Timnas Indonesia Hanya Selangkah Lagi ke Final

Timnas Indonesia hanya butuh satu langkah lagi menuju final Piala AFF 2022. Skuad asuhan Shin Tae yong ini harus bersaing melawan Vietnam. 

Setelah bermain imbang 0-0 lawan Vietnam di leg pertama yang berlangsung di Jakarta, kini mereka bertandang ke My Dinh National Stadium menghadapi leg kedua, Senin (9/1/23) pukul 19.30 WIB. 

Bagi Indonesia menghadapi laga ini harus tetap fokus dengan formasi yang pernah mereka terapkan ketika bermain di leg pertama. Komposisi skuad dan formasi 3-5-2 saat itu banyak yang menilai cukup berhasil.

Dengan menggunakan 3 bek tengah, Garuda mampu meredam permainan agresif Vietnam dan membuat gawang Nadeo aman dari kebobolan.

Untuk lini belakang kehadiran Jordi Amat sangat besar pengaruhnya pada kokohnya pertahanan Indonesia. Sosok kelahiran Spanyol ini terlihat sangat berpengalaman dalam mengawal lini belakang.

Jordi yang sudah malang melintang di La Liga dan beberapa Liga level atas di Eropa berhasil menetralisir semua pergerakkan para penyarang Vietnam.

Masalah utama skuad Shin Tae yong ini adalah penyelesaian akhir dari para penyerang mereka. Masalah tersebut sudah sejak laga perdana menghadapiKamboja di fase grup.

Saat menghadapi Vietnam di GBK, peluang emas Marselino Ferdinan, Yakob Sayuri dan Dendi Suliatyawan tidak mampu membuahkan gol.

Shin Tae yong sudah menyiapkan taktiknya menghadapi laga ini. Target relaisitisnya adalah kembali menahan imbang tanpa gol. Hal ini berarti adanya potensi mengakhiri laga melalui drama adu penalti.

Starting eleven pada leg pertama mungkin tetap dipertahankan sebagai skuad awal. Komposisi tersebut terbukti cukup ampuh meredam agrisivitas skuad Park Hang-seo.

Lalu sambil mengamati perkembangan permainan, coach Shin juga sudah menetapkan sosok pemain pengganti.

Secara realistis skuad Garuda harus bermain pragmatis, karena Vietnam pasti akan bermain menyerang total.

Shin Tae yong harus memilih pemain yang cepat bisa melakukan serangan balik. Hal itu untuk memastikan peluang-peluang mencetak gol teruka.

Sambil tetap fokus memperkuat lini belakang, serangan balik akan menjadi andalan skuad Garuda.

Syukur kita bisa mencuri gol cepat. Jika tidak, maka skuad Shin Tae yong ini harus mampu mempertahankan gawangnya dari kebobolan dan bermain imbang tanpa gol.

Dengan cara ini Timnas bisa memaksakan pepanjangan waktu pertandingan dengan tambahan 2×15 menit. Jika masih tetapimbang tanpa gol maka laga ditentukan dengan adu penalti.

Timnas Indonesia harus bisa memanfaatkan duel adu penalti ini untuk meraih kemenangan. Kiper Nadeo Argawinata sangat berpengalaman menghadapi ketegangan dalam adu penalti.

Tampaknya cara ini yang paling realistis. Kecuali Timnas kita sedang mendapatkan rizki besar dengan meraih kemenangan atau imbang dengan jumlah gol tertentu.

Timnas Indonesia harus tetap optimis menghadapi laga leg kedua ini.

Rasa percaya diri dari skuad Garuda sangat penting. Hal itu agar seluruh pemain tetap fokus dalam kerjasama yang solid.

Selamat berjuang Timnas Garuda. Bravo Merah Putih.

Salam bola @HENSA.

Tinggalkan Balasan