Hari Pertama Mengikuti Lomba Menulis Blog

LOgo IGTIK PGRI

Ini adalah lambang dari Ikatan Guru TIK PGRI

Hari ini adalah hari pertama saya bergabung dalam kegiatan lomba menulis blog yang diadakan oleh IG TIK PGRI dengan tantangan menulis setiap hari selama di bulan Februari. Kegiatan ini dimulaia tanggal 1 Februari 2021 hingga tanggal 28 Februari 2021 mendatang. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melatih para penulis pemula untuk terus menulis.

Lomba in diperuntukkan bagi semua kalangan guru baik yang di tinggak SD, SMP maupun yang di SMA yang termasuk dalam anggota PGRI. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mensinergikan semangat para penulis, bagi penulis yang memiliki blog, mereka bisa terus menulis di blognya sehingga blog yang sudah ada secara tidak langsung akan terisi tulisan-tulisan, dengan harapan blog yang dimiliki oleh para penulis tidak teronggok dan menjadi sarangnya laba-laba. Blog boleh berisi tetang tulisan apa saja karna dalam lomba tidak dibatasi tentang penulisan, peserta di beri kebebasan untuk menulis yang diinginkannya. Meskipun demikian peserta juga harus mengikuti tema yang telah di tentukan “Menulis Di Blog Jadi Buku”.

Logo PGRI

Syarat-syarat yang harus dipatuhi oleh peserta adalah sebagai berikut:

  1. Lomba dimulai dari tanggal 1 sampai tanggal 28 Februari 2021
  2. Setiap peserta wajib mengirimkan URL link tulisannya di blog kepada omjaylabs@gmail.com setiap hari selama 28 hari.
  3. Panjang tulisan minimal 300 kata dan maksimal 1500 kata setiap postingannya.
  4. Semua tulisan akan dibukukan dalam buku ber-ISBN dengan menuliskan kata pengantar, sinopsis buku, daftar isi, dan biodata penulis.
  5. Tema lomba blog adalah “Menulis Di Blog Menjadi Buku”. Tulisan dibuat berdasarkan apa yang disukai, dengan subtema bebas.
  6. Setiap hari setiap peserta harus mengirimkan 1 tulisan dari hasil menulis di blog pribadi dan blog https://terbitbukugratis.id. Dan pastikan bahwa peserta harus sudah membuat akun di akun penerbitbukugratis.id tersebuut karena itu adalah bagian dari syarrat yang ditentukan dalam lomba ini.
  7. Setiap peserta diwajibkan mencantumkan logo Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan logo Ikatan Guru TIK PGRI (IG TIK PGRI) dalam setipa postingandan mencantumkan nama lengkap dalam setiap postingannya.
  8. Peserta adalah anggota dari PGRI.

Kegiatan ini gratis dan tidak dipungut biaya sama sekali.

Pemenang lomba akan diumumkan tanggal 11 Maret 2021 dalam acara webinar yang akan diselenggarakan oleh pihak penyelanggara bersama penerbit Andi Yogyakarta dan Epson Indonesia. Juga pengelola Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) yang akan menerbitkan buku para peserta lomba.

Informasi ini disampaikan oleh Om Jay yang menjadi mentor saya selama ini pada saat saya belajar menulis tentang blog.

Terimakasih banyak yang sebesar-besarnya saya ucapkan kepada Om Jay yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk mengikuti perlombaan ini. Semoga saya bisa mengikuti perlombaan ini dengan konsisten dan istiqamah.

Saya penulis pemula berharap ingin memiliki ilmu menulis yang benar dan sesuai. sebab saya masih begitu banyak menyimpan rasa penasaran saya di balik seorang penulis.

Saya yang memiliki nama lengkap Fitria Ratnawati lahir di Batuphat Timur pada tanggal 13 Desember 1981 memiliki cita-cita yang besar yaitu ingin menjadi penulis yang dapat berbagi kepada siapa seperti para guru saya di kegiatan menulis, mereka yang selalu memiliki semangat yang luar biasa untuk terus berkrya serta memotifasi siapa saja.

Ya menjadi anggota PGRI sebenarnya sudah sejak lama namun beru kelihatan aktif di dunia PGRI beberapa bulan belakangan ini. Nomor NPA yang saya miliki adalah 01180500096. Di dalam nomor gtersebut saya masih tercatat di sekolah sebelumnya yaitu SD Negeri 12 Terangun.

Saat ini saya telah berpindah tugas karena masa kontrak daerah saya telah selesai di Sekolah Dasar tersebut. Sekolah tempat tugas saya yang baru adalah SD Negeri 2 Percontohan Blangkejeren. Sekolah ini adalah sekolah tempat saya bertugas jauh sebelum saya bertugas di SD Negeri 12 Terangun. Karena suami dipindahtugaskan di daerah tersebut.

Saat ini saya sudah dapat bernafas lega bisa bergabung kembali ke SD Negeri 2 Percontohan Blangkejeren. Kembalinya saya kesekolah tersebut di harapkan bisa membawa wajah yang baru untuk sekolah SD Negeri 2 Percontohan nantinya dengan modal belajar bersama Om jay dan para sahabat serta rekan-rekan pegiat litersai milenial.

Nama: Fitria Ratnawati, S.Pd., Gr

No NPA: 01180500096

Salam Literasi.

Tinggalkan Balasan