oleh

Ada 2 Cara untuk Meraih Keberkahan Ilmu

-Humaniora-Telah Dibaca : 221 Orang

Pernahkan anda melihat begitu banyak lulusan sarjana yang tidak memiliki pekerjaan. Atau ada tetangga kita yang sudah menempuh pendidikan begitu tinggi namun kesulitan saat bersaing dalam meraih pekerjaan. Sementara ada orang yang kemampuannya biasa-biasa saja namun begitu mudah mendapatkan pekerjaan. Kenapa hal ini bisa terjadi, mungkin kita sering bertanya dan merasa keheranan kenapa bisa demikian.

Pendidikan yang baik akan menghantarkan kita mendapatkan pekerjaan yang baik pula. Kita akan mendapatkan pekerjaan jika ilmu yang kita miliki sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Atau kita mampu melakukan sesuatu lebih baik dari orang lain. maka kita akan dilirik perusahaan atau institusi yang membutuhkan tenaga kerja.

Kemampuan lebih terhadap satu bidang keahlian ternyata tidak cukup untuk menghantarkan kita bisa meraih apa yang kita cita-citakan. Keberkahan ilmu inilah yang semestinya kita cari sehingga walau kita tidak memiliki kepintaran yang begitu hebat namun kita memiliki rezeki yang begitu baik. Bagaimana hal itu bisa kita peroleh dan apa yang harus kita lakukan sebenarnya.

  1. Menghormati Orang Tua

Meminta doa dan meminta restu orang tua dalam setiap kita menjalani kehidupan harus menjadi hal utama yang mesti kita lakukan. Ridho orang tua adalah pintu utama membuka jalan kita mendapatkan ridha Allah SWT. Doa orang tua akan begitu sangat ampuh menjadi pembuka jalan bagi kita untuk meraih keberkahan ilmu.

Maka selalu menghormati orang tua kita dan memuliakannya menjadi suatu keharusan yang tidak ada alasan untuk tidak melakukannya. Jika kita sudah mendapatkan ridho dari orang tua maka apa yang kita cita-citakan biasanya akan tercapai.

Begitu banyak contoh nyata dalam kehidupan kita bagaimana kekuatan doa orang tua  mampu merubah hidup seorang anak. Jika orang tua berdoa untuk kebaikan seorang anak maka baiklah anak tersebut namun jika orang tua berdoa sebaliknya maka laknat Allah akan turun begitu cepat.

Mari kita lihat kisah sukses Bapak Chairul Tanjung sebagai pengusaha papan atas yang sukses di Indonesia. Bagaimaan beliau memberlakukan orang tua beliau khususnya Ibunda beliau. Jika kita baca dari buku auto biografi beliau dapat kita simpulkan betapa beliau memuliakan orang tua beliau dan betul-betul menjalankan apa yang menjadi petunjuk agama bagaimana memuliakan orang tua. Hasilnya dapat kita lihat saat ini, perusahaan beliau begitu maju dan menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia yang tanpa masalah. Mari kita mengambil teladan dari apa yang Bapak Chairul Tanjung lakukan.

  1. Menghormati Guru

Cara yang bisa kita lakukan selanjutnya dengan cara menghormati guru. Siapa yang menghormati guru dalam proses pendidikan dari setiap jenjang. Biasanya orang tersebut akan mendapatkan keberkahan ilmu.

Mungkin kita pernah mengalami saat berhitung kita begitu kesulitan misalnya menghitung jumlah uang kita begitu kesulitan dalam melakukannya. Atau contoh sederhana dalam hal perkalian kita dulunya sudah hafal perkalian 1 sampai dengan 9 namun terkadang saat kita membutuhkan perkalian itu dalam kehidupan sehari-hari kita merasa bingung dan tidak yakin dengan apa yang kita jawab. Jika kita menemukan hal yang demikian maka kita termasuk orang-orang yang tidak mendapatkan keberkahan ilmu.

Mungkin saat belajar kita pernah melawan guru. Mungkin juga kita sering menganggap guru kita dengan hal yang tidak baik. Maka wajar saja jika kita tidak mendapatkan keberkahan ilmu dalam menjalani kehidupan. Yang paling fatal kita dalam kehidupan tidak memiliki kemampuan dibidang apapun. Hal ini otomatis kita akan kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan.

***

Itulah dua cara bagaimana supaya kita bisa memperoleh keberkahan ilmu, memuliakan orang tua dan menghormati guru menjadi dua hal yang harus kita lakukan. Bagaimana jika kita sudah melewati masa-masa itu. Orang tua yang sudah berpulang menghadap yang kuasa dan kita sudah melewati masa-masa sekolah. Apa yang mesti kita lakukan. Mungkin memohon ampun kepada sang pencipta dan mengharapkan ridhonya bisa menjadi jalan agar kehidupan kita dijauhkan dari kesulitan. Dan agar anak-anak kita tidak mengalami hal pahit dari ketidak berkahan ilmu maka mengajarkan sejak dini untuk menghormati orang tua dan menghargai guru harus kita lakukan.

Terima kasih mari berbagi kebaikan dan salam literasi.

#Day6 lomba menulis PGRI

Salam saya

BUDI IDRIS S.Pd

Dari SMA Negeri 2 Kotapinang

Kab. Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed