oleh

Ibrahima Konate, Rekrutan Baru Bek Tengah Liverpool Tandem Van Dijk

-Olahraga-Telah Dibaca : 41 Orang

Virgil van Dijk (Sumber Foto Liverpoolfc.com)

Persiapan The Reds Liverpool menghadapi Premier League musim 2021-2022 terus dilakukan di Austria. Skuad asuhan Juergen Klopp ini melakukan beberapa pertandingan pra musim melawan klub-klub setempat. Mereka tampaknya semakin fokus melakukan perbaikan terutama di sektor bek tengah. 

 

BACA JUGA : Harvey Elliott, Talenta Muda “The Reds” Siap Bertarung di Liga Premier

Pada Selasa malam atau Rabu (21/7/21) dini hari WIB, The Reds memainkan dua pertandingan masing-masing selama 30 menit berturut-turut melawan dua klub yaitu Wacker Innsbruck dan VfB Stuttgart. Divock Origi mencetak gol dari titik penalti pada laga pertama dan Sadio Mane mencetak gol pada laga kedua.

Trent Alexander-Arnold menjadi kapten The Reds di pertandingan pertama malam itu melawan Innsbruck. Juergen Klopp menurunkan beberapa pemain muda dalam laga ini seperti Owen Beck, Tyler Morton dan Kaide Gordon.

Rekrutan baru Liverpool, Ibrahima Konate melakukan debutnya untuk klub di pertandingan kedua melawan Stuttgart. Beberapa pemain senior yang juga turun saat itu adalah Mohamed Salah, Sadio Mane dan Alex Oxlade-Chamberlain. Sementara James Milner mengenakan ban kapten melawan Stuttgart.

Bagi Konate melakukan debutnya bersama Liverpool dalam laga tidak resmi, merupakan momen yang sangat berkesan bisa tampil untuk pertama kalinya bersama skuad The Reds. Momen sangat istimewa walaupun baru tampil dalam laga persahabatan.

Apalagi saat ini sudah lama sekali dirinya tidak bertanding akibat pandemi yang berkepanjangan. Setelah sekian lama melakukan latihan dengan keras, pemain muda asal Prancis ini akhirnya turun juga merumput bersama Liverpool.

Kehadirannya sebagai bek tengah semakin memperkaya materi pemain di pertahanan Liverpool. Bek tengah yang tahun lalu didera cedera seperti Virgilvan Dijk, Joel Matip dan Joe Gomez, kini sudah turut kembali berlatih dalam kondisi bugar.

Disamping mereka juga ada duet Nathaniel Phillips dan Rhys Williams yang bermain cemerlang musim lalu, semakin memperkokoh kekuatan sektor bek tengah ini termasuk kehadiran Ozan Kabak.

Sehingga Juergen Klopp semakin memiliki banyak pilihan pemain. Sektor bek tengah Liverpool kini semakin memiliki kekuatan yang merata.

Klopp memang sedang melakukan pembenahan besar-besaran pada sektor ini. Musim lalu sempat mengalami krisis cedera yang dialami Virgil van Dijk, Joel Matip dan Gomez.

Akibatnya sepanjang tahun kompetisi Premier League menyebabkan Liverpool terseok-seok berjuang merebut posisi empat besar agar bisa berlaga di kompetisi Liga Champions.

Pada bulan Mei 2021 lalu, Liverpool Football Club telah mencapai kesepakatan untuk transfer Ibrahima Konate dari RB Leipzig. Ini adalah rekrutan pertama Juergen Klopp pada jendela Transfer musim panas ini.

Konate sebelumnya sudah empat musim di Bundesliga bersama Leipzig, di mana ia membuat 95 penampilan dan mencetak empat gol. Dia juga mencatat delapan penampilan di Liga Champions bersama klub Jerman tersebut.

Pemain muda ini adalah skuad Prancis U-21 pada Kejuaraan UEFA U-21. Sampai saat ini, ia memiliki 12 caps untuk negaranya di level tersebut.

Bek tengah kelahiran Paris berusia 22 tahun itu telah menyetujui kontrak jangka panjang dengan The Reds mulai 1 Juli 2021 sampai 30 Juni 2026. Proses persyaratan izin kerja juga sudah rampung demikian pula lulus tes medis.

Konate mengatakan kepada Liverpoolfc.com (1/7/21) : “Saya sangat senang bisa bergabung dengan klub besar seperti Liverpool.

“Saya telah bekerja sangat keras selama bertahun-tahun untuk mencapai titik ini, tetapi saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua orang di RB Leipzig dan semua orang yang bekerja dengan saya di sana — para pelatih, rekan tim saya, staf dan terutama penggemar.” 

Kehadiran Konate bagi Juergen Klopp sangat penting dalam memperkuat bek tengah Liverpool, setelah masalah cedera di posisi bek tengah pada musim lalu.

Prekrutan pemain dengan tinggi 194 cm ini tidak perlu diragukan lagi untuk memperkuat pertahanan Liverpool bersama bek tengah lainnya yang saat ini sudah ada termasuk mereka yang cedera musim lalu.

“Ibrahim kami rekrut untuk menambah kualitas yang sudah kami miliki di posisi bek tengah. Atribut fisiknya sangat mengesankan.  Dia pemain yang cepat, sangat kuat dan dominan dalam duel di udara.” Demikian kata Klopp seperti dilansir Liverpoolfc.com (21/7/21) usai laga pra musim melawan VfB Stuttgart di Austria.

Juergen Klopp masih terus melakukan program persiapan pra musim Liverpool di Austria. Pertandingan berikutnya pada hari Jumat (23/7/21), saat Liverpool menghadapi salah satu mantan klub asuhan Klopp yaitu FSV Mainz 05.  Dalam laga selama 90 menit penuh tersebut rencananya akan dihadiri hingga 3.500 pendukung.

Program persiapan Liverpool ini akan ditutup dengan pertandingan persahabatan di Anfield dengan menghadirkan para suporter. Laga pertama di Anfield akan berlangsung pada Minggu 8 agustus 2021 melawan Athletic Club dan Senin 9 Agustus 2021 melawan CA Osasuna.

Salam bola @hensa

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed