“Los Blancos” Real Madrid Juara Liga Champions 2022

Vinicius Junior, pencetak gol tunggal Real Madrid (Foto Skysports).

Skuad terbaik menjadi pilihan pelatih bagi kedua tim dalam pertandingan Liverpool vs “Los Blancos” Real Madrid pada final Liga Champions 2021/2022 di Stade de France, Saint-Denis pada hari Minggu (29/5) dini hari pukul 02.00 WIB.

Real Madrid akhirnya berhasil meraih trofi Liga Champions usai menang 1-0 atas Liverpool dengan gol tunggal dicetak oleh Vinicius Junior. Ini adalah trofi mereka yang ke-14 yang berhasil diraih dalam sejarah Liga Champions. 

Sementara bagi Carlo Ancelotti ini adalah trofi ke-4 nya dalam meraih gelar juara Liga Champions dalam sejarah karir kepelatihannya.

Ancelotti meraih juara bersama Madrid di musim 2013/2014 dan 2021/2022. Sebelumnya juara bersama AC Milan di musim kompetisi tahun 2002/2003 dan 2006/2007. Ancelotti hanya kalah sekali saat tampil di final, yakni dari Liverpool di tahun 2004/2005. 

Perjalanan Los Blancos selama ajang Liga Champions ini menempuh laga-laga yang terjal dengan menyingkirkan PSG, Chelsea dan Manchester City. Terakhir di final giliran Liverpool mereka kalahkan.

Duel ini adalah ulangan perebutan juara Liga Champions pada tahun 1981 di Stadion Parc des Princes, Paris.  Berarti peristiwa tersebut sudah 41 tahun yang lalu dan terakhir kedua tim juga bertemu di final yang berlangsung di Kiyv Ukraina pada tahun 2018.

Pada final tahun 1981 Liverpool menang 1-0 atas Real Madrid. Sedangkan pada final tahun 2018 giliran Real Madrid yang menang 3-1 atas Liverpool.

BACA JUGA : Juergen Klopp Kagum Kinerja Real Madrid.

Baik Carlo Ancelotti maupun Juergen Klopp menurunkan pemain-pemain pilihan mereka menghadapi laga final tersebut. Starting eleven terbaik mereka yang siap secara fisik maupun mental.

Dengan menerapkan pola yang sama formasi 4-3-3, maka tidak terelakkan pertarungan ketat di sektor lini tengah.  Trio Casemiro, Toni Kroos dan Luka Modric berhadapan dengan trio Fabinho, Jordan Henderson dan Thiago Alcantara.

Sementara untuk sektor penyerang dua striker mereka, Karim Benzema dan Mohamed Salah saling bersaing mencetak gol.

Luis Diaz dan Sadio Mane mendampingi Mohamed Salah sebagai trio penyerang Liverpool. Pada kubu Madrid, Federico Valverde dan Vinicius Junior mendampingi Benzema.

Benzema adalah striker yang paling berpengaruh dalam mencetak gol bagi Los Blancos. Sampai saat ini di ajang Liga Champions, Benzema tercatat sebagai top skor dengan 15 gol.

Pencapaian golnya sudah tidak mungkin terkejar oleh Robert Lewandowski yang menjadi saingan terdekatnya dalam perburuan sepatu emas.

Benzema kukuh di puncak klasemen top skorer dengan 15 gol, sementara Lewandowski ada di urutan kedua dengan 13 gol. Pemain Bayern Munich ini, klubnya sudah tersisih pada babak sebelumnya.

Pemain asal Prancis ini hampir pasti meraih sepatu emas, karena tidak mungkin bisa terkejar oleh pesaing-pesaingnya termasuk Mohamed Salah yang dihadapi dalam final ini.

Pada babak pertama skor masih imbang tetapi pada babak kedua baru berjalan 14 menit gol untuk Madrid lahir dari kaki Vinicius Junior yang memanfaatkan umpan terobosan. Ini adalah gol pertamanya di final Liga Champions.

Valverde berlari kencang ke kanan tanpa perlawanan sebelum memberikan umpan yang akura ke pertahanan Liverpool untuk Vinicius di tiang jauh. Dengan tenang penyerang berusia 21 tahun itu menembak bola masuk ke gawang.

Setelah gol ini serangan Liverpool semakin gencar. Beberapa kali Sadio Mane dan Mohamed Salah menembak keras ke gawang Madrid.

Bayangkan Liverpool memiliki peluang dengan 24 total tembakan, dengan 9 tembakan tepat sasaran dan 9 tembakan tersebut yang berhasil di block oleh lini belakang Madrid termasuk kiper mereka yang bermain cemerlang.

Thibaut Courtois terlalu tangguh dengan menggagalkan semua upaya Liverpool menyamakan kedudukan. Hingga usai laga mereka berhasil mempertahankan kemenangan.

Kiper Madrid ini sangat layak menjadi man of the match dengan kemampuannya mementahkan beberapa peluang gol dari Mohamed Salah dan Sadio Mane. Ratingnya menacapai nilai 9 dari beberapa pengamat di Skysports.

Bagi kubu Liverpool sudah menampilkan permainan yang maksimal dalam laga malam itu. Benteng kokoh Courtois adalah penghalang utama mereka tidak bisa mencetak gol.

Selamat untuk Los Blancos dan selamat juga untuk Carlo Ancelotti.

Susunan pemain kedua tim adalah :

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker, Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Virgil Van Dijk, Andrew Robertson, Fabinho, Jordan Henderson, Thiago Alcantara, Mohamed Salah, Luis Diaz, Sadio Mane

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois, Dani Carvajal, Eder Militao, Nacho Fernandez, Ferland Mendy, Casemiro, Toni Kroos, Luka Modric, Federico Valverde, Vinicius Junior, Karim Benzema

Salam bola @hensa.

Tinggalkan Balasan