oleh

Lakukan Kegiatan dengan Orang Terdekatmu

-BUKU, Filosofi, Gaya Hidup, Kesehatan, KMAB, YPTD-Telah Dibaca : 185 Orang

35. Lakukan Kegiatan dengan Orang Terdekatmu

Kegiatan seperti ini biasa juga disebut Quality Time, menghabiskan waktu bersama sahabat atau teman terdekat tanpa adanya gangguan dari hal lain pada saat yang bersamaan. Kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan, terlebih di tengah kesibukan bekerja.

Quality time bersama orang terdekat bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan traveling, berolahraga, memasak, atau sekadar menonton TV bersama di rumah.

Intinya, yang terpenting dari quality time bukan jumlah waktu yang dihabiskan atau jenis kegiatan yang dilakukan, melainkan kualitas dari interaksi tersebut.

Untuk menjadi pribadi yang baik sangat diperlukan kegiatan seperti ini, karena banyak sekali manfaatnya. Pada dasarnya kegiatan seperti ini, baik dengan keluarga atau sahabat hampirlah sama.

Di era sekarang banyak masyarakat perkotaan mulai menyadari akan pentingnya quality time. Sebab, quality time artinya waktu yang dihabiskan bersama dengan keluarga dan orang terdekat.

Salah satu tujuannya untuk menciptakan rasa kasih sayang yang lebih dalam sekaligus meningkatkan kualitas hubungan, baik itu percintaan maupun persahabatan. Dalam prakteknya quality time tidak melulu soal berapa lama waktu yang dihabiskan.

Alasannya karena inti pada quality time artinya adalah kualitas interaksinya. Jadi yang ditekankan pada quality time yaitu proses untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan orang terdekat Anda.

5 alasan kenapa melakukan kegiatan bersama orang terdekat itu penting:

Menunjukkan rasa kepedulian
Kegiatan sehari-hari, seperti bekerja, bisa menyita banyak waktu Anda. Hal ini bisa menyebabkan berkurangnya interaksi dengan orang-orang terdekat, sehingga hubungan juga bisa merenggang.

Meluangkan waktu untuk quality time bersama orang-orang yang Anda cintai bisa menjadi cara yang baik untuk menunjukkan kepedulian, rasa sayang, dan dukungan Anda kepada mereka. Dengan begitu pun, hubungan Anda dengan orang-orang yang Anda sayangi akan tetap terjaga.

Meningkatkan hubungan emosional
Pengertian sederhana dari quality time adalah kebersamaan yang dilakukan dengan orang terdekat dalam waktu tertentu. Dimana interaksi dilakukan dengan sangat intens dan bisa meningkatkan hubungan emosional.

Salah satu contohnya bisa dilihat saat ada satu keluarga yang pergi piknik di sebuah taman. Biasanya mereka akan bercengkrama, mengobrol banyak hal, dan sebagainya.

Aktivitas seperti ini tidak saja membahagiakan orang terdekat kita. Tapi, juga mendatangkan kebahagiaan dan kebaikan pada diri kita sendiri.

Menjaga kesehatan mental
Melakukan quality time bersama orang-orang tersayang dapat menciptakan dukungan emosional yang kuat untuk membantu Anda melewati berbagai masalah dan tantangan dalam hidup.

Ini pada akhirnya bisa bermanfaat bagi kesehatan mental Anda dan menurunkan risiko Anda mengalami berbagai gangguan psikologis, seperti gangguan kecemasan dan depresi.

Mengurangi stres
Menghabiskan waktu yang berkualitas bersama orang terdekat atau support system Anda juga bisa menjadi cara untuk menangani stres. Gelak tawa dan perhatian yang Anda dapatkan selama quality time setidaknya bisa mengalihkan pikiran Anda dari pekerjaan atau masalah yang membuat stres.

Saat quality time, Anda juga bisa curhat atau bertukar pikiran mengenai hal-hal yang mungkin mengganggu pikiran Anda dan membuat Anda stres. Hal ini bisa membantu Anda meredakan beban pikiran dan mungkin menemukan solusi yang efektif terhadap masalah yang Anda hadapi.

Meningkatkan kesehatan fisik
Ini juga merupakan salah satu pentingnya quality time yang sayangnya tidak banyak disadari. Quality time dengan aktivitas fisik, seperti berolahraga, mendaki gunung, atau berkebun bersama, bisa membantu meningkatkan kebugaran dengan cara yang tidak terasa terlalu melelahkan dibandingkan jika dilakukan sendiri.

Selain itu, rutin melakukan quality time juga dapat menimbulkan rasa kepemilikan akan orang-orang yang mencintai Anda. Sebuah penelitian mengatakan bahwa hal ini secara tidak langsung akan membuat keputusan Anda akan pola hidup menjadi lebih sehat.

Memelihara hubungan yang sehat dengan quality time juga dikaitkan dengan usia harapan hidup yang lebih lama. Pasalnya, quality time bisa membuat hidup Anda lebih sehat dan bahagia.

Sumber :
1. www.alodokter.com
2. katadata.co.id

 

Komentar

Tinggalkan Balasan