oleh

Berfikir dan berjiwa Besar

-Humaniora-Telah Dibaca : 220 Orang

Menjadi pribadi sukses harus didukung kemampuan mengelola emosional kita. Kemudian menjadi pribadi terhormat ditentukan seperti apa pola pikir kita. Dalam menyikapi suatu persoalan seseorang akan diuji seperti apa dirinya memikirkan persoalan itu.

Pribadi yang berjiwa besar selalu menganggap persoalan dengan hal-hal positif. Sehingga setiap menemui persoalan orang yang berpikir dan berjiwa besar selalu dengan mudah mengatasinya.

Seperti apa berpikir dan berjiwa besar, berjiwa besar dapat kita artikan dimana pada saat seseorang bisa menerima kenyataan sepahit apa pun dengan lapang dada.

Bagaimana melatih diri kita agar bisa berjiwa besar.

1. Selalu Memaafkan

Memaafkan kesalahan orang lain membutuhkan pengorbanan terhadap perasaan diri kita sendiri. Pribadi yang bisa memaafkan kesalahan orang lain akan melatih diri seseorang menjadi pribadi yang berjiwa besar.

2. Terus memperbaiki diri

Memperbaiki diri akan menunjukkan kita ingin selalu tampil menjadi yang terbaik sekaligus memberikan bukti kita bisa melakukan sesuatu dengan baik.

Dengan terus memperbaiki kesalahan yang kita perbuat maka diri kita akan semakin memiliki jiwa besar dalam menghadapi persoalan apapun.

3. Selalu melihat sisi baik orang lain

Setiap orang yang ada dimuka bumi ini pada dasarnya menyenangkan. Sekalipun kita melihat seseorang tidak sesuai dengan yang kita inginkan yakin dan percayalah masih ada sisi baik dari orang tersebut.

Melihat sisi baik seseorang akan menjadikan kita berjiwa besar. Terkadang orang berbuat tidak baik kepada kita maka orang tersebut bisa dikatakan mengundang kita untuk membalas dengan kasar, namun dengan selalu melihat sisi baik seseorang akan memunculkan kita sebagai pribadi yang berjiwa besar.

***

Berpikir dan berjiwa besar menjadi cerminan pribadi dewasa yang sudah berpikiran matang. Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk melakukan hal tersebut. Jika kita mau terus berlatih dengan tiga kegiatan tadi dalam menjalani kehidupan niscaya semakin hari kita akan menjadi pribadi yang menyenangkan.

Menjadi pribadi yang berjiwa besar akan menghantarkan diri seseorang meraih kesuksesan dalam menjalani hidupnya. Begitu banyak orang pintar namun tidak sukses dalam hidupnya. Inilah mungkin jawaban mengapa hal itu bisa terjadi.

Semuanya tidak semudah yang kita hayalkan namun tidak sesulit yang kita bayangkan. Mari kita mencoba dan terus menjadi orang yang berjiwa besar.

Salam

Budi Idris S.Pd

#Day20lombamenulispgri

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed