oleh

Perkembangan Teknologi harus memberi Manfaat Positif buat Generasi Milineal.

Menyikap Kemajuan Teknologi terutama Handphone dalam kehidupan sehari-hari.

grace

Generasi millennial adalah generasi yang lahir antara tahun 1982-2000, dimana saat itu orang menyebutnya sebagai era Millennium. Mereka disebut generasi yang haus akan teknologi paling canggih dan menjadikan teknologi sebagai gaya hidup serta menghadapi perubahan di masa depan.

Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”.

Pengaruh dari kemajuan teknologi, khususnya dari kemajuan teknologi informasi terbagi menjadi dua macam, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Semua itu kembali lagi pada cara manusia itu berfikir dan bagaimana dia menggunakan kemajuan teknik informatika, apakah untuk yang membangun dan bermanfaat (positif) atau untuk hal-hal tergolong salah atau kearah negatif.

Dampak negatif yang paling umum adalah gadget dapat merusak mata. Menatap gadget terlalu lama dapat menyebabkan mata kering dan dapat mengakibatkan peradangan dan infeksi pada mata. Lebih parahnya lagi, gadget dapat mempengaruhi kesehatan mata secara jangka panjang.

Dampak Positif :

  1. Dampak Positif Mempermudah komunikasi.
  2. Media hiburan.
  3. Meningkatkan pengetahuan.
  4. Meningkatkan kenyamanan dalam belajar.
  5. Tersedianya teknologi yang lebih canggih.
  6. Mempertajam kemampuan mengingat murid.
  7. Meningkatkan kemampuan dalam mengatur waktu.

 

Perkembangan zaman dan era globalisasi yang semakin meluas menuntut pemuda-pemudi Indonesia untuk bisa menyesuaikan diri dengan baik. Generasi yang tumbuh bersamaan  dengan pesatnya kemajuan teknologi, memiliki kemampuan mengakses informasi lebih cepat dan termasuk penggunaan terbanyak biasa disebut dengan generasi millenial.

Perkembangan teknologi di zaman ini begitu pesat. Kemajuan teknologi tersebut memang bermata dua, disatu sisi memajukan dan membuat hidup manusia lebih maju dan enak, sedangkan disisi lain ternyata juga ada dampak negatif yang kita rasakan seperti polusi, kerusakan lingkungan, perang yang semakin ganas, ketergantungan manusia pada teknologi. Dalam hidup sehari-hari kita saat ini dapat mengamati kebanyakan orang, entah anak-anak atau dewasa tidak dapat lepas dari gadget. Beberapa orang menjadi sulit konsentrasi lagi bila lupa membawa gadget atau HP.

Media sosial sangat berguna bagi generasi milenial untuk berkomunikasi dengan mudah, cepat, hemat, tanpa batasan waktu dan tempat. Kini mereka tidak lagi menggunakan pesan teks tertulis di kertas untuk mengirim sebuah pesan kepada seseorang.

Barang kecil ini ternyata sangat berpengaruh bagi para generasi milenial. Perubahan ini dapat kita cermati dalam gaya bahasa yang tidak baku, cara mereka belajar dalam dunia pendidikan formal, dan mengikisnya budaya sedikit demi sedikit.

Generasi millenial merupakan generasi yang paling paham tentang teknologi dari pada generasi sebelumnya. Generasi millenial, harus mampu mengolah teknologi yang ada dan memanfaatkannya untuk kemajuan bangsa. Perkembangan ini yang membuat segala sesatu terjadi lebih mudah, praktis, efisien, dan canggih. Para pemuda Indonesia cenderung berfikir out of the box atau berfikir diluar kebiasaan. pemikiran seperti ini cenderung mengembangkan sesuatu menjadi sekreatif mungkin yang bisa lebih bernilai.

Generasi millenial sangatlah diharapkan, untuk menjadi agen perubahan (Agen of Change). Mengingat ide idenya yang selalu segar, pemikirannya yang kreatif  dan inovatif yang diyakini akan mampu, mendorong terjadinya transformasi dunia ini ke arah yang lebih baik lagi, melalui perubahan dan pengembangan. Dimana mereka sangat mahir dalam teknologi dan infrastruktur yang ada serta memiliki banyak peluang untuk bisa berada jauh di depan, dibandingkan generasi sebelumnya. Selain itu mampu dan berusaha menjadi bijak terutama dalam menggunakan social media.

  • Bijak dalam Bermedia. Bijak dalam bermedia pun perlu, tidak mudah menyerap segala informasi dan isu-isu yang beredar sebelum ditelisik kebenarannya. Apalagi berita hoax masih marak terjadi dan beredar di mana-mana. Terkadang ada saja berita atau isu-isu yang mengandung ujaran kebencian, menyulut amarah masyarakat, serta memojokkan atau menuduh kelompok atau oknum tertentu.

Contoh hal yang Menyikap Kemajuan Teknologi terutama Handphone dalam kegiatan sehari-hari :

  1. Mempergunakan media sosial dan gadget dengan baik dan benar dan bijak

Seperti apa ya ?  meng-Instal Aplikasi di hp sesuai dengan kebutuhan.

Dari banyak aplikasi di internet hp, tablet, laptop, komputer kita harus pandai memilih aplikasi yang benar-benar bermanfaat yang bermutu untuk kehidupan kita secara baik dan benar dan mencari ilmu pengetahuan atau informasi.

  1. Manfaatkan fitur-fitur gadget sebaik mungkin

Kenapa harus dengan fitur sebaik mungkin? Karna kebanyakan generasi milineal ini hanya melakukan gadget untuk melihat hal yang tidak baik, kabar yang simpang siur, kebencian, menyebar hoax.

  1. Banyak membaca

Setiap orang pasti mempunyai HP/Gadget. Disaat kita punya hp kita pasti malas untuk membaca buku/tidak punya buku. Maka dari itu hp mempermudahkan kita untuk lebih mencari-cari informasi. Membaca adalah salah satu aktifitas yang sangat berfaedah.  Dengan memanfaatkan gadget, kita harus sering-sering membaca banyak buku, artikel, internet yang memberikan informasi yang detail dan tepat. Memperbanyak Membaca buku juga akan membuat wawasan ide kita lebih luas dan lebih berwawasan lagi. Maka dari itu jangan lelah lelahnya membaca buku yaaaa…

  1. Batasi penggunaan gadget dan perbanyak sosialisasi dan bergaul dengan orang lain secara tatap muka.

Karna jika  kita Berkomunikasi tatap muka akan melatih kemampuan berkomunikasi dalam segala hal karena akan melibatkan ekspresi, bahasa tubuh, intonasi suara, postur tubuh. Sedangkan menggunakan hp saja akan menimbulkan banyak masalah, entah persahabatan, keluarga, teman, lingkungan sekitar yang menyebabkan kesalah pahaman dan merasakan Kita dekat dengan yang jauh, tetapi menjadi jauh dengan yang dekat.

 “Secara fisik mereka hadir, tetapi hati, perhatian dan pikiran mereka sama sekali tidak berada di sana.

Maka dari itu jika kita mempunyai waktu kosong lebih baik diluangkan dengan bertemu dan saling berkomunikasi satu sama lain agar terciptakan kerukunan dan hidup saling mengasihi.

  1. Menggunakan gadget dengan memanfaatkan situasi yang ada.

Jika kita mempergunakan hp atau teknologi untuk bisnis atau usaha baik usaha kecil dan besar sangat bermanfaat sekali kita bisa membantu mempromosikan bisnis kita sendiri atau teman untuk saling membuat keinginan semakin maju. Dengan begitu gadget akan berguna jika kita memanfaatkan dengan secara baik dan bisa berguna buat satu sama lain.

  1. Gadget membuat kita bodoh jika hanya bermain game, menonton youtube tetapi tidak menghasilkan apa-apa. Kita hidup di dunia pekerja, yang mana harus berpikir lebih maju lebih giat untuk mencapai masa depan lebih indah. Jika kita stuck di gadget tanpa menghasilkan apa-apa mending stop untuk memainkan gadget tersebut. Kita harus mempunyai visi dan misi untuk kehidupan yang bagus bagaimana caranya? Harus kerja dan usaha dan berdoa. Dengan begitu jerih payah kita akan terbayarkan dengan hasil keringat kita dulu. Jadi kan hidup ini memotivasi untuk maju dari diri sendiri dan sekitar kita
  2. Gadget membuat kita bisa membantu orang lain yang sedang kesusahan.

Di jaman sekarang di pandemi covid-19 bukan membuat kita terpuruk tapi membuat kita untuk tetap semangat membantu orang yang berkesusahan. Sangat banyak sekali orang bisa saling membantu. Dengan begitu kita memberikan sedikit rejeki kita kepada mereka yang tidak bisa makan,minum,tidur dengan cukup dan baik. Terimakasih kepada para milineal sekarang kalian luar biasa.

  1. Gadget memperkuatkan iman kita lebih berwawasan dan lebih mendalami.

Tetapi harus dengan hal yang baik, hal mengasihi dan hal saling menghargai satu sama lain.

  1. Tidak boleh memaksakkan kehendak kita untuk mencapai keinginan kita.

Kita meminta keorang tua untuk membelikan sebuah HP karena teman kita sudah mempunyai HP atau HP mereka lebih bagus atau tidak pernah merasa puas dengan yang kita punya sekarang. Kita tidak boleh memaksakan kehendak kita untuk sesuatu hal yang tidak benar. Jangan memaksa orang tua kita beli sedangkan ekonomi keluarga sedang tidak baik. Kita sebagai anak sebagai generasi milineal bagaimana caranya kita harus mendapatkan hal yang kita inginkan itu dengan hasil duit kita sendiri dengan cara halal.

Kita telah menyadari bahwa perkembangan teknologi mempunyai dua akibat: pertama, akibat yang positif yang menjadikan kita hidup lebih baik, lebih maju, dan lebih enak baik sebagai manusia. Kemajuan teknologi sangat membantu kita dalam perutusan kita sehingga karya keselamatan semakin cepat dirasakan banyak orang. Kedua, akibat yang negatif, yang mengganggu kehidupan kita, termasuk mengganggu penghayatan hidup bergaul kita. Oleh karena itu maka kita diajak untuk selalu berdiskresi, untuk selalu kritis menghadapi kemajuan teknologi diatas, sehingga dampak-dampak yang negatif dapat dikurangi atau bahkan dihapuskan, sedangkan dampak yang positif dapat terus dimanfaatkan. Semoga semangat ini terus dikembangkan dalam komunitas dan kongregasi kita serta dalam hidup kita sendiri.

Perkembangan teknologi seharusnya memberi manfaat positif, bukan membuat kita mengucilkan diri dari orang lain dan Tuhan

  • Cara Menghadapi HOAX

Hati-hati dengan judul yang provokatif, langkah pertama yang dapat diambil yaitu mencari referensi berita serupa dari situs online resmi, kemudian bandingkan isi beritanya. Dengan demikian, setidaknya pembaca dapat memperoleh kesimpulan yang berimbang.

Cek kembali gambar yang didapat, langkah yang harus dilakukan adalah cek gambar tersebut di Google Image. Fitur pencarian gambar serupa yang dimiliki Google Image bisa membuat pembaca tahu gambar yang serupa sebenarnya memuat tentang kejadian apa.

Cermati alamat situs. Cermatilah alamat URL situs apabila berasal dari situs yang belum terverifikasi sebagai institusi resmi, maka informasi yang disebarkan bisa disebut informasi yang meragukan pembaca.

Teliti dalam membaca informasi. Hal yang sangat amat mungkin terpikir oleh pembaca dalam menentukan berita sungguhan atau hoax adalah dengan mengecek validitas sebuah informasi dengan teliti membaca informasi yang disebar tersebut.

Periksa fakta/ Langkah yang harus diambil adalah dengan memperhatikan keberimbangan sumber berita. Jika hanya ada satu sumber, pembaca tidak bisa mendapatkan gambaran yang utuh. Pembaca pun perlu mengamati perbedaan berita yang dibuat berdasarkan fakta atau opini. Fakta adalah peristiwa yang terjadi dengan bukti, berbeda dengan opini yang hanya berupa pendapat dan kesan dari penulis sehingga akan lebih memiliki sifat subjektif.

Jangan share artikel, foto, ataupun pesan berantai tanpa membaca sepenuhnya dan yakin akan kebenarannya. Karena membagikan artikel, foto, ataupun pesan berantai akan mempercepat berkembangnya berita hoax.

Kita sebagai Generasi Milineal harus lebih teliti dan cermat dalam memilih kabar-kabar berita tidak benar(hoax). Jika kita gampang terprovokasi dengan berita kebencian, hoax dll. akan mengakibatkan generasi milineal ini tidak akan berkembang. Jadi siapa lagi yang akan memajukan Indonesia kalau bukan kita yang maju dan berkembang? Jadi buat kita generasi milineal harus lebih lagi teliti dan cermat. Jangan gampang terprovokasi dalam bentuk apapun jika bukan berita yang jelas dari  kominfo.

Kini, pemerintah dan Dewan Pers, juga polisi memantau media-media online pembuat dan penyebar berita hoax. Hoax yang menjadi perhatian serius polisi adalah hoax yang sifatnya berbau politik, seperti memojokan pemerintah, atau mengancam stabilitas negara, serta merusak citra pemerintah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed