oleh

Menulis Pada Waktu yang Tepat

-Gaya Hidup, Hobi, Literasi, YPTD-Telah Dibaca : 57 Orang

Artikel ke 27
Menulis Pada Waktu yang Tepat

Soal memilih waktu yang tepat pun tidak kalah penting dengan yang lainnya dalam menulis kreatif, karena terkadang menulis itu mood-nya dipengaruhi banyak hal. Salah satunya soal waktu yang tepat, kalau waktunya pas maka menulis pun akan nyaman dan mengalir begitu saja.

Sebagian besar penulis saat kesulitan menemukan imajinasi untuk menulis, karena berbagai situasi dan kondisi yang ada, maka memilih untuk menulis pada jam-jam di mana bisa konsentrasi penuh dan dengan penuh ketenangan.

Secara pribadi saya memilih waktu untuk menulis selepas sholat subuh, karena disaat itulah waktu yang sangat nyaman buat menulis. Belum terganggu dengan berbagai kesibukan lainnnya, sehingga bisa penuh konsentrasi.

Selain waktu diatas, saya juga biasa menulis sebelum waktu tidur, karena pada waktu itu seisi rumah dan lingkungan sekitar rumah sudah mulai sepi. Tentunya ini tidak berlaku pada setiap penulis, karena masing-masing memiliki waktu yang tepat untuk menulis.

Banyak sekali cara menyesiasati untuk memilih waktu untuk menulis, berikut saya sajikan beberapa nukilan yang menjadi acuan untuk memilih waktu untuk menulis, yang antara lain sebagai berikut:

1. Menentukan Target untuk Menulis

Ini sangat penting untuk membiasakan disiplin waktu dan memilih waktu berdasarkan kebiasaan, yang dianggap paling aman untuk menulis. Target tersebut tujuannya untuk menetapkan jumlah kata yang bisa dihasilkan berdasarkan pengalaman, sehingga tahu waktu yang paling produktif untuk menulis.

Misalnya setiap hari Anda menargetkan bisa menulis minimal 1.000 kata, maka setiap hari target ini harus bisa dicapai. Kalau pada kenyataannya hanya menghasilkan 500 kata setiap hari, dan itu dianggap bukanlah target yang ideal, berarti harus diatur kembali waktu yang paling tepat untuk menghasilkan target tersebut.

2. Tahu Memanfaatkan Waktu

Di tengah kesibukan pun kalau tahu cara memanfaatkan waktu untuk menulis, maka sesibuk apa pun tidak akan menghambat waktu untuk menulis. Terlebih lagi di zaman teknologi yang semakin canggih. Tidak bisa menggunakan Laptop, bisa menggunakan Tablet atau Handphone.

Saya pernah di tengah kesibukan mengawal produksi Sinetron stripping, saya tetap bisa menulis. Padahal sebagai penata artistik bukan kepalang kesibukannya, namun karena hasrat menulis begitu besar, maka saya tetap bisa menulis. Ini hanya soal memanfaatkan jeda waktu yang memang memungkinkan untuk menulis.

Itu semua saya lakukan hanya dengan menggunakan Handphone, bahkan tidak jarang karya-karya Desain grafis yang dibutuhkan untuk kepentingan sinetron pun saya kerjakan hanya dengan handphone. Kalau karya desain grafis aja bisa, tentunya menulis jauh lebih bisa.

3. Batasi Gangguan Saat Menulis

Ini juga jauh lebih penting, karena bisa menghambat produktivitas menulis. Hal yang paling mengganggu saat menulis adalah aktivitas di media sosial. Ketika Anda menulis, tapi tetap aktif bermedia sosial, maka sebagian waktu Anda untuk menulis akan tersita oleh media sosial.

Untuk sementara, matikan internet saat Anda menulis. Agar tak terganggu oleh lalu lalang pesan masuk, atau bunyi notifikasi yang tak pernah berhenti. Sibukkan hanya untuk menulis, pada waktu yang telah Anda tetapkan untuk menulis.

Jangan menerima telepon di waktu menulis yang sangat terbatas tersebut. Anggap menulis sebagai ‘profesi’ yang Anda hormati. Seperti guru saat mengajar, tentu tidak akan menerima telepon.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan, dari sekian banyak tips mensisati waktu untuk menulis. Poin-poin diatas saya anggap yang paling penting dalam memilih waktu yang tepat untuk menulis.

Yang jelas untuk menulis kreatif memang sangat dibutuhkan waktu yang tepat, kalau pun kapan saja dan dimana saja bisa menulis, itu hanya dilakukan untuk mendokumentasikan ide yang sifatnya hanya untuk sementara. Ketika sudah punya waktu yang tepat, maka apa yang sudah dituliskan tadi bisa lebih dimatangkan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed