oleh

PENGALAMAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

-Terbaru-Telah Dibaca : 28 Orang

Pengalaman Pembelajaran Jarak Jauh

Hari senin tanggal 23 Agustus 2021 adalah hari PPKMB atau Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru dimana kami semua mengalami awal-awal sebagai MaBa atau Mahasiswa Baru, dimulai dari pembagian kelompok, saya mendapatkan kelompok 3. Kami harus mempersiapkan alat-alat yang dipakai saat zoom PPKMB yaitu nametag, hari pertama PPPKMB pun mulai di jam 8 pagi, semua sudah ku siapkan dari alat tulis, sampai ke nametag nya. Semua berjalan dengan lancar dan disaat melakukan zoom meeting pun kami tidak bosan karena dibawa dengan serius tetapi santai, di hari pertama kami melakukan acara PPKMB sampai dengan jam 3 sore, diistirahatkan di jam 11.00-13.00. Keesokan harinya kami melakukan zoom lebih pagi yaitu jam 7 pagi sampai dengan jam 3 sore, dan di hari terakhir kami melakukan zoom dari jam 8 pagi sampai jam 14.30. Zoom meeting kami lakukan 3 hari dengan sangat lancar, dan materi nya pun sangat-sangat bagus dan pembawaan materinya sangat-sangat luar biasa.

Setelah kami selesai melakukan PPKMB lalu kami dibagikan kelas, dan aku mendapatkan kelas A, lalu kami membuat grup kelas untuk kami berdiskusi dan kami mulai membuat struktur kelas dan sipen atau penanggung jawab pelajaran, awalnya sipen di kelas kami itu ada 2 orang karena kami belum paham dengan sistem sipennya bagaimana, tetapi kami diberitahu oleh dosen kalau sipen hanya 1 orang saja. Lalu kami pun memulai pembelajaran pertama dengan materi sejarah perkembangan keperawatan, dan selama melakukan zoom meeting sangat lancar. Selama proses pembelajaran jarak jauh ini saya terkadang mengalami kesulitan dari internet, listrik, dan masih banyak lagi. Apalagi di masa pembelajaran jarak jauh yang dari rumah ini, terkadang bukan masalah dari internet atau listrik saja yang membuat saya terganggu tetapi juga dari adik-adik saya, karena mama papa saya bekerja dan di rumah hanya ada saya dan kedua adik saya, jadi saya juga harus bisa mengajarkan tugas-tugas adik saya yang berbarengan dengan jam kuliah saya, belum lagi kalau adik saya lapar dan saya harus membuatkan makanannya dulu. Untungnya sekarang ini di kuliah sudah mulai tatap muka seminggu sekali untuk tutor praktek, sebenarnya di pembelajaran jarak jauh ini ada plus-minus nya, karena kalau dirumah kita masih bisa santai, dan waktu yang fleksibel. Tetapi pembelajaran jarak jauh pun banyak waktu yang jadinya terganggu.

Kalau dari saya si maunya ya tetap begini ajalah daripada harus tatap muka dan mengharuskan saya untuk kost sendiri, karena saya masih takut untuk ditinggal orang tua. tetapi setelah saya melakukan tatap muka yang dimulai seminggu sekali di hari jumat itupun terasa seru, karena saya bisa bertemu langsung dengan teman-teman, bisa mengobrol banyak dengan mereka, saling berkenalan satu sama lain. Dan pembelajaran tatap muka pun lebih dimengerti, karena tidak terkendala jaringan hihihi. Ada suka ada duka di pembelajaran jarak jauh ini kalau bisa memilih antara belajar jarak jauh melalui zoom meeting, atau tatap muka, saya si mau nya belajar jarak jauh dengan zoom meeting, lalu seminggu sekali kami bertatap muka , biar adil hehehe. Tetapi bagaimanapun saya harus bisa menerima keputusan yang akan dikeluarkan kampus nanti, dan saya juga harus siap dengan keputusan itu. Dan semoga virus covid-19 ini cepat berakhir, dan kami bisa melakukan aktivitas seperti biasanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed