Piala Asia U20 Uzbekistan Vs Irak di Final

Piala Asia U20 memasuki babak final mempertemukan tuan rumah Uzbekistan menghadapi Irak. Kedua tim ini adalah lawan Indonesia di babak grup A fase penyisihan.

Pada babak semi final kedua tim berhasil mengalahkan lawan-lawan mereka masing-masing Irak menang atas Jepang dan Uzbekistan memang atas Korea Selatan.

Laga semi final tersebut keduanya berakhir melalui drama adu penalti yang sangat menegangkan setelah dalam 120 menit kedudukan masih imbang.

Uzbekistan menang adu penalti dengan skor 3-1 atas Korea Selatan. Kedua tim bermain imbang tanpa gol selama 120 menit pertandingan.

Begitu pula Irak lolos juga melalui drama adu penalti setelah bermain imbang dengan skor 2-2 lawan Jepang pada waktu 120 menit.

Irak unggul lebih dahulu pada menit ke-12 berkat gol hasil sundulan Ali Jasim yang memanfaatkan umpan dari sepak pojok oleh Eismael Ahmed.

Jepang baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-83 lewat tembakan kaki kiri Takatora Einaga. Gol ini adalah sumbangan assist dari Sota Kitano. Kedudukan 1-1  bertahan hingga waktu normal 90 menit habis.

Laga harus berlanjut dengan durasi 2 x 15 menit sebagai waktu tambahan untuk penentuan pemenang babak semi final ini.

Pada babak waktu tambahan ini kembali skuad Irak unggul 2-1 tepatnya di menit ke-103 melalui gol Mohammed Jameel.

Gol Jameel itu tercipta dengan tembakan kaki kanan dari sisi kanan kotak penalti setelah mendapatkan asis akurat dari Ali Jasim.

Namun keunggulan Irak hanya bertahan 15 menit karena Naoki Kumata menyamakan skor menjadi 2-2 melalui sundulan kepalanya pada menit ke-118.

Gol itu terjadi ketika Takatora Einaga memberikan umpan silang yang mampu menjangkau kepala dari Naoki Kumata.

Skor 2-2 bertahan hingga waktu tambahan usai dan harus menjalani adu penalti untuk menentukan pemenang laga semi final ini.

Dalam adu penalti tersebut akhirnya Irak menang 5-3. Saat itu semua pemain Irak yang menjadi eksekutor bisa melaksanakan tugasnya nebjebol gawang Jepang. Sedangkan satu eksekutor Jepang gagal mencetak gol.

Semua penendang penalti Irak berhasil mencetak gol yaitu Ashar Ali Hussein, Sajjad Mahdi, Ali jasim, Kadhim Raad, dan Abdulrazzaq Qasim.

Sementara Jepang hanya tiga algojo yang berhasil membobol gawang Irak yaitu Naoki Kumata, Niko Takahashi, dan Sota Kitano. Tendangan Kodai Sano yang mengarah ke sisi kiri mampu diredam kiper Hassan.

Lolosnya Uzbekistan dan Irak menuju partai final sangat menarik bagi kita. Hal tesebut karena kedua tim ini adalah lawan Timnas Garuda pada babak penyisihan di grup A.

Ketika itu Irak dengan 10 pemain mengalahkan Indonesia dengan skor 2-0 pada laga pertama fase grup. Sementara Uzbekistan mampu ditahan imbang 0-0 oleh Timnas Garuda Muda.

Selain mereka lolos ke final memperebutkan juara Asia U20, juga lolos ke putaran final Piala Dunia U20 2023 di Jakarta.

Begitu pula Jepang dan Korea Selatan walaupun kalah di babak semi final. mereka juga berhak mendapatkan tiket ke Piala Dunia U20 2023.

Laga final Piala Asia U20 edisi tahun 2023 akan berlangsung pada Minggu (18/3) di Milliy Stadium, Tashkent. Selamat untuk Uzbekistan dan Irak.

Salam bola @hensa.

Tinggalkan Balasan