oleh

PENGAMALAN PANCASILA SILA KE-2 BUTIR 6 DALAM ERA GLOBALISASI

-Terbaru-Telah Dibaca : 140 Orang

Nama : Edelways Adelia Fadhilah

Kelas  : TK-1A

Nim    : 21013

Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia mempunyai nilai nilai yang wajib diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Kandungan dari sila – sila Pancasila secara garis besar terbagi atas beberapa tingkatan yang pertama adalah nilai dasar , instrumental dan praktis . Pancasila juga mengandung nilai moral dan norma yang harus diterima oleh seluruh warga negara karena hal tersebut menjadi landasan bagi kehidupan bersama di Indonesia. Meskipun Pancasila terdiri dari lima sila berbeda tetapi semua saling melengkapi dan menjadikan Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh untuk jadi pedoman kehidupan Bersama di Indonesia.

Nilai-nilai Pancasila harus tetap dipahami dan diamalkan ditengah arus globalisasi di Indonesia. Generasi milenial menjadi obyek utama yang harus didorong untuk tetap mengamalkan nilai luhur tersebut. Ini bertujuan agar Pancasila tidak tergerus oleh berbagai faham yang bisa memecah kedaulatan bangsa.

Oleh karena itu kita sebagai generasi milenial harus mengamalkan sila-sila tersebut. Salah satu nya sila ke-2 butir 6 yang berbunyi menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

kita semua harus mengamalkan butir pancasila tersebut karena sifat kemanusiaan berbanding lurus dengan menghormati hak orang lain (hak hidup, hak mendapat ilmu, hak mendapatkan fasilitas kesehatan,dll) yang berarti kita pun akan diperlakukan serupa ketika kita melakukan apapun.

contoh pengamalan sila ke-2 butir 6 dalam kehidupan sehari hari adalah sebagai berikut :

  1. bertenggang rasa terhadap orang lain
  2. menghargai, menghormati, dan memberikan kebebasan kepada orang lain dalam menjalankan perintah agama dan keyakinannya.
  3. tidak bertindak anarkis dan asal main persekusi terhadap orang lain.
  4. menghormati sesama manusia.
  5. menghormati setiap hak manusia dan saling toleransi.
  6. tolong menolong terhadap sesama.
  7. melakukan musyawarah ketika ada masalah untuk mencapai mufakat.
  8. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
  9. gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
  10. berani membela kebenaran dan keadilan.
  11. saling menghormati dengan bangsa-bangsa lain didunia.

Penanaman nilai Pancasila pada generasi milenial akan semakin membuat mereka pintar, memiliki sikap toleransi, kohesif, dan punya literasi keagamaan yang baik. Pemerintah juga perlu menyiapkan strategi kekinian dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila di generasi muda. Memanfaatkan platform media sosial maupun teknologi informasi yang ada merupakan metode efektif.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed