oleh

Football Story : Dramatis Prancis Lolos ke Final UEFA Nations League

-Olahraga-Telah Dibaca : 80 Orang

Sumber Foto Skysports

Les Bleus Prancis membuktikan mental juara mereka ketika berhasil lolos ke final UEFA Nation League berkat kemenangan 3-2 atas Belgia di semi final. Padahal hingga paruh waktu dari laga malam itu, Belgia masih unggul 2-0 berkat gol Yannick Carrasco dan Romelu Lukaku.

BACA JUGA : Inilah Arti Penting Laga Imbang Manchester United dan Liverpool di Kandang Mereka 

Laga yang berlangsung Jumat (8/10/21) dini hari WIB di Juventus Stadium, Turin ini sangat ketat terutama pada babak kedua dimana Prancis keluar menyerang total untuk mengejar ketingglan 2 gol mereka.

Akhirnya terciptalah 3 gol balasan untuk kemenangan Prancis melalui kaki Karim Benzema, Kylian Mappe dan Theo Hernandez. Mungkin terlalu berlebihan jika penulis menyebutkan bahwa peran VAR sangat membantu kemenangan Prancis ini.

Namun fakta memang berbicara demikian. Paling tidak ada dua momen yang menguntungkan Prancis ketika VAR bekerja untuk mereka.

Coba kita simak ketika Benzema berhasil mencetak gol pertama pada menit ke62, semangat skuad asuhan Didier Deschamp ini semakin menggebu untuk menyamakan kedudukan.

Pada momen pertama dimana VAR menguntungkan Prancis yaitu sebuah peluang Antoine Griezman di area penalti Belgia, ketika membawa bola terjatuh karena sentuhan Youri Tielemans.

Awalnya wasit menganggap bukan pelanggaran tetapi ada protes pemain Prancis. Maka Wasitpun segera memeriksa VAR untuk melihat dengan rinci peristiwa sebenarnya dari sentuhan kaki Tielemans tersebut.

Ternyata dari review VAR terlihat Tielemanns melanggar keras kaki kiri Griezmann hinga dia terjatuh sambil merintih kesakitan. Jelas momen itu adalah hukuman penalti.

Kylian Mbappe tidak menyia-nyiakan peluang emasnya mencetak gol penyama kedudukan menjadi 2-2. Bola diarahkan ke pojok atas gawang Thibaut Courtois, walaupun kiper Belgia ini tepat menebak arah bola, tetapi bola terlalu keras merobek gawangnya.

Pada kedudukan 2-2 ini, Belgia mulai tersadar kemudian mereka kembali agresif melakukan serangan balik yang cepat. Inilah momen kedua VAR menyelamatkan Perancis dari kekalahan.

Berawal dari serangan balik pada sisi kiri penyerangan Belgia, Yannick Carasco membawa bola dengan bebas dan memberikan umpan terukur kepada Romelu Lukaku.

Hanya dengan satu sentuhan saja, bola dari kaki Lukaku membobol gawang Perancis. Namun sesaat kemudian wasit memmbatalkan gol tersebut karena dari tayangan ulang VAR, terlihat posisi Lukaku off side sebelum menerima umpan Yanick Carrasco.

Mungkin hasil yang berbeda akan terjadi jika VAR tidak perlu terlibat dalam sepakbola sejauh ini. Gol Lukaku yang dibatalkan ini membuat Belgia harus kehilangan kesempatan tampil fi final.

Gol Theo Hernandez pada menit ke-90 umpan dari Benjamin Pavard, melengkapi kemenangan comeback yang luar biasa dari Prancis sehingga Les Bleus berhak menuju final berhadapan lawan Spanyol yang menang 2-0 atas Italia di semi final.

Prancis turun tanpa gelandang enerjik mereka, N’Golo Kante karena positif covid 19. Sebagai penggantinya, Adrien Rabiot bermitra dengan Paul Pogba di lini tengah sebagai bagian dari formasi 3-4-3.

Sementara itu kakak beradik Lucas Hernandez dan Theo Hernandez menjadi starter bersama untuk negara mereka untuk pertama kalinya. Lucas berposisi sebagai trio bek bersama Raphael Varane dan Jules Kounde membentengi Hugo Lloris di posisi kiper.

Trio depan Perancis adalah Karim Benzema, Kylian Mbappe dan Antoine Griezman. Mereka terlihat sangat kompak pergerakkannya di area penalti Belgia.

Formasi 3-4-3 yang sama digunakan tim Belgia dengan menurunkan trio penyerang Kevin de Bruye, Romelu Lukaku dan Eden Hazard. Kekuatan lini tengah mereka bersama  Axel Witsel, Tilemans dan dua wing Carrasco dan Timothy Castagne.

Prancis unggul dalam penguasaan bola sekitar 52 persen. Hal ini terjadi terutama ketika pada babak kedua mereka berhasil mempertahankan cara bermain dengan serangan yang intens.

Duel dua tim yang penuh dengan para bintang ini sangat menarik dinikmati. Belgia adalah satu-satunya tim yang bukan berpredikat uara dunia diantara 3 tim lainnya di semi final ini yaitu Italia, Spanyol dan Prancis.

Kekalahan Belgia ini kembali mengingatkan kita pada semi final Piala Dunia 2018 di Rusia. Mereka juga kalah dari Perancis di semi final.

Untuk Belgia dan Generasi Emas mereka, kesempatan lain hanya datang untuk merebut gelar peringkat ketiga. Mereka harus bangkit untuk memperebutkan posisi tersebut melawan Italia yang kalah 0-2 dari Spanyol di semi final lainnya.

Les Bleus Prancis berhadapan di final UEFA Nation League melawan Spanyol pada hari Minggu

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed