oleh

Akuilah Jika Anda Bersalah

-BUKU, Filosofi, Gaya Hidup, Kesehatan, KMAB, YPTD-Telah Dibaca : 345 Orang

34. Akuilah Jika Anda Bersalah

Setiap orang memang memiliki kekurangan dalam dirinya. Hal ini menyebabkan seseorang pasti pernah melakukan kesalahan yang pernah dibuat selama hidupnya.

Namun, ada saja orang yang masih enggan menerima fakta bahwa dirinya telah melakukan kesalahan dalam mengerjakan sesuatu hal.

Padahal, berani untuk mengaku kesalahan bukanlah hal memalukan, kok. Justru bisa buat dirimu makin bijaksana, dan bisa melakukan introspeksi agar bisa memperbaiki kesalahan tersebut.

Yang perlu disadari adalah, manusia memang tempatnya salah. Tapi, bukan berarti selalu mengulangi kesalahan yang sama. Sementara, sebodoh-bodohnya keledai tidak ingin jatuh ke lubang yang sama berulang kali.

Satu kesalahan yang dilakukan, langsung cari tahu penyebabnya dan langsung segera perbaiki kesalahan tersebut. Kalau akibat kesalahan itu merugikan orang lain, segeralah minta maaf. Dengan meminta maaf maka akan melegakan hati.

Tahu apa yang dilakukan adalah sebuah kesalahan, maka hindari untuk melakukan kesalahan berikutnya. Melakukan kesalahan bukanlah pemakluman, tapi sebuah pelanggaran yang jangan ditolerir.

Dengan demikian setiap langkah yang dilakukan akan ada perbaikan, hidup pun akan semakin maju dan lebih baik. Prinsip maju adalah melangkah ke depan, bukanlah mundur ke belakang.

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan kalimat ‘tidak ada gading yang tak retak’. Peribahasa tersebut menyiratkan makna bahwa dalam hidup ini tidak ada segala sesuatu yang sempurna. Sebaik-baik orang, pasti memiliki sisi kekurangan. Dan sebenar-benarnya orang pasti pernah melakukan yang namanya kesalahan.

Maka dari itu, simak 5 manfaat penting jika berani mengakui kesalahan:

Terbebas dari rasa bersalah
Setiap orang tentu pernah melakukan hal tersebut termasuk dirimu. Namun sayangnya, masih banyak orang yang enggan mengakui bahwa dirinya telah berbuat salah. Alih-alih berlapang hati untuk jujur, yang ada kamu justru pura-pura tidak tahu atas apa yang terjadi.

Padahal berani mengakui kesalahan itu bukan hal yang buruk, lho. Salah satu keuntungan yang diperoleh saat kamu berani mengakui kesalahan yang telah diperbuat adalah terbebas dari beban rasa bersalah yang menggelayut. Tentu saja hal ini akan berdampak positf bagi dirimu. Kamu dapat menjalani hidup dengan lebih bahagia.

Orang semakin respek
Seberapa besar atau kecil kesalahan yang telah diperbuat, tentu bukan hal yang mudah untuk mengakui kesalahan. Namun, bukan artinya kamu malah menutupi semuanya untuk enggan menerima risiko yang telah kamu perbuat.

Jika kamu berani mengakui kesalahan yang diperbuat serta diiring permintaan maaf, jangan heran kalau orang lain malah makin respect kepadamu. Sebab, kamu di mata orang lain adalah orang yang jujur dan berani mempertanggung jawabkan segala kesalahan yang telah diperbuat.

Pikiran menjadi lebih tenang
Kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat seringkali membuat seseorang gelisah sepanjang waktu. Untu mengatasi hal tersebut, pada akhirnya kamu justru menyembunyikan kebenaran yang ada. Alih-alih mengakui kesalahan dan meminta maaf, kamu justru menutupi hal tersebut rapat-rapat agar tidak ada yang mengetahui.

Perlu diketahui, berani mengakui kesalahan itu bukan sesuatu yang buruk, lho. Dengan hal tersebut hatimu menjadi lebih lega karena beban yang selama ini menggelayuti pikiran dan perasaan telah tersampaikan. Hal ini tentu akan mempengaruhi pikiranmu sehingga menjadi lebih tenang.

Kondisi mental terjaga dengan baik
Meskipun sudah jadi hal yang lumrah dan pasti dilakukan oleh semua orang, namun pada kenyataannya kesalahan seringkali membuat orang enggan untuk mengakuinya. Bukannya menyampaikan apa yang sebenarnya telah terjadi, kamu justru berpura-pura tidak tahu dan menyimpan hal tersebut dengan rapat.

Jika kamu termasuk orang yang masih suka melakukan hal tersebut, segera berubah deh mulai sekarang. Dengan berani mengakui kesalahan, maka hati dan pikiranmu akan lebih lega sehingga terhindar dari perasaan tertekan apalagi ketakutan. Tentu hal ini dapat menjadikan mentalmu selalu stabil dan terjaga.

Menjadi sosok yang bijaksana
Kesalahan masih menjadi sesuatu yang menakutkan. Alih-alih jujur dan berani mengakui kesalahan yang sudah diperbuat, kamu justru menyimpannya rapat-rapat. Bahkan adapula yang menampik fakta dengan berpura-pura tidak tahu atas apa yang telah terjadi.

Padahal mengakui kesalahan itu bukan sesuatu yang merugikan, lho. Pada kenyataannya, berani mengakui apa yang telah diperbuat justru mencerminkan bahwa kamu adalah sosok yang jujur serta berkepribadian unggul. Kamu tumbuh menjadi individu yang lebih bijaksana.

Meskipun terdengar menakutkan, pada kenyataannya berani mengakui kesalahan justru hal yang bijak, lho. Setelah mengetahui lima keuntungan di atas, apakah kamu masih takut untuk mengakui kesalahan yang telah diperbuat?

Sumber:
1. yoursay.suara.com
2. Idntimes.com

 

Komentar

Tinggalkan Balasan