Ikhtiar Berdampingan dengan Covid

Hampir tiga tahun Covid 19 bertengger di muka bumi. Rupanya ia sudah nyaman tinggal dan berkembang biak di bumi. Manusia yang hidup dibuat kalang kabut karenanya. Eksistensi untuk sehat dan bisa mendarmabaktikan hidupnya membuat manusia harus berpikir lebih melawannya.

Seluruh langkah dengan berbagai keilmuan dikerahkan guna mencari jalan agar bisa melawannya. Musuh yang tak kasat mata secara telanjang tapi bisa dirasakan akibatnya secara fisik. Jika sudah menyerang semua dibuat kalang kabut. Bukan hanya saudara, tapi lebih ribut lagi tenaga medis. Tenaga medis yang langsung bersentuhan dengan si pasien.

Berjalannya waktu, akhirnya ada alternatif untuk bisa mencegah penyebaran covid. Berbagai jenis vaksin mulai ditemukan. Walau vaksin yang berhasil dibuat tidak seluruhnya bisa mencegah si covid bergerak. Covid 19 semakin bermutasi dan semakin lebih ganas menyerang. Hal ini semakin membuat manusia putus dibuatnya.

Salah satu yang bisa mencegah penyebaran covid adalah segera digalakkan vaksin untuk seluruh warga. Karena jika sudah divaksin setidaknya bisa mengurangi covid menyerang lebih cepat imunitas manusia. Manusia yang sudah divaksin masih mempunyai kesempatan untuk menambah imunitas.

MTsN 2 Jombang di bawah naungan PP Darul ‘Ulum Rejoso telah melaksanakan vaksinasi untuk semua warganya yang mencakup tendik dan siswanya. Dengan berbagai macam kerjasama dilakukan pondok demi unit yang dinaungi. Kerjasama agar semua warga pondok bisa divaksin untuk mencegah penyebaran covid.

Kerjasama yang telah dilakukan adalah dengan Alumni Kedokteran UNAIR dan Koramil setempat. Alhamdulillah kerjasama yang dilakukan telah memenuhi tercapainya vaksinasi semua warga pondok khususnya dan beberapa warga nonpondok.

Semoga ikhtiar vaksin ini bisa membuat warga menjadi tenang tanpa takut hidup berdampingan dengan covid. Ketenangan yang terwujud bisa menambah imunitas tubuh. Semoga formula yang pas untuk melawan covid segera bisa ditemukan dan kehidupan bisa normal seperti sedia kala.

New normal berdampingan dengan covid. Perubahan gaya hidup harus diubah menyesuai dengan situasi dan karakter covid. Si Covid boleh berkembang biak tapi jangan sampai membuat manusia terganggu kenyamanannya.

Semoga ada pandemi segera berakhir. aaamiiin

Salam Literasi,

Kang Ahsan

 

Tinggalkan Balasan