oleh

pentingnya menjaga keseimbangan Hak dan kewajiban

-Humaniora-Telah Dibaca : 40 Orang

Menuntut hak dan selalu mengeluh terhadap apa yang didapat saat ini menjadi kebiasaan yang dilakukan sebagian orang. Sungguh sangat ironis melihat pola pikir manusia yang begitu bersemangat dalam memperjuangkan haknya. Padahal setiap hak seseorang pasti diikuti dengan yang namanya kewajiban.

Apa sebenarnya hak dan kewajiban itu, dan bagaimana kita menjaga keseimbangannya. Mari kita membahas kedua kata yang penuh makna tersebut.

Hak pada dasarnya adalah sesuatu yang harusnya bisa diterima atau nikmati. Hal itu berarti kita berhak menerima hal-hal yang menjadi hak kita dan kita tidak boleh melanggar hak orang lain. Sementara, kewajiban ialah hal-hal yang wajib dilakukan sebagai anggota masyarakat.

Sebagai manusia kita berhak mendapatkan apa yang menjadi hak dasar kita seperti hak mendapatkan pekerjaan. Hak mendapatkan perlindungan hukum dan banyak hak yang melekat pada diri kita yang harus kita dapatkan.

Namun kita harus mengetahui setiap menuntut hak pastikan kewajiban sudah kita lakukan. Misalnya kita menuntut hak untuk mendapatkan pekerjaan apakah kita sudah melakukan kewajiban kita untuk mendapatkan pekerjaan. Sudahkah kita belajar dan menuntut ilmu untuk memenuhi syarat pekerjaan yang kita inginkan. Atau apakah kita sudah coba menjadi pribadi yang baik dan bersilaturahmi untuk menanyakan apakah ada pekerjaan untuk kita.

Perhatikan kembali keseimbangan antara hak dan kewajiban. Menuntut harus disesuaikan dengan melaksanakan kewajiban. Keduanya harus sejalan selaras dan seimbang.

Banyak manfaat jika kita bisa menyelaraskan antara hak dan kewajiban.

1. Kita menjadi Bertanggung jawab

Orang yang terbiasa seimbang dalam menuntut hak dan melaksanakan kewajiban biasanya akan lebih bertanggung jawab. Selalu menuntut hak dengan sesuai dengan apa yang dimilikinya. Akan selalu bertindak seimbang antara hak dan kewajiban.

2. Tidak suka bertindak gegabah

Selalu bertindak hati-hati dalam bertindak karena kita sudah memahami apa yang menjadi hak dan kewajiban. Sehingga orang yang bisa selaras dalam hak dan kewajiban akan lebih hati-hati tidak gegabah.

3. Pribadi yang taat hukum

Karena sudah tahu hak dan kewajiban maka orang seperti ini akan sangat taat aturan. Dan menjadi orang yang taat hukum.

***

Maka menjadi pribadi yang menyeimbangkan antara hak dan kewajiban akan menjadikan orang tersebut jauh lebih baik dari orang lain.

Salam hangat terima kasih.

Budi Idris S.Pd

#Day22lombamenulispgri

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed