oleh

Kualifikasi Piala Dunia 2022 : Thailand Waspadai Timnas Garuda

-Olahraga-Telah Dibaca : 138 Orang

Foto : Shin Tae yong pelatih Timnas Garuda (Sumber : PSSI.org)

Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Uni Emirat Arab merupakan tim-tim di grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar yang masih memiliki peluang lolos menuju putaran final. Hanya Timnas Garuda yang sudah dipastikan tersisih dari ajang ini. 

Dalam klasemen grup G seperti dilansir The-AFC.com (1/6/21), Vietnam masih memimpin dengan 11 poin disusul Malaysia dengan 9 poin dan Thailand 8 poin. Tiga negara ASEAN ini memiliki peluang terbuka untuk lolos ke babak berikutnya bersaing dengan ketat bersama Uni Emirat Arab.

Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab akan berhadapan dengan Timnas Garuda dalam sisa laga mereka. Siapakah di antara mereka yang tergelincir ketika menghadapi Indonesia, maka peluang lolos ke babak ketiga menjadi musnah.

Tuan rumah, Uni Emirat Arab ada di posisi ke-4 dengan 6 poin menyisakan satu laga tunda dan Indonesia menjadi juru kunci tanpa poin karena mengalami kekalahan 5 laga dengan kemasukan 16 gol dan hanya mampu mencetak 3 gol.

Indonesia kehilangan peluang ke Piala Dunia 2022 Qatar, namun tidak menyurutkan tekad skuad Garuda asuhan Shin Tae yong ini untuk meraih kemenangan pada tiga laga sisa mereka.

Pada Kamis (3/6/21) pukul 23.45 WIB di Maktoum Bin Rashid Al Maktoum Stadium, Dubai Indonesia akan memulai laga ke-6 melawan Thailand. Dalam laga lain pada waktu yang sama di Zabeel Stadium, Dubai, tim tuan rumah Uni Emirat Arab akan menghadapi Malaysia. 

Laga ini sangat penting terutama bagi skuad Thailand yang harus memenangkan 3 poin untuk menjaga peluang mereka. Sehingga beban laga ini ada pada mereka. Kemenangan atas Indonesia akan menjadi momen positif untuk menghadapi di dua pertandingan tersisa.

Walaupun menurut pendapat pelatih Akira Nishino tetap tidak mudah bagi Thailand karena para pemain memiliki waktu terbatas untuk berlatih satu sama lain dan mereka kehilangan dua pemain kunci yang bermain di J.League.

Maka sangat wajar saat ini skuad Thailand tidak ingin gegabah saat menghadapi Timnas Indonesia. .Salah satu gelandang mereka, Phittiwat Sukjitthammakul menganggap semua lawan yang akan dihadapi Thailand, termasuk bisa merepotkan.

“Saya pikir setiap tim dapat menciptakan masalah bagi Thailand. Karena semua tim juga sudah dipersiapkan dengan baik. Kita tidak boleh ceroboh dan harus berjuang keras,” kata pemain Chiangrai United seperti dilansir The-AFC.com (1/6/21).

Begitu pula pelatih Thailand asal Jepang Akira Nishino selalu berhati-hati menghadapi laga ini. Mengingat bagi skuad asuhannya tiga laga sisa ini harus dituntaskan dengan 9 poin atau memenangkan seluruh laga.

“Penting untuk meraih kemenangan melawan Indonesia karena itu akan menciptakan momentum positif. Saya selalu mengantisipasi grup ini akan sangat sulit untuk bersaing, tidak ada lagi ruang untuk kesalahan bagi kami jika kami ingin maju ke babak berikutnya,” kata Akira Nishino kepada The-AFC.com (1/6/21).

Kemenangan Thailand 3-0 atas Timnas Garuda pada pertemuan pertama tidak membuat skuad Gajah Perang percaya diri berlebihan menghadapi laga ini. Mereka menganggap laga melawan Indonesia adalah laga final yang harus dimenangkan.

Skuad asuhan Nishino ini jangan sampai membawa beban berat di pundak mereka ketika berhadapan dengan Indonesia yang sudah tidak memiliki peluang lolos.

Bagi Timnas Garuda menghadapi laga ini tidak memiliki beban karena mereka sudah jelas nasibnya. Skuad Shin Tae yong bisa bermain lebih enjoy penuh gembira dengan tetap menggapai misi yang lain.

Evan Dimas menganggap tiga laga sisa bagi Timnas Garuda adalah harga diri Bangsa. Untuk itu walaupun sudah pasti tersisih namun skuad Garuda tetap bertekad memenangkan semua laga yang tersisa.

Thailand, Vietnam dan Uni Emirat Arab adalah lawan di 3 laga sisa bagi Timnas Garuda.  Ambisi tidak mau selalu menjadi pecundang menjadi tekad para pemain.

Selain itu Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini juga menjadi ajang penentuan pada kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia sudah tidak mungkin menempati posisi dua besar di Grup G, namun masih ada peluang tersisa menembus kualifikasi Piala Asia dari tempat yang lebih baik.

Skuad Garuda mengejar posisi ke-4 dalam klasemen akhir grup G ini. Karena jika berada di peringkat kelima atau juru kunci, seperti saat ini, maka Timnas Indonesia harus menjalani kualifikasi Piala Asia dari fase play-off.

Sementara jika berhasil menempati peringkat keempat maka ada peluang Indonesia langsung masuk ke babak ketiga. Target yang sebenarnya cukup realistis bisa mereka capai hanya syaratnya skuad Garuda harus bermain dengan spartan dan determinasi tinggi.

Tidak sabar untuk menyaksikan pertandingan Timnas Garuda melawan lawan pertama mereka yaitu Thailand sebelum berhadapan dengan Vietnam dan Uni Emirat Arab. Selamat berjuang Garuda kebanggaan rakyat Indonesia. Bravo Merah Putih.

Salam bola @hensa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed