oleh

Lomba Blog PGRI Hari ke-22

-Pendidikan, YPTD-Telah Dibaca : 30 Orang

 Kompetensi Kepala Madrasah

Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 58 tahun 2017 tentang kepala madrasah, pada pasal 1 menyatakan bahwa madrasah adalah satuan pendidikan formal pada Kementerian Agama yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan Agama Islam. Sedangkan kepala madrasah adalah pemimpin madrasah. Pada pasal 8 tentang kompetensi kepala madrasah jelas menyatakan bahwa seorang kepala madrasah harus memiliki 5 kompetensi: yakni 1) kepribadian; 2) manajerial; 3) kewirausahaan; 4) supervisi; dan 5) sosial.

1). Kompetensi Kepribadian

Kompetensi kepribadian sebagaimana pada peraturan itu adalah kepala madrasah harus memiliki kemampuan;

  1. Mengembangkan kebiasaan dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan bagi komunitas madrasah;
  2. Memiliki integritas kepribadian sebagai pemimpin;
  3. Adanya niat dan motivasi yang kuat dalam pengembangan diri sebagai kepala madrasah;
  4. Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya;
  5. Mampu mengendalikan diri dalam menghadapi masalah sebagai kepala madrasah; dan
  6. Memiliki bakat dan minat sebagai pemimpin madrasah.

 

2)  Kompetensi Manajerial

Kompetensi manajerial yang harus dimiliki kepala madrasah meliputi;

  1. Menyusun perencanaan madrasah dalam berbagai skala perencanaan;
  2. Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan;
  3. Memimpin madrasah agar pendayagunaan sumber daya madrasah bisa optimal;
  4. Membuat perubahan dan pengembangan madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif;
  5. Menciptakan kondisi dan iklim madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik;
  6. Mengelola guru dan staf dalam rangka pemberdayaan sumber daya manusia secara optimal;
  7. Mengatur sarana dan prasarana madrasah dengan pendayagunaan secara optimal;
  8. Mengelola hubungan antara madrasah dan masyarakat dalam rangka mencari dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan;
  9. Menangani peserta didik untuk penerimaan peserta didik baru dan pengembangan kapasitas peserta didik;
  10. Memiliki kemampuan dalam pengembangan kurikulum dan kegiatan proses pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional;
  11. mengelola keuangan madrasah dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien;
  12. Mengatur ketatausahaan madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan madrasah yang telah ditetapkan;
  13. Menyediaka unit layanan khusus untuk mendukung pembelajaran peserta didik di madrasah;
  14. Menggunakan sistem informasi madrasah untuk penyusunan program dan pengambilan keputusan;
  15. Memanfaatkan dan memaksimalkan penggunaan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen madrasah; dan
  16. Pelaksanaan program kegiatan madrasah sesuai prosedur dan dilakukan pemantauan, evaluasi, dan pelaporan dan juga tindak lanjutnya.

 

 

To be continued …………….

 

Tentang Penulis: E. Hasanah

E. Hasanah
E. Hasanah, biasa dipanggil Ibu Hasanah. Tinggal di Sukabumi Jawa Barat. Selain mengurus rumah tangga dengan memiliki 3 anak, juga berprofesi sebagai pengajar. Mottonya dalam menjalani hidup adalah “Man Jadda Wajada” (Siapa bersungguh-sungguh ia akan berhasil). Tertarik dengan dunia menulis, karena memiliki hobi membaca. Merasa belum terlambat belajar menulis karena mengikuti pendapat Buya Hamka, “Menulislah dan Biarkan Tulisanmu Mengikuti Takdirnya”. Saat ini aktif bergabung di komunitas Cakrawala Blogger Guru Nasional dan mencoba belajar aktif di Blog.

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar

News Feed