oleh

Piala AFF 2021 : Menunggu Duel Klasik Indonesia Vs Malaysia

-Olahraga-Telah Dibaca : 64 Orang

Pelatih Shin Tae yong sedang menggenjot fisik Timnas Garuda (Sumber Foto : PSSI.org)

Turnamen bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF akan digelar mulai 5 Desember 2021 – 1 Januari 2022. Pembagian grup untuk 10 negara pesertapun sudah dilakukan undiannya pada Selasa (21/9/21) siang WIB.

BACA JUGA : Piala Liga Inggris: Takumi Minamino Menangkan Liverpool atas Norwich City

Indonesia berada di Grup B, bersama juara bertahan Vietnam, Malaysia, Laos dan Kamboja. Sementara di Grup A ada Thailand, Singapore, Filipina, Myanmar dan Brunei atau Timor Leste. Jadwal pertandingkan juga sudah dirilis oleh penyelenggara.

Turnamen sedianya diselenggarakan pada akhir tahun 2020 yang lalu. Karena pandemi covid 19, maka ajang bergengsi di ASEAN itu mengalami penundaan selama setahun.

Pelatih Timnas Garuda, Shin Tae yong menyambut baik hasil undian yang menempatkan Indonesia berada di grup yang berisi Vietnam dan Malaysia diajang Piala AFF Suzuki 2021.

“Berada di Grup B bersama Vietnam dan Malaysia sangat menarik bagi saya. Mereka tim yang kuat, namun kami akan berjuang keras demi meraih kemenangan di setiap laga. Kami akan melakukan persiapan dengan baik,” kata pelatih asal Korea Selatan itu seperti dirilis situs resmi federasi, PSSI.org (21/9/21).

Sangat menarik ditunggu pertemuan antara Timnas Garuda melawan rival abadi mereka, Harimau Malaya. Pertemuan terakhir dengan Malaysia, Garuda mengalami kekalahan dua kali dalam ajang Kualfikasi Piala Dunia Qatar 2022.

Selain partai Indonesia melawan Malaysia, Timnas Garuda juga harus menghadapi jaura bertahan Vietnam yang dalam laga terakhirnya mengalahkan Indonesia di Dubai dalam kualfikasi Piala Dunia 2022.

Dua laga paling menyedot perhatian para penggemar Timnas Garuda ini sudah sangat ditunggu. Apakah skuad asuhan Shin Tae yong ini berhasil move on dari dua tim rival terkuat di ASEAN ini?

Sementara itu persaingan antara Vietnam dan Malaysia juga sudah menjadi tradisi yang ketat. Pada Piala AFF 2018, Vietnam dan Malaysia terlebih dahulu bersaing di fase grup sebelum bertemu kembali di partai final.

Akhirnya Vietnam asuhan Park Hang-seo saat itu berhasil menjadi juara setelah menumbangkan Malaysia dengan total agregat 3-2. Skuad Vietnam memang sangat tangguh dan layak meraih gelar Piala AFF 20018.

Keberhasilan pelatih asal Korea Selatan ini membesut Vietnam, juga menjadi perhatian karena selama diasuh olehnya, Timnas Garuda belum pernah memenangkan laga.

Pada turnamen edisi tahun 2018 itu, Timnas Indonesia yang kala itu dilatih Bima Sakti gagal lolos ke semifinal setelah hanya mampu menempati peringkat keempat fase grup.

Penampilan Timnas Garuda saat itu sangat buruk. Dari empat pertandingan, timnas Indonesia saat itu hanya mampu meraih satu kemenangan, sekali imbang, dan menelan dua kekalahan.

Berikut adalah jadwal timnas Indonesia pada fase grup Piala AFF 2021 seperti dikutip dari situs Asean Football (20/9/21):

Indonesia vs Kamboja – 9 Desember 2021

Indonesia vs Laos – 12 Desember 2021

Indonesia vs Vietnam – 15 Desember 2021

Indonesia vs Malaysia – 19 Desember 2021

Semifinal leg pertama: 22-23 Desember 2021 Semifinal leg kedua: 26 Desember 2021

Final leg pertama: 29 Desember 2021 Final leg kedua: 1 Januari 2022

Indonesia sudah resmi mengajukan diri sebagai tuan rumah untuk babak fase grup B ini. Namun belum ada keputusan final dari pihak federasi AFF yang bermarkas di Kuala Lumpur. Dalam waktu dekat keputusan tuan rumah fase grup akan segera diumumkan oleh AFF.

Mengamati jadwal yang sudah dikeluarkan, terlihat sangat menguntungkan bagi Timnas Garuda. Pada laga-laga awal Garuda menghadapi tim-tim yang relatif lebih mudah diatasi yaitu Laos dan Kamboja. Setelah itu baru menghadapi Vietnam dan Malaysia.

Dengan mempersiapkan sebaik mungkin dan semangat yang penuh percaya diri demi harga diri Bangsa dan Negeri ini, optimis Timnas Garuda bisa meraih prestasi tertinggi. Selamat berjuang Timnas Garuda. Bravo Merah Putih.

Salam bola @hensa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed