Liga Eropa : “The Gunners” Arsenal Secara Dramatis Lolos ke 16 Besar

Arsenal berhasil lolos ke babak 16 besar Liga Eropa setelah dalam leg kedua mengalahkan klub asal Portugal, Benfica dengan skor tipis 3-2. Laga tersebut berlangsung di Karaiskakis Stadium Yunani, Jumat (26/2/21) dini hari WIB.

Pada leg pertama mereka bermain imbang 1-1. Benfica sebenarnya hampir saja lolos menyingkirkan Arsenal ketika mereka berhasil menahan 2-2 hingga menit ke-87. Hanya kurang 3 menit laga akan berakhir namun Aubameyang menjadi penyelamat dengan gol yang dicetaknya.

Pierre-Emerick Aubameyang menyelamatkan “Gunners” di Liga Europa dari kekalahan saat gol penentu kemenangannya memastikan kemenangan dramatis 3-2 atas Benfica.

Arsenal sedang menatap babak eliminasi 32 besar untuk musim kedua berturut-turut. Mikel Arteta menurunkan line-up dengan Gabriel Magalhaes, David Luiz, Dani Ceballos dan Emile Smith Rowe dipanggil kembali. Arsenal membuat empat perubahan dari kekalahan hari Minggu dari Manchester City.

Aubameyang membuat gol pembuka saat laga berjalan 21 menit namun disamakan menjadi 1-1 ketika  tendangan bebas babak pertama Diogo Goncalves yang menakjubkan untuk mengakhir babak pertama 1-1.

Benfica unggul menjadi 2-1 berkat tendangan Rafa Silva pada menit ke-61 akibat kesalahan yang dilakukan Dani Ceballos. Namun  hanya 6 menit kemudian, Kieran Tierney menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Akhirnya pada tiga menit laga tersisa gol kemenangan yang dramatis itu hadir ketika Aubameyang berhasil memanfaatkan umpan silang Bukayo Saka. Hasil ini membuat Arsenal memasuki babak 16 besar Liga Europa setelah menang agregat 4-3.

Aubameyang telah mencetak gol dalam tujuh dari delapan pertandingan piala terakhirnya untuk Arsenal. Total 10 gol dengan rincian 5 gol di Piala FA, 4 gol di UEFA Europa League, 1 gol di Community Shield, dan hanya gagal mencetak gol melawan Benfica di leg pertama selama periode ini.

Arsenal telah mencapai babak 16 besar Liga Eropa UEFA dalam tiga dari empat musim mereka selama tampil di kompetisi ini. Mereka tersingkir di babak 32 besar hanya pada edisi ajang ini pada 2019-20.

Selain Arsenal. klub Premier League yang lolos dari babak 32 besar adalah Tottenham Hotspur yang mengalahkan Wolfsberg dengan agregat gol 8-2. Kemudian Manchester United yang mengalahkan Real Sociedad dengan agregat gol 4-0. Hanya Leicester yang gagal lolos karena kalah agregat 0-2 dari Slavia Praha.

Pengundian untuk babak 16 besar akan berlangsung pada hari Jumat tanggal 26 Februari 2021 di House of European Football di Nyon, Swiss.

Salam bola @hensa

Tinggalkan Balasan