oleh

Penulis Bagus karena Artikelnya Populer?

-Gaya Hidup, YPTD-Telah Dibaca : 772 Orang

Apa iya kategori Penulis Bagus itu karena artikelnya sering nangkring dikanal terpopuler? Agak kurang setuju saya dengan pendapat ini, karena Penulis Bagus itu tidak bisa diukur dari populer atau tidak artikel yang ditulisnya.

Karena di Kompasiana, artikel yang populer itu tidak identik dengan artikel bagus. Masuk dalam kanal populer dan terkategori artikel paling populer, hanya persoalan kemampuan memanfaatkan momentum sebuah situasi yang sedang Hits atau banyak dibicarakan.

Sementara kategori Penulis Bagus itu dalam penilaian yang terpisah dari itu, karena menyangkut kualitas artikel yang dituliskan, juga menyangkut hal lain yang digunakan untuk mengukur kualitas tersebut.

Banyak Penulis Bagus di Kompasiana, meskipun artikelnya tidak populer, dan penulisnya tidak terlalu populer. Hampir rerata K’ners yang artikelnya terpilih sebagai artikel utama, dan sering artikelnya dipilih menjadi Artikel Utama, menurut saya adalah Penulis yang bagus.

Artinya, disamping tema yang disajikan, cara penyajiannya juga memenuhi kaidah penulisan yang sebenarnya. Yang jelas tata penulisannya benar, disamping juga apa yang menjadi materi tulisannya banyak memberikan inspirasi dan manfaat bagi pembaca.

Terlalu dini kalau mengatakan Penulis Bagus itu karena artikelnya sering menjadi terpopuler. Kadang saya cuma modal judul yang bombastis, artikel saya bisa menjadi artikel terpopuler, dan kebetulan tema yang ditulis memang lagi hits, tapi saya gak mau bilang saya Penulis Bagus, bisa malu saya sama master penulis yang ada di Kompasiana.

Jangan salah, kalau banyak artikel politik yang bertengger dikanal terpopuler, karena tema populer saat ini memang tentang politik, maklum saja ditahun politik. Biasanya juga tidak selalu artikel politik yang menghiasi kanal Terpopuler, pernah juga karya fiksi menghiasi kanal Terpopuler.

Banyak sekali Penulis Bagus di Kompasiana, dengan jam terbang yang mumpuni, kaidah penulisannya bagus, tema tulisan yang disajikan juga bagus, dan mereka konsisten dengan kebiasaan mereka, tidak pernah terpancing mengubah karakternya hanya untuk mengejar populeritas.

Mereka inilah yang saya anggap sebagai Penulis Bagus, karena konsisten dengan tulisannya yang bagus. Mereka sangat menjaga kaidah-kaidah penulisan yang benar, selalu memberikan inspirasi dan imformasi yang baru, yang memang dibutuhkan K’ners.

Saya tidak berani memberikan cap Penulis Bagus kepada penulis dadakan, yang selalu nangkring dikanal populer, karena bagus itu sifatnya relatif. Penulis Bagus, ya karena memang tulisannya bagus, kalau memang populer, itu soal lain lagi. Bagus itu sangat berkaitan dengan standar kualitas yang sebenarnya.

Seperti apa Penulis Bagus menurut Anda.? Pastinya Anda punya interpretasi yang berbeda lagi, sesuai dengan persepsi dan sudut pandang masing-masing.

Tulisan ini lahir atas dasar keprihatinan saya pada waktu itu, dimana ada seorang buzzer politik, yang nongol di Kompasiana hanya di saat musim Pilpres, dia mengklaim dirinya sebagai penulis bagus, hanya karena beberapa kali muncul di kanal ‘Terpopuler’, padahal kalau menyimak isi tulisannya sendiri jauh dari kata tulisan yang bagus dan benar. Maaf ini hanya sekadar refleksi saja.

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar