oleh

Contoh RPP Berdiferensiasi

-Edukasi, Humaniora, Terbaru-Telah Dibaca : 1.372 Orang

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berpihak kepada siswa. Seorang guru harus mengetahui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi agar pembelajarannya dapat terlaksana dengan sukses.

Setelah guru mengetahui tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi, selanjutnya guru dapat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi.

Apa itu RPP berdiferensiasi dan apa perbedaannya dengan RPP yang selama ini kita buat dalam Kurikulum 2013 ?

RPP berdiferensiasi adalah sebuah rencana pembelajaran yang disusun  berdasarkan hasil pemetaan profil belajar siswa.

RPP berdiferensiasi berbeda dengan RPP yang selama ini kita buat berdasarkan Kurikulum 2013. Titik perbedaannya bisa diamati dari 3 elemen dalam pembelajaran berdiferensiasi seperti yang telah dibahas sebelumnya yaitu : konten, proses, dan produk pembelajaran.

Maksudnya, pada RPP yang biasanya, dalam satu pembelajaran, tidak ada perbedaan konten, proses, maupun produk yang akan dipelajari bersama siswa, sedangkan pada RPP berdiferensiasi, terdapat perbedaan – perbedaan terkait konten yang akan disajikan guru, proses pembelajaran, dan produk pembelajarannya.

Hal yang perlu diperhatikan oleh guru sebelum menyusun RPP berdiferensiasi adalah :

  1. Melakukan pemetaan profil belajar siswa
  2. Menganalisis silabus dan mengkaji KI dan KD
  3. Menentukan materi pokok
  4. Merumuskan IPK
  5. Menentukan jenis diferensiasi yang akan diakomodir dalam RPP (konten, proses, produk pembelajaran)
  6. Memilih sumber / media pembelajaran
  7. Menentukan jenis penilaian

Pemetaan Profil Belajar Siswa

Pemetaan profil belajar siswa dapat dilakukan melalui pemetaan profil kelas dan profil siswa.

 

Pemetaan profil kelas meliputi : nama siswa, gaya belajar, kecerdasan majemuk, dan lingkungan belajar.

Contoh :

Nama Siswa : Andriani

Gaya belajar : visual

kecerdasan majemuk : logical mathematic, intrapersonal

lingkungan belajar : lebih suka belajar sendiri

Pemetaan profil siswa meliputi : kekuatan siswa, tantangan siswa, jadwal intervensi, dan intervensi yang disarankan.

Materi Pokok, Kompetensi Dasar dan IPK

Muatan Pelajaran : PPKn
Kelas / Semester : IV / 2

Materi pokok : Keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia

Kompetensi Dasar : 

4.4 Menuliskan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan           dan kesatuan

Indikator Pencapaian Kompetensi : 

  1. Melalui kegiatan mengamati video, siswa dapat membuat produk yang menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia
  2. Melalui kegiatan mendengarkan podcast, siswa dapat membuat produk yang yang menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia
  3. Melalui kegiatan bermain peran, siswa dapat membuat produk yang yang menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia

Jenis Diferensiasi : Proses dan Produk 

Langkah – Langkah Pembelajaran : (tatap muka)

A. Pendahuluan

  • Siswa dikondisikan untuk belajar : mengatur siswa duduk berkelompok sesuai hasil pemetaan gaya belajar, berdoa, mengucapkan salam, dan melakukan presensi siswa
  • Menghubungkan materi pembelajaran sebelumnya dengan topik pembelajaran hari ini
  • Menyampaikan strategi pembelajaran berdiferensiasi dan capaian pembelajaran yang diharapkan

B. Kegiatan Inti

  • Siswa mengamati panduan pembelajaran di kelompok masing – masing
  • Siswa melakukan proses pembelajaran yang difasilitasi oleh guru sesuai dengan kelompok masing – masing
  • Siswa mendapatkan bimbingan dan arahan dari guru secara kelompok
  • Siswa melakukan diskusi di kelompok masing – masing tentang jenis produk yang akan dihasilkan
  • Siswa membuat produk yang menyajikan berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia. Dari kegiatan ini, diperoleh data : Kelompok A (gaya belajar visual) akan membuat peta pikiran, kelompok B (Auditory) akan membuat lagu yang menggambarkan keberagaman. Dari kelompok C (gaya belajar kinestetik) akan menampilkan drama (bermain peran).
  • Siswa mengkonfirmasi pemahamannya terkait materi pokok

C. Penutup

  • Siswa dibimbing oleh guru untuk menarik kesimpulan
  • Siswa melakukan refleksi pembelajaran

Sumber dan Media Belajar

Bahan referensi terkait diferensiasi pembelajaran, video pembelajaran, podcast, dan teks percakapan untuk bermain peran

Penilaian

Untuk penilaian, guru dapat menyiapkan 3 rubrik yang berbeda untuk setiap produk yang akan dibuat oleh masing – masing kelompok.

Contohnya :

  • Penilaian peta pikiran, terdiri dari : alur berpikir yang sistematis, kejelasan informasi, tampilan visual / keterbacaan
  • Penilaian pembuatan lagu, terdiri lagi : makna lagu, pilihan kata, aransemen, dan musik pada lagu
  • Penilaian bermain peran / teks percakapan, terdiri dari : kesesuaian dengan topik, karakteristik pemain,  pengembangan ide cerita

Demikianlah contoh RPP berdiferensiasi yang dapat digunakan oleh guru. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Februari 2021 ( Artikel ke 17)

Nama : Theresia Sri Rahayu (Cikgu Tere)

Instansi : SDN Waihibur Kab. Sumba Tengah NTT

NPA : 10260901048

 

     

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed