oleh

Berkreasi Dengan Game Edukasi

-Pendidikan, Terbaru-Telah Dibaca : 49 Orang

Pada masa pandemi covid 19, guru harus berlomba – lomba meningkatkan kreativitasnya. Salah satu bentuk kreativitas yang dapat dibuat oleh guru adalah game edukasi. Sebelum membuat game edukasi, kita dapat memahami terlebih dahulu pengertian game edukasi, manfaat dan contoh game edukasi.

Pengertian Game Edukasi

Menurut Romi Satria Wahono (ilmukomputer.com, 2007) game merupakan aktifitas terstruktur atau semi terstruktur yang biasanya bertujuan untuk hiburan dan kadang dapat digunakan sebagai sarana pendidikan.

Secara umum, karakteristik game adalah menyenangkan, menantang, dan menarik. Sedangkan game edukasi mempunyai nilai lebih yaitu memotivasi siswa untuk belajar.

Game edukasi sendiri merupakan game yang sengaja dibuat dengan tujuan pembelajaran tertentu. Contohnya : untuk lebih memahami materi pelajaran dan mengembangkan karakter siswa.

Manfaat Game Edukasi

Menurut forum Computer Assisted Investing Special Interest Group (SIG CAI) (uad.ac.id, 2009), manfaat game edukasi adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kemampuan kognitif anak, karena ada jenis game yang menuntut kemampuan pemecahan masalah / problem solving
  2. Menumbuhkan kemampuan melakukan berbagi tugas / multi task
  3. Mempertajam cara berpikir siswa
  4. Mengembangkan kreativitas siswa
  5. Belajar mengambil keputusan
  6. Membangun semangat kerja sama / kolaborasi untuk game multi player
  7. Membuat anak – anak nyaman dan famkiliar dengan teknologi
  8. Melatih koordinasi antara mata dan tangan, serta skill motorik.
  9. Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri anak saat mereka mampu menguasai permainan.

Contoh Game Edukasi

Dengan maraknya penggunaan HP Android, anak – anak lebih mudah menemukan beragam game yang dapat mereka mainkan di Play Store.

Di sini, dibutuhkan peran orang tua dan guru untuk selalu mengingatkan anak – anak tentang aturan memilih game yang dapat mereka mainkan.

Orang tua dapat memeriksa jenis game yang diinstal anak – anaknya. Guru juga dapat memberi informasi terkait game yang boleh mereka mainkan atau tidak. Termasuk dengan penjelasan mengenai penggunaan internet secara sehat.

Selain itu, orang tua juga dapat menyarankan anak – anak agar mereka memilih game yang sesuai dengan karakteristik usia mereka, sesuai dengan tingkat perkembangan sosio emosional, tingkat kognitif, serta tidak mengandung unsur kekerasan, SARA, dan pornografi.

Sebagai bahan rekomendasi, orang tua dan guru dapat menyarankan anak – anak untuk memainkan game edukasi dari portal Rumah Belajar, yang dapat diakses melalui link berikut: https://belajar.kemdikbud.go.id/EduGame

Di dalam laman tersebut, ada 12 game edukasi interaktif yang dapat dimainkan oleh anak – anak dengan beberapa kategori pembelajaran yaitu : matematika, membaca, menulis, sains, dan umum.

Selain game edukasi yang terdapat pada portal Rumah Belajar, ada juga game edukasi yang menarik dan direkomendasikan untuk anak – anak yang dapat didownload dari playstore, seperti yang diungkapkan oleh theasianparent.com, yaitu :

  1. Learn Alphabets
  2. Hide and Seek adventure
  3. Cut the Rope
  4. Learn Shape and Colours
  5. Drawing
  6. Colouring / Mewarnai
  7. Belajar Hijriyah
  8. Puzzle
  9. Animal Dance
  10. Music Sparkle

Aplikasi Pembuat Game Edukasi

Selain berperan untuk menginformasikan jenis game yang baik untuk anak – anak, guru juga dapat mengembangkan kreativitasnya dengan membuat game edukasi.

Hal yang sangat perlu diperhatikan oleh guru dalam membuat game edukasi adalah tujuannya membuat game tersebut serta sasaran gamenya.

Ada beberapa aplikasi pembuat game edukasi yang dapat digunakan, mulai dari tingkat pemula, menengah sampai ahli, yaitu :

  1. Power point, tutorialnya dapat dilihat DI SINI
  2. Articulate Storyline, tutorialnya dapat dilihat DI SINI
  3. Construct 2, tutorialnya dapat dilihat DI SINI
  4. Unity, tutorialnya dapat dilihat DI SINI
  5. Game Maker, tutorialnya dapat dilihat DI SINI

Guru dapat memilih aplikasi pembuat game edukasi sesuai dengan kemampuannya.

 

Sumber :

https://images.app.goo.gl/yfCrwSqVNXnL6U9N8

https://www.indonesiadigitallearning.com/content/artikel/media-gaed-game-edukasi-dalam-pembelajaran-impelementasi-game-edukasi-dalam-pembelajaran-anak-

https://belajar.kemdikbud.go.id/EduGame

 

Catatan : Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Februari 2021 (Artikel ke 13)

Nama : Theresia Sri Rahayu (Cikgu Tere)

Instansi : SDN Waihibur

NPA : 10260901048

     

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar

News Feed