oleh

Tips Sukses Optimalisasi Blog Dalam Pembelajaran

-Pendidikan, Terbaru-Telah Dibaca : 464 Orang

 

Anda seorang guru blogger ? Jika ya, maka Anda harus membaca artikel ini sampai selesai. Karena jika Anda membacanya, Anda akan memahami dan mampu melakukan cara untuk mengoptimalisasi blog Anda dalam pembelajaran.

Pentingnya optimalisasi blog

Sebagai seorang guru blogger, tentu Anda mempunyai harapan agar blog Anda dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran di tengah pandemi covid 19.

Dengan adanya situasi pandemi, siswa dituntut untuk belajar secara mandiri. Sekalipun ada juga guru yang menyajikan pembelajaran melalui virtual meeting, namun porsi waktu yang lebih besar dalam PJJ ada pada bagian penugasan mandiri.

Media blog dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang dapat diakses dengan mudah oleh siswa. Namun, tentunya kita harus mempersiapkan blog yang akan digunakan tersebut sesuai dengan tujuannya.

Berikut ini adalah tips sukses optimalisasi blog dalam pembelajaran :

  1. Pra Pembelajaran. Pada tahap ini, optimalisasi dilakukan terfokus pada tampilan blog. Hendaknya guru membuat blog pribadi agar mudah dikelola. Selain itu, blog pribadi akan membuat siswa menjadi lebih fokus pada pembelajaran karena isi / materi blog yang cenderung homogen. Contohnya: Blog matematika, maka isi artikel di dalamnya khusus membahas tentang matematika. Selain dari segi isi materi blog, pada tahap ini, seorang guru blogger harus menyiapkan template blog yang dilengkapi dengan menu – menu yang akan mempermudah siswa dalam belajar mandiri. Misalnya : menu download materi, latihan soal, ulangan, dan referensi. Bisa juga ditambah dengan menu lain yang relevan.  Agar tampilan blog semakin menarik dan tidak terkesan monoton, sebaiknya guru juga menyematkan gambar, link video atau link penilaian interaktif. Selain itu, guru juga perlu menyusun RPP dengan model pembelajaran inovatif yaitu blended learning berbantuan blog.
  2. Pelaksanaan Pembelajaran. Pada tahap ini, guru mengeksekusi pembelajaran sesuai dengan RPP. Jika guru memulai pembelajaran dengan virtual meeting, maka harus dipastikan bahwa siswa sudah mendapatkan link blog yang harus diakses sebagai sumber belajar. Guru dapat memberikan waktu tertentu bagi siswa untuk mengaksesnya. Untuk mengetahui tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran, guru dapat mengajak siswa untuk menuliskan komentar pada postingan blog.
  3. Pasca Pembelajaran. Pada tahap ini, guru dapat melaksanakan berbagai macam bentuk asesmen. Baik dari segi sikap, pengetahuan, maupun keterampilan. Sebagai contoh : membuat resume pembelajaran yang diupload pada link google drive kelas yang disematkan di menu tugas.

Jika seorang guru blogger melakukan 3 tips sukses optimalisasi blog dalam pembelajaran, maka blog dapat bermanfaat untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas dan sekolah.

Selain itu, guru juga tetap dapat menyalurkan hobinya menulis di blog tanpa khawatir akan mengesampingkan tugas utamanya.

Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba 3 tips sukses optimalisasi blog dalam pembelajaran di atas ?

 

Catatan : Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Februari 2021 (Artikel ke 9)

Nama : Theresia Sri Rahayu (Cikgu Tere)

Instansi : SDN Waihibur Kab. Sumba Tengah Provinsi NTT

NPA : 10260901048

 

           

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar

News Feed