Park Hang-seo Gagal Membawa Vietnam Juara AFF 2022

Berita, Olahraga0 Dilihat

Park Hang-seo gagal membawa Vietnam juara di ajang Piala AFF 2022. Pelatih asal Korea Selatan ini harus mengakui tim Gajah Perang dengan agregat gol 2-3 dalam final dua leg.

Vietnam harus puas dengan predikat runner up usai kalah dari Thailand 0-1 pada leg kedua final Piala AFF 2022 di Stadion Thammasat, Bangkok, Senin (16/1).

Satu-satunya gol pada laga tersebut berkat Kapten Thailand, Theerathon Bunmathan di menit ke-24. Gol penting yang membawa Thailand juara sekaligus mempertahankan gelar AFF edisi sebelumnya.

Pada leg pertama yang berlangsung di Hanoi, Vietnam sebagai tuan rumah juga hanya mampu bermain imbang 2-2. Bahkan pasukan asuhan Park Hang seo ini hampir saja kalah karena sempat tertinggal 1-2.

Kegagalan Vietnam meraih juara merupakan kado pahir bagi pelatih Park karena dia sudah tidak mendapatkan perpanjangan kontrak bersama skuad Vietnam. Kado perpisahan yang sangat pahit.

Park Hang Seo melayani dengan ramah semua pertanyaan awak media seusai laga tersebut. Mulai dari hasil pertandingan dan juga masa depan kariernya setelah Federasi Vietnam tidak memperpanjang kontraknya.

“Pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat kepada Thailand dan pelatih Mano Polking yang telah sukses memenangkan kejuaraan ini,” kata Park Hang Seo mengutip media Vietnam, Zingnews (16/1/23).

Pada kesempatan tersebut Park juga menyampaikan permintaan maafnya kepada para suporter Vietnam yang telah mendukungnya dalam lima tahun terakhir ini.

Dirinya sangat terkesan dengan dukungan suporter selama membesut Timnas Vietnam selama 5 tahun. Kini sangat wajar jika Park merasakan keharuan yang dalam karena harus berpisah dengan mereka.

Tentang karir selanjutnya setelah berakhir kontrak dengan Vietnam, Park Hang Seo belum bisa menjawab soal masa depan kariernya setelah tak lagi melatih timnas Vietnam.

Namun, Hang seo memastikan tetap akan mengabdikan dirinya di dunia sepak bola. Mantan asisten pelatih Guss Hidink, pelatih Belanda yang membawa Korsel ke semi final Piala Dunia 2022 ini, tetap berkarir sebagai pelatih di Asia.

Apakah PSSI berminat merekrutnya? Tentu saja perlu pertimbangan matang untuk merekrut Park Hang seo menggantikan posisi pelatih Shin Tae yong.

Salam bola @hensa.

Tinggalkan Balasan