oleh

Garuda Asia dan Proklamasi Kemerdekaan

-Olahraga-Telah Dibaca : 176 Orang

Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa gelar juara Piala AFF U-16 2022 Timnas Indonesia U-16, Garuda Asia adalah kado terindah untuk hari proklamasi kemerdekaan Indonesiake-77.

Presiden juga memberi selamat kepada Timnas Indonesia Belia itu melalui akun media sosialnya.

Setelah berhasil merebut gelar juara tersebut, skuad Timnas U-16 mendapat undangan ke Istana Merdeka untuk mengikuti upacara kemerdekaan.

Pemain Garuda Asia menyampaikan terimakasih kepada federasi PSSI dan Kemenpora yang usulannya mendapat persetujuan Sekretariat Presiden.

Ucapan selamat Presiden Jokowi dan undangan untuk menghadiri upacara kemerdekaan ke Istana Merdeka merupakan kehormatan tertinggi bagi skuad Garuda Asia.

Hal ini juga menggambarkan perhatian besar Presiden kepada Timnas Indonesia yang berprestasi.

Kita semua berharap bahwa gelar juara Piala AFF U-16 tahun 2022 ini bukan gelar tertinggi yang mereka capai, tapi hanya gelar antara untuk meraih gelar juara ajang turnamen lebih tinggi lagi.

Timnas Indonesia U-16 di era kepelatihan Fakhri Husaini empat tahun lalu juga sempat bertemu dengan Presiden Jokowi setelah tampil sebagai juara Piala AFF U-16 dan tampil di Piala Asia U-17.

Makna mengikuti upacara ulang tahun Kemerdekaan di Istana Negara, bagi skuad Garuda Asia adalah menghayati perjuangan para Pahlawan Negeri ini untuk meraih Kemerdekaan.

Skuad Garuda Asia tentu masih ingat pesan heroic coach Bima Sakti sebelum merebut Piala AFF U-16.

Bima Sakti pernah berpesan dengan mengatakan bahwa para pahlawan berjuang selama 350 tahun untuk kehormatan bangsa. Sedangkan skuad Garuda Asia berjuang hanya 90 menit untuk kehormatan bangsa.

Pesan itu sangat singkat tetapi mengandung nilai motivasi yang tinggi bagi skuad Garuda Asia.

Kini skuad Garuda Asia usai menjuarai Piala AFF U-16, sudah siap kembali merumput menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 Bahrain 2023.

Garuda Asia berada di grup B bersama Malaysia, Palestina, Guam dan Uni Emirate Arab.

Jadwal laga perdana Indonesia adalah menghadapi Guam pada 3 Oktober 2022. Selanjutnya berturut-turut menghadapi Uni Emirate Arab (5/10/22), Palestina (7/10/22) dan terakhir melawan Malaysia (9/10/22).

Para belia Timnas Garuda Asia bertekad untuk mencapai target lolos ke putaran final di Bahrain tahun 2023.

Federasi PSSI sendiri seharusnya tidak memberikan beban yang sangat berat bagi mereka. Biarkanlah bakat-bakat mereka terus berkembang dengan alami dan melalui proses yang benar.

Ketika mereka Juara AFF U-16 dan lolos kualifikasi Piala Asia U17 Bahrain 2023, maka anggap saja merupakan bonus dari sistem pembinaan yang berhasil bagi para talenta muda Garuda Asia.

Bravo Merah Putih @hensa.

Keterangan : Skuad Garuda Asia (Sumber Foto Antara/Andreas Fitri Atmoko). 

Komentar

Tinggalkan Balasan