PENGALAMAN KULIAH JARAK JAUH / DARING

Assalamualaikum wr,wb. Sebelumnya Perkenalkan nama saya Dwi Septianingrum Nim 21069  saya mahasiswi  Akademi keperawatan Polri  di jakarta , Saya ingin cerita dan membagikan pengalaman selama saya kuliah jarak jauh saat pademi.

Sebelumnya saya ingin bertanya  Apakah kalian merasa merasa bosan dan jenuh saat kuliah online? Kalau saya pribadi jujur saya merasakan bosan dan jenuh. Pada Awalnya saya merasa senang kuliah online karena tidak perlu keluar rumah dan mengeluarkan uang saku, dan tidak perlu  mengendarai kendaraan untuk pergi ke kampus yang cukup jauh . Tetapi lama kelamaan rasa bosen dan jenuh muncul berada dirumah saat kuliah berlangsung dan harus duduk memandangi layar berjam-jam , belum lagi kalau terjadi gangguan Wi-fi yang membuat saya harus memakai kuota internet yang tidak sedikit.

Menurut saya kuliah secara daring mempunyai kekurangan dan kelebihan , Kekurangannya yaitu Kita tidak bisa bertemu langsung dengan dosen dan teman hanya bisa memandang layar komputer/leptop , dan menurut saya kuliah online lebih sulit memahami materi yang di sampaikan dosen dari pada belajar ketemu langsung di ruang kelas , belum lagi mata kuliah tentang hitung-hitungan dan yang harus di lakukan secara praktek dan kita hanya bisa menonton vidio yang di tayangkan dosen.

Kelebihan Kuliah daring yaitu Hemat biaya tenaga dan waktu , dan kuliah online mengajarkan kita untuk mempunyai sikap disiplin dan bertanggung jawab khusus nya tanggung jawab disaat mengumpulkan tugas tepat waktu dan saat waktu pembelajaran dimulai. Dan kelebihan yang paling utama kuliah jarak jauh itu bisa mengurangi kenaikan kasus covid-19 ,

Hari-Hari itu saya lewati kuliah secara daring dan akhirnya saya berfikir untuk mencoba dan mulai beradptasi dengan lingkungan dan kuliah daring  disaat pandemi covid 19  supaya kuliah daring tidak menjadi bosan dan jenuh , Dan akhirnya saya membuat jadwal pembelajaran supaya hidup perkuliahan saya teratur dan tidak selalu memegang handphone dan bermain sosial media berlama-lama.

Minggu Pertama setelah saya membuat schedule saya mendapat kan tugas dari dosen  yang begitu banyak  dan schedule belajar saya menjadi berantakan karna tugas yang keteter dan berantakan dan saya tidak bisa membagi waktu untuk membantu orang tua dan saya harus menyelesaikan tugas dosen sesuai dengan waktu yang di tentukan.  Tetapi saya tidak mau mengabaikan jadwal belajar saya dan membantu orang tua  , akhirnya saya membuat ulang schedule  waktu saya untuk belajar, mengerjakan tugas,membantu orang tua merapikan rumah ,dan bermain handphone .

Tidak hanya membuat schedule waktu  saya juga membuat dan mengkreasikan tempat saya zoom disaat kuliah berlangsung , yang awalnya saya hanya  zoom dikamar , saya mencoba untuk zoom di ruang tamu , halaman rumah , dan depan tv.  karna menurut saya selain kita perlu  membagi waktu untuk belajar,membantu orang tua,bermain handphone , kita juga perlu membuat suasana yang baru untuk zoom kuliah , supaya kita bisa nyaman dan tidak merasa bosan, dan bisa cepat  menerima/mencerna  ilmu yang di sampaikan dosen.

Setelah saya membuat schedule dan mengkreasikan suasana tempat  saat zoom , jadwal kuliah saya dan mengerjakan tugas menjadi teratur dan saya tidak merasa bosan dengan kuliah daring  , Seebelum saya mengakhiri cerita yang saya ketik saya ingin menyampaikan kepada teman-teman semua yang sedang melaksanakan kuliah online seperti saya.

Yaitu , Jangan jadikan kuliah daring menjadi beban , jalani kuliah dengan ikhlas dan taati-lah  peraturan yang sudah di sediakan di kampus , dan jangan bermalasan untuk mengerjakan tugas yang di berikan dosen , selain itu kita juga perlu menjaga tali silahturahmi bersama teman contonya : jalan-jalan bersama teman tetapi harus mamatuhi protokol kesehatan ya supaya tidak bosan dan jenuh yang harus memandangi layar komputer / leptop berjam-jam saat kuliah berlangsung,  tetapi kita tidak boleh melupakan kewajiban kita sebagai mahasiwa/pelajar  yaitu belajar.

Dan yang saya harapkan saat ini semoga pandemi covid-19 cepat selesai dan kuliah bisa kembali normal dan tatap muka , dan kita juga bisa melaksanakan aktivitas normal kembali seperti tahun-tahun sebelumnya , Sekian Terimakasih mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang tepat dalam penulisan diatas , Wasalamualaikum wr,wb

 

Tinggalkan Balasan