa undangan sebagai Narasumber dibeberapa kegiatan dan bisa satu bertemu langsung dengan Omjay.

Abah Dede satu meja dengan Omjay

Abah Dede sangat sabat sekali dalam mendidik semua peserta didik di sekolahnya mengajar. Itu bisa terlihat dari beberapa foto yang ditayangkan ke dalam grup menulis. Saya bisa melihat betapa potret kemesraan Abah Dede yang sangat menyentuh hati. Apalagi saat menggendong salah satu siswa berkebutuhan khusus. Sangat penyayang dan berwibawa saat menatap potretnya.

Dok. Abah Dede

Abah Dede ingin menumbuhkan virus inklusif. Dulu Abah Dede menempuh jurusan Pendidikan Khusus atau Pendidikan Luar Biasa (PLB) jadi beliau mengajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Jadi teringat Ibu Kartini nih, salah satu alumni satu kelas, beliau peserta belajar menulis gelombang 12 yang mengajar seperti Abah Dede. Butuh keterampilan ekstra saat Bu Kartini mengajar ABK dengan Praktik KBM PJJ untuk Anak Tuna Rungu.

Anak Berkebutuhan Khusus adalah anak yang dalam pendidikan memerlukan pelayanan yang spesifik, berbeda dengan anak pada umumnya. Sekolah yang mewadahi pembelajaran ABK  adalah sekolah khusus salah satunya Sekolah Luar Biasa (SLB).

Bu Kartini terpilih menjadi juara 2 lomba blog guru tingkat nasioanal HUT RI ke-75. Salut sekali dengan dedikasi Abah Dede yang sudah bertahan lebih dari 13 tahun di sekolah inklusif.

Kalimat penutup dari Abah Dede adalah JANGAN PERNAH MEMAKSA DAN JANGAN PERNAH MENGANCAM NAMUN BERIKANLAH CINTA PADA MEREKA, JIKA KITA MEMBERIKAN CINTA PADA MEREKA MAKA MEREKA AKAN MEMBERIKAN SEGALANYA. CINTAILAH PROFESI KITA, INSYAALLAH AKAN DATANG TAQDIR BAIK MISTERIUS YANG AKAN DATANG KEPADA KITA. MARI BERKOLABORASI UNTUK MENCAPAI SEBUAH PRESTASI.

Abah Dede dengan anugrah guru berprestasi
Dok. Penulis
Jadilah guru yang menuntun muridnya untuk terus berprestasi. Raihlah dan gapailah cita-cita setinggi bintang di langit. Semangat terus untuk tetap berbagi dan menginspiasi negeri.
Dok. Abah Dede

 

Salam blogger inspiratif

Aam Nurhasanah, S.Pd.

SMPS MATHLA UL HIDAYAH CIPANAS

Komentar

Tinggalkan Balasan

4 komentar

News Feed