oleh

Jadilah Pribadi yang Lebih Ramah

-BUKU, Filosofi, Gaya Hidup, Kesehatan, KMAB, YPTD-Telah Dibaca : 162 Orang

32. Jadilah Pribadi yang Lebih Ramah

Sebagian orang memang secara alamiah mudah bersikap ramah. Ini merupakan bagian dari ciri kepribadian mereka, sekaligus cara hidup sehari-hari yang paling baik yang dapat mereka lakukan.

Namun bagi sebagian orang lainnya, beramah-tamah adalah perilaku yang perlu dipelajari dan dilatih. Bersikap ramah mencakup belajar menampilkan diri kepada orang lain, memulai percakapan, serta menjadi orang yang percaya diri.

Ramah merupakan salah satu sikap yang dimiliki seseorang dengan aura positif. Dengan menerapkan hal ini, kamu akan dianggap menyenangkan hingga banyak orang yang ingin menjadikanmu teman. Namun, melakukannya seringkali disebut sulit.

Umumnya, cara orang yang ramah dapat terhubung dengan orang lain adalah dengan membuka diri kepada orang lain dan terlibat dalam percakapan. Hal itu mungkin cenderung sulit dilakukan introvert, tapi bukan berarti nggak bisa dilakukan.

Menjadi orang yang ramah berarti kamu adalah tipe orang yang mudah untuk diajak berkomunikasi dan berteman. Oleh sebab itu, banyak sekali orang yang ingin menjadi tipe seperti ini, meski sebenarnya cukup sulit kalau memang bersebrangan dengan karakter dan kepribadian dalam diri.

Seperti misalnya bagi tipe orang ekstrovert yang secara alami populer di kalangan orang-orang, mereka tidak akan kesulitan untuk bersikap terbuka dan ramah. Secara alami, orang-orang ekstrovert memang tertarik untuk berinteraksi, berbicara, dan berkomunikasi dengan orang lain. Namun, hal itu belum tentu terjadi pada tipe intorvert.

Dengan melakukan beberapa cara berikut ini, kamu bisa menjadi lebih ramah terlepas dari apa kepribadianmu. Berikut 5 cara menjadi lebih ramah dalam berbagai situasi sosial.

Tantang diri Anda untuk bersikap lebih terbuka
Ubah sikap Introvert menjadi Ekstrovert, yang tadinya sangat tertutup menjadi lebih terbuka dan tertarik untuk berinteraksi. Sikap ini harus ditantang untuk mengubahnya, dan meninggalkan kebiasaan yang buruk tersebut.

Beberapa orang akan merasa sangat sulit untuk berani dan keluar dari zona nyaman mereka, terutama orang-orang yang memiliki rasa kecemasan sosial cukup tinggi. Salah satu cara terbaik untuk mengubahnya adalah dengan menantangnya!

Jika kamu memiliki kesempatan untuk keluar di depan umum dengan beberapa orang, manfaatkan itu! Bahkan jika kamu merasa tidak nyaman, cobalah untuk melakukan kontak mata, tersenyum, dan berjalan perlahan. Ini akan membuat jiwa bersosialisasimu terlatih dan membantumu untuk terlihat ramah.

Jauhkan rasa tidak percaya diri
Jauhkanlah dirimu dari pergaulan yang buruk, carilah teman-teman yang bisa membuatmu lebih percaya diri. Jika kamu pengen tahu cara menghilangkan rasa minder, mulailah dengan orang-orang terdekatmu.

Setelah menjauhkan diri dari pergaulan yang tidak positif, cari kumpulan orang yang membangun. Orang-orang yang bisa kasih kritik membangun tanpa menjatuhkanmu, yang enggak membandingkan diri mereka dengan orang lain, atau berusaha untuk menjadi yang paling hebat.

Cara menghilangkan rasa minder dimulai dengan mencintai diri sendiri. Bentuk cinta pada diri sendiri dapat dilakukan dengan cara yang paling sederhana namun bisa bikin perubahan yang besar. Ini termasuk gimana kamu melakukan hal-hal kecil setiap hari.

Jadilah pendengar yang baik
Sebagian besar kita mungkin menganggap kalau orang yang pandai berbicara itu adalah orang yang hebat. Mereka bisa menyampaikan semua gagasan yang ada di pikirannya tanpa perlu takut akan respons dari orang lain.

Akan tetapi, sering kali orang lupa bahwa menjadi pendengar yang baik itu tidak kalah hebat, dan hanya sedikit sekali orang yang bisa melakukannya.

Ketika kita masuk dalam sebuah lingkungan sosial, kita mungkin akan dihadapkan dengan berbagai macam perbedaan pendapat. Untuk itu, meluangkan waktu untuk mendengarkan apa yang orang lain katakan bisa sangat membantu, bahkan jika kita tidak selalu setuju dengan mereka.

Sebab, pada dasarnya orang itu hanya ingin didengar, Bela. Saat kamu berusaha menjadi pendengar yang baik, orang itu akan merasa kamu menghargai mereka.

Atasi rasa Insecure-mu
Orang-orang yang ramah tidak memiliki masalah mengakui rasa insecure mereka dan mereka tidak mencoba untuk menghindari bertemu orang baru. Mereka tidak pernah takut menunjukkan sisi rentan mereka, karena tahu bahwa itu bisa membuat orang lain merasa lebih nyaman dan disambut.

Kalau kamu sedikit kesulitan mengatasi rasa tidak aman mu itu, cobalah tips ini: selalu ingatkan dirimu bahwa setiap orang memiliki rasa insecure, bahkan jika mereka berusaha menyembunyikannya.

Aktiflah mengajukan pertanyaan
Terkadang, kamu perlu mengajukan pertanyaan selama percakapan. Jika harus, jangan ragu untuk melakukannya. Tidak ada yang salah dengan mengajukan pertanyaan ketika kamu tidak tahu sesuatu atau tidak mengerti sesuatu.

Justru, dengan berani bertanya, kamu membuka kesempatan untuk memperluas bahasan dan obrolan, sehingga membuat orang merasa bahwa kamu adalah sosok yang ramah dan terbuka.

Sumber: www.popbela.com

Komentar

Tinggalkan Balasan