oleh

Menjaga Kesehatan Saat Menulis

-Gaya Hidup, Hobi, Literasi, YPTD-Telah Dibaca : 95 Orang

Artikel ke 40
Menjaga Kesehatan Saat Menulis

Mengapa Menjaga Kesehatan saya letakkan dibagian akhir? Karena dari semua yang terkait motivasi tidak ada artinya kalau kesehatan Anda tidak baik. Tidak ada yang bisa Anda lakukan kalau kesehatan Anda dalam keadaan sakit.

Bukan tidak ada orang yang menulis dalam keadaan sakit, tapi, semua tergantung seperti apa sakitnya. Ada orang yang tetap aktif menulis meskipun dalam keadaan sakit. Selama yang sakit bukan organ vital yang membuatnya tidak bisa menulis.

Faktor kesehatan adalah hal yang terpenting dalam menulis. Sehat secara jasmani maupun rohani, sangat dibutuhkan dalam menulis. Jasmani dan rohani yang sehat, akan menghasilkan tulisan yang bermanfaat.

Kesehatan harus menjadi perhatian utama dalam pekerjaan apapun. Saat Anda merasa kurang bersemangat dan kehilangan motivasi menulis, coba perhatian kesehatanmu yang mungkin kurang baik. Bagi penulis, kesehatan mental dan emosi adalah dua hal yang harus menjadi perhatian utama.

Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Dengan begitu apa pun yang Anda kerjakan tidak ada rintangan, apalagi gangguan kesehatan. Sehat secara mental, maka emosi pun akan terkontrol, sehingga menulis pun terasa lebih nyaman.

Karena, pikiran akan lebih jernih untuk menulis ketika kesehatan mental penulis baik. Selain kesehatan mental, kesehatan fisik juga harus menjadi perhatian karena pasti akan berdampak pada pikiran yang kurang fokus ketika menulis.

Untuk menjaga stamina dan kesehatan fisik, Anda harus rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan menghindari pekerjaan yang tidak bermanfaat, untuk menjaga kesehatan fisik tetap baik. Cobalah sesekali menjernihkan pikiran dan pandangan dengan melihat pemandangan atau keindahan alam.

Itulah kenapa diatas segalanya kesehatan itu menjadi prioritas utama, meskipun dalam urutan motivasi menulis dia berada pada benteng terakhir. Tidak ada yang bisa dilakukan dikala tubuh Anda tidak sehat, boro-boro bisa menulis, makan pun kadangkala tidak bisa.

Saat pikiran dan fisik terjaga kesehatannya, ide menulis akan mengalir lebih lancar, imajinasi lebih liar dan kualitas tulisan sudah pasti akan lebih baik. Pada akhirnya, hasil karya tulis Anda pun akan sukses di pasaran atau mendapat banyak respons baik dari pembaca.

Selain keluarga, harta yang paling berharga adalah kesehatan. Bayangkan berapa banyak biaya yang harus kamu keluarkan jika kamu terserang penyakit. Mahal bukan? Maka dari itu, menjaga kesehatan adalah wajib hukumnya untuk terhindar dari berbagai macam penyakit.

Menjalankan pola hidup sehat adalah dasar dari menjaga tubuh tetap fit. Apalagi sampai saat ini dunia masih berjuang melawan virus corona, bahkan para ahli pun masih terus meneliti cara menaklukkan virus ini. Apa yang harus kamu lakukan adalah tetap jalankan pola hidup sehat dan ikuti protokol kesehatan.

Menulis adalah aktivitas yang juga banyak menguras energi, maka dari itu sangat diperlukan menjaga kesehatan. Biasakanlah mengkonsumsi makanan yang bergizi, berolah raga yang rutin, banyak minum air putih, Mengelola waktu tidur yang baik dan mengelola stres.

Kalau beberapa tips menjaga kesehatan tersebut bisa dilakukan secara disiplin, maka kesehatan Anda pun akan terjaga dan terhindar dari penyakit. Dengan tubuh yang sehat, maka Anda akan semakin produktif dalam menulis.

Artikel menjaga kesehatan ini sengaja saya tempatkan sebagai artikel penutup, agar sehebat apapun Anda menulis, harus tetap concern menjaga kesehatan tubuh Anda. Kesehatan harus menjadi prioritas utama dalam menulis.

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar

News Feed