oleh

Lebih Peduli pada Orang Disekitarnya

-BUKU, Filosofi, Gaya Hidup, Kesehatan, KMAB, YPTD-Telah Dibaca : 122 Orang

37. Lebih Peduli pada Orang Disekitarnya

Setiap manusia pada dasarnya diberikan yang namanya emosi dan perasaan di mana mereka hakikatnya bisa merasakan hal-hal yang terjadi di sekelilingnya. Kita semua tau bahwa peduli adalah suatu emosi dan perasaan. Bagaimana jika ada manusia yang tidak memiliki rasa peduli? Ya di dunia ini hal itu pasti ada.

Sikap ini biasanya disebut juga sebagai ‘kepekaan sosial’, setiap orang pasti memiliki sikap ini. Hanya saja kadarnya berbeda pada setiap orang. Namun, kepekaan sosial ini bisa di asah. Semua tergantung kebiasaan masing-masing orang.

Sebagai mahluk sosial, sudah sewajarnya memiliki kepekaan sosial, memiliki kepedulian terhadap orang disekitarnya. Dan menyadari bahwa kita hidup di dunia ini untuk memberikan manfaat pada orang lain.

Bukankah sudah dikatakan, “Sebaik-baiknya manusia adalah yang banyak memberikan manfaat pada orang lain, disamping juga pada diri sendiri.”

Kita ketahui di zaman sekarang khususnya era modern ini banyak manusia atau individu-individu yang lebih memikirkan dirinya sendiri tanpa memperhatikan sekitarnya atau dalam arti lain kurangnya interaksi sosial.

kurangnya interaksi sosial jelas membawa dampak buruk yang dikarenakan sikap apatis, maka dari itu kita harus bisa membangun sikap peduli kita entah dalam lingkup kecil ataupun cangkupan luas.

Sikap peduli sangat dibutuhkan dalam kurangnya interaksi sosial karena rasa dan sikap peduli lah yang bisa membuat kita saling membutuhkan dan akhirnya menimbulkan interaksi kemudian menjadi sebuah perubahan.

5 alasan kenapa kamu perlu lebih Peduli kepada orang disekitarnya:

Memberikan manfaat pada orang lain
Manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat untuk orang banyak, setidaknya untuk orang yang ada di sekitarmu. Peduli terhadap sesama sudah lebih dari cukup untuk membuat kamu menjadi orang yang bermanfaat.

Kamu bisa membantu dengan cara memberi bantuan dalam bentuk apapun. Meski nilainya kecil, kepedulian yang kamu berikan bisa sangat membantu orang yang sangat membutuhkan.

Kalaupun tidak membantu dengan memberikan sesuatu, bisa juga memberikan perhatian dan bantuan yang tidak bersifat materi. Memberikan saran dan solusi pun adalah bentuk dari adanya perhatian.

Menyebarkan kebaikan pada orang lain
Menanamkan sikap peduli sebenarnya tidak perlu jauh-jauh jika dirasa belum mampu, ada orang terdekat yang mungkin sangat membutuhkan kepedulianmu saat ini.

Belajar menyebarkan kebaikan dari orang terdekat terlebih dahulu, orang yang benar-benar ada di sekelilingmu. Jika kamu perhatikan lebih dekat, mereka sebenarnya membutuhkan bantuanmu dari berbagai sisi.

Dalam kehidupan sosial itu disebutkan bahwa “Saudara terdekatmu itu adalah tetangga terdekatmu.” Itulah sekecil-kecilnya rasa peduli, dan yang lebih besar daripada itu adalah peduli terhadap orang disekitarnya, peduli terhadap bangsa dan negara.

Menyadari kodrat sebagai manusia
Fitrah/kodrat manusia di muka bumi ini adalah berbuat baik pada sesama, termasuklah juga pada orang disekitarnya. Bukanlah sebaliknya, berbuat kejahatan pada sesama. Kepekaan sosial itu manifestasi dari kepedulian terhadap orang disekitarnya.

Sebagai seorang manusia, sudah kodratnya jika kita menerapkan sikap peduli terhadap sesama, setidaknya untuk orang yang ada di sekitarmu. Ini sudah melekat pada kita semua dari awal mulanya kehidupan.

Meski ada perbedaan dari satu manusia dengan manusia lainnya, bukan berarti menjadi penghalang untuk bisa memberikan rasa empati. Sikap peduli tidak seharunya pandang bulu, semuanya merata tanpa terkecuali.

Sadar terhadap manfaat berbuat kebaikan
Setiap kepedulian yang kita berikan, akan ada orang yang merasa terbantu dan membuat hidupnya menjadi lebih baik. Meski kamu tidak mengharapkan balasan apapun, orang yang merasa terbantu atas kepedulianmu akan membalasnya dengan setimpal atau bahkan lebih.

Setiap kebaikan akan dibalas dengan kebaikan, semua orang tahu itu. Kita tidak perlu ragu untuk peduli terhadap sesama, kepedulianmu tidak akan membawa kesengsaraan.

Begitu juga, setiap perbuatan ada imbal baliknya, kebaikan dan kepedulian yang ditebarkan maka kebaikan dan kepedulian pula yang akan diterima. Setiap perbuatan ada ganjarannya.

Mengerti manfaat kepedulian terhadap orang lain
Pada dasarnya, sekecil apapun bentuk kepedulian kamu, itu akan sangat berpengaruh pada kehidupan orang lain. Entah dari sisi yang mana, akan ada peningkatan kehidupan ke arah yang lebih baik.

Jangan mengurungkan niat kamu hanya karena bentuk kepedulianmu nilainya sangat kecil, apalagi sampai berkecil hati. Apapun yang kamu lakukan asalkan itu positif, pada akhirnya itu akan bermanfaat untuk orang banyak.

Itu dia deretan alasan mengapa kamu harus peduli pada orang di sekitarmu. Jangan pernah mencoba untuk pura-pura tidak melihatnya, sekecil apapun kepedulianmu itu bisa sangat berharga untuk orang-orang di sekitar.

Sumber: Idntimes.com

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan