oleh

Football Story : Timnas Garuda Menang Agregat 5-1 atas Taiwan, Lolos ke Babak Kualifikasi Piala Asia 2023

-Olahraga-Telah Dibaca : 84 Orang

Egy Maulana Vikri pencetak gol pertama atas Taiwan (Foto ANTARA/Sigid Kurniawan). 

Timnas Indonesia berhasil melewati babak play off untuk memastikan lolos mengikuti kualifikasi Piala Asia 2023 setelah dalam laga melawan Taiwan menang dengan agregat 5-1.

BACA JUGA : Waspada “Gol Cepat” Taiwan di Leg Kedua Play-off Kualifikasi Piala Asia

Leg pertama berlangsung Kamis (7/10/21) malam WIB di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand dengan kemenangan 2-1. Di tempat yang sama berlansung laga leg kedua Senin (11/10) malam pukul 20.00 WIB dengan kemenangan lebih meyakinkan 3-0.

Kemenagan meyakinkan dengan 3 gol tanpa balas ini sebenarnya wajar mengingat Timnas Taiwan terjebak dalam taktik permainan Timnas Garuda.

Mereka berbekal satu gol tandang pada leg pertama, mengawali pertandingan malam itu dengan pola bertahan. Berharap menunggu waktu yang tepat untuk melakukan serangan balik.

Namun cara ini menjadi boomerang bagi mereka harus menerima gedoran para penyerang Timnas Garuda dari segala penjuru lapangan. Dari sisi sayap maupun dari tengah, pertahanan Taiwan mendapat teror keras.

Dedik Setiawan sebagai striker tunggal berkali-kali mengancam. Begitu pula Egy Maulana Vikri dan Adam Alis pada kedua sayap Garuda. Belum lagi aliran bola dari gelandang Evan Dimas dan Ricky Kambuaya.

Sementara itu kuartet bek Garuda, Victor Igbonevo, Riyuzu dan duet full back Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam tetap kokoh mematahkan setiap serangan balik Taiwan. Di bawah mistar ada pengawal gawang seorang Riyandi yang selalu menjadi pilihan.

Gol pembuka yang dicetak Egy Maulana Vikri adalah wujud keberhasilan teror yang membawa kemenangan telak Timnas Garuda atas Taiwan. Gol ini adalah gol perdana Egy untuk Timnas Senior Garuda sepanjang karirnya memperkuat Indonesia.

Berawal dari pergerakkan pada sektor sayap, Egy menguasai bola dan leluasa memberikan tendangan keras melengkung dengan kaki kirinya ke arah Dedik Setiawan yang ada di area penalti Taiwan.

Dedik masih sempat terbang menyundul tapi luput tidak menyentuh bola. Akibatnya bola meluncur deras justru masuk menebol gawang Taiwan yang tidak terkawal.

Rupanya kiper Taiwan, Shin Shi San terkecoh dengan pergerakkan Dedik sehingga tidak mampu menjangkau bola tendangan Egy yang saat ini bermain di FK Senic, klub di Liga Slowakia.

Jika Anda menonton laga Argentina melawan Uruguay pada kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol, gol Egy ini mirip seperti yang dilakukan Messi ke gawang Uruguay. Itu adalah gol pembuka Argentina yang akhirnya juga menang 3-0 atas Uruguay.

Gol Egy ini menjadi beban berat bagi skuad Taiwan karena mereka butuh kemenangan bukan hanya satu gol tapi harus lebih karena gawang mereka kebobolan gol tandang Timnas Garuda.

Untuk bisa menyingkirkan Timnas Indonesia, Taiwan harus menang lebih dari 2 gol misalnya 4-1. Hal ini karena secara agregat Inodonesia unggul 3-1.

“Alhamdulillah kami bersyukur dan senang dapat lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023. Dari seluruh pemain, kami telah bekerja keras bersama dan mendapatkan kemenangan dua kali melawan Taiwan.

Ke depannya kami ingin lebih dan ini adalah langkah awal buat kami.” Demikian kata Egy usai laga malam itu seperti dirilis situs resmi PSSI.org (11/10/21).

Babak Kualifikasi Piala Asia 2023 akan digelar mulai Februari tahun 2022 yang akan diikuti 24 tim dengan dibagi menjadi enam grup.

Setiap grup terdiri dari empat tim dengan rencana format kandang dan tandang. Hanya juara grup dan lima runner up terbaik berhak mendapatkan tiket lolos ke putaran final Piala Asia 2023 di China. Selamat kepada Timnas Garuda.

Bravo Merah Putih @hensa

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed