oleh

“SABA Day”

-Terbaru-Telah Dibaca : 264 Orang

Cepak Situ

Sepanjang perjalanan menuju tempat tugas dimensi alam pegunungan menutrisi panca indera menuntun hati mengagumi keindahaan ciptaan-Nya, kebun penduduk nampak alami ditumbuhi kayu-kayu kecil ilalang menyelimuti hamparan tanah nan subur berserak dedaunan kering.

Ular meliuk seakan menjelma liukan tajam pada jalan yang ditempuh itulah perumpamaan jalan-jalan yang tercipta dibumi ibu pertiwi tak lari dari arsitek meliuk seakan mengajak pengguna jalan untuk menari bersama kendaraan yang ditunggangi.

Dimensi potensi pertanian menghampar laksana cat tembok tumpah beraneka warna hijau dan kuning menghampar luas, tersusun meliuk rapih bertingkat-tingkat laksana dicetak dengan baik sudut pandang pada hamparan sawah yang nampak mempesona terawat dengan baik burung pipit sesekali singgah bertengger diranting pematang sawah.

HUtan Maranti Cepak Situ

Hamparan padi cepak situ

Begitupun hutannya terkadang diselimuti kabut putih peneguhan atas ketinggian pada bukit diselipkan lukisan alam Maha Pencipta menjulang tinggi pohon-pohon Maranti dan tingginya pohon durian serta aneka jenis pohon lainya meneguhkan bahwa aku adalah Maha Karya untuk dilestarikan. Hadir pula binatang eksotis penguni rimba bongkok, monyet lokal dan burung-burung bagian dari ekosistem yang mengagumkan.

Gunung bongkok

Perjalanan kadang terhenti sejenak beristirahat tak lepas dari handphone untuk mengabadikan nikmat mata ini mengagumi ciptaan-Nya, tempat disinggahi ini adalah blok hutan adat karang atau disebut Cepak situ, hutan adat ini cukup lama dikenal masyarakat luar merupakan bagian dari hutan wisata alam dihari-hari tententu pengunjung entah masyarakat lokal atau pendatang singgah ditempat ini.

Cepak Situ Hutan Adat karang

Tempat yang didominasi pohon maranti dan durian merupakan tempat yang cukup terlindungi dari tangan-tangan jahil yang merusak ekosistem pelestarian hutan. Disitulah kekuatan adat menjadi penentu syarat mutlak menjadi satu kesatuan tercipatnya lingkungan yang terpelihara dan nyaman.

Hutan maranti atau Cepak Situ sungguh indah dipandang mata, panorama alam sebelum gunung Bongkok ini masih gugusan hutan lindung Halimun-Salak sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Lebak dengan Giat Destinasi Wisata Lebak dengan jargon # Lebak Unique.

Sungguh kita memiliki itu semua tinggal bagaimana segenap warga masyarakat beserta pemerintah mewujudkannya tanpa meninggalkan merubah keaslian dan kearifan lokal dengan segala potensi yang kita miliki.

Cepak Situ memiliki kekhasan tersendiri menjelma menjadi bagian dari tatanan adat istadat masyarakat karang yang masih memiliki kedekatan dengan adat istiadat kaolotan/kasepuhan sobang masih terjalain erat sampai saat ini, itu merupakan kekuatan yang hakiki menjadikan seiring sejalan dalam mewujudkan kenyamanan dan keteguhan silaturahmi masyarakat adat.

Cepak situ merupakan destinasi wisata alam yang belum secara utuh tersentuh manajemen sosial wisata namun demikian tak menjadikan Cepak Situ menjadi lemah untuk dinikmati nilai wisata alamnya, justru dengan keberadaan sebagaimana aslinya menjadikan tempat ini dimensi wisata yang masih utuh.

Masih banyak potensi lainnya untuk dijadikan destinasi wisata di Kecamatan Sobang dan Kecamatan Muncang karena kedua wilayah ini merupakan wilayah yang terdekata diantara keduanya. Kecamatan Sobang merupakan pemekaran wilayah dari Kecamatan Muncang sehingga memiliki nilai historis tersendiri.

Semoga destinasi wisata laiinya dapat tertuliskan dalam rangkaian tulisan ini hingga menjelma menjadi sebuah buku sebagimana yang direncanakan

 

Salam literasi

# KMAA day 2 YPTD

Tentang Penulis: deden

Saya seorang Penulis, guru, petani asli Lebak-Banten

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed