oleh

Pengalaman Pembelajaran Jarak Jauh ( Daring )

-Terbaru-Telah Dibaca : 101 Orang

Nama : Dio Azriel Agusty

Nim   : 21011

Pengalaman Pembelajaran Jarak Jauh

( Daring )

Pandemi COVID-19 yang telah mewabah sejak awal tahun, dan sangat berdampak luar biasa pada beberapa aspek kehidupan masyarakat secara menyeluruh, tidak terkecuali di dunia pendidikan yang memaksa sebagian besar masyarakat untuk melakukan kegiatan belajar dan mengajar dari rumah atau online.

Tentunya berbeda dengan pembelajaran secara langsung, di mana mahasiswa/i bisa bertatap muka dengan guru dan teman satu kelas. Sedangkan pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh, siswa tidak bisa bertatap muka secara langsung dan dilakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan alat komunikasi, yaitu laptop atau handphone.

Lalu setelah mengikuti pembelajaran melalui handphone atau laptop siswa harus memiliki kuota agar bisa terhubung dengan jaringan dan bisa mengikuti pembelajaran. Sayangnya, tidak semua sekolah atau kampus diberikan kuota gratis atau kuota belajar, tetapi di Akper Polri Jakarta memberikan kuota untuk belajar, yaitu sebesar -+ 25Gb.

Pembelajaran Jarak jauh juga banyak mengalami suka dan duka. Suka dalam pembelajaran jarak jauh adalah kita bisa menghemat uang jajan karna kita hanya berada di rumah, kita juga bisa lebih santai dalam mengatur waktu, biasanya kita harus berangkat pagi ke kampus agar tidak terjebak macet dan hal lain nya, yang menyebabkan kita terlambat ke kampus, kalau pembelajaran jarak jauh (PJJ) kita hanya duduk dirumah dan mengamati atau mengikuti pembalajaran lewat laptop atau handphone.

Lalu duka nya adalah, ada beberapa materi kuliah yang sulit dimengerti bila diajarkan melalui daring atau pembelajaran jarak jauh ini, kita sulit memahami materi yang diberikan ibu/bapak dosen.

Tetapi kita tidak menyerah begitu saja, kita akan belajar lebih giat dan bila tidak tau materi yang dipelajari, bisa ditanyakan kepada teman atau dosen tersebut dan untuk meminta materi yang akan dipelajari ulang oleh kita mahasiswa/i di Akper Polri Jakarta.

Harapan saya, pandemi ini cepat selesai dan semua bidang kembali pulih, terutama di bidang pendidikan, karna supaya kami bisa belajar dengan tatap muka dan supaya materi yang diberikan oleh ibu/bapak dosen sampai di kita dengan maksimal, dan kami pun juga akan lebih maksimal dalam belajar tatap muka.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed