oleh

Debut Manis Steven Gerrard bersama Aston Villa di Premier League

-Olahraga-Telah Dibaca : 21 Orang

Steven Gerrard manajer baru Aston Villa (Foto AVFC.co.uk). 

Steven Gerrard, legenda Liverpool telah melakukan debutnya bersama klub asuhannya yang baru, Aston Villa dalam laga mereka yang ke-12 di kompetisi Premier League. Laga tersebut menjamu Brighton berlangsung di Villa Park pada Sabtu (20/11/21). 

Ollie Watkins dan Tyrone Mings adalah aktor drama 6 menit akhir ketika mereka berhasil mencetak gol di menit-menit akhir.

Gol Watkins lahir pada menit ke-84 lalu 5 menit kemudian giliran Mings menutup dengan golnya untuk kemenangan Aston Villa.

Bagi Steven Gerrard ini adalah debut kemenangan yang manis dengan skor 2-0 atas Brighton & Hove Albion. Kemenangan itu mengakhiri rentetan lima kekalahan beruntun untuk Villa.

Memastikan Gerrard dalam membuka karir kepelatihannya bersama Aston Villa dengan tiga poin yang mengesankan.

Juga menjadi catatan dalam sejarah klub sebagai bos Villa pertama yang melakukannya sejak Gerard Houllier pada musim kompetisi tahun 2010.

Drama itu terjadi ketika hanya enam menit tersisa, Watkins menerima bola dari pemain pengganti, Ashley Young yang masuk pada babak kedua.

Sayap kiri Villa ini menerobos pada sisi kiri sebelum memotong arah ke dalam area penalti Brighton dan mengirim tendangan kaki kanan yang keras ke sudut atas gawang Jason Steele.

BACA JUGA ARTIKEL PILIHAN: Takumi Minamino Cetak Gol ke-4 Liverpool atas Arsenal di Anfield. 

Rekan setim Inggris dan kapten Villa, Tyrone Mings kemudian menambahkan gol kedua pada menit ke- 89 dengan memanfaatkan umpan silang John McGinn untuk memastikan kemenangan Aston Villa.

Kemenangan tersebut sudah jelas memicu adegan perayaan para pendukung Villa sebanyak 41.925 yang hadir di Villa Park dengan meriah. Mereka merayakan suka cita itu bersama manajer baru Aston Villa, Steven Gerrard.

Bagi Gerrard ini adalah awal yang baik dalam menapak karirnya di Premier League. Tim asuhannya, Villa berhasil menang dan menjaga clean sheet.

Kemenangan ini juga mencatatkan Villa menjadi tim pertama yang mengalahkan Brighton dalam perjalanan mereka di Liga Premier pada musim ini.

Perubahan Formasi versi Gerrard 

Gerrard membuat tiga perubahan pada starting line-up Villa saat ia menunjuk sebelas pemain pertamanya dengan beberapa pemain yang sebelumnya tidak turun bertanding.

Ezri Konsa turun merumput setelah menjalani skorsing satu pertandingannya.

Begitu pula gelandang Jacob Ramsey dan Danny Ings yang sudah fit kembali, sementara Morgan Sanson disebutkan di antara pemain pengganti setelah mengatasi masalah cederanya baru-baru ini.

Gerrard mendapat sambutan yang meriah saat ia berjalan di sepanjang touchline dan mengambil tempatnya di ruang istirahat kandang untuk pertama kalinya. Pendukung Villa sangat berharap banyak kepada legenda Liverpool ini.

Sebenarnya kesleuruhan laga lebih banyak dikuasai skuad Brighton dengan mendominasi 70 persen penguasaan bola.

Mereka menggunakan formasi 3-5-2 lebih banyak memainkan ball position dan menyerang malalui sayap dengan duet ujunga tombak mereka, Adam Lallana dan Leandro Trossard.

Namun ancaman pertama pada awal laga datang dari sundulan Matty Cash pada menit ke- 12 sehingga memaksa penyelamatan cerdas dari kiper Brighton, Jason Steele.

Setengah jam pertama melihat kedua belah pihak mencoba bermain dengan taktis terutama yuan rumah lebih banyak menunggu.

Peluang terbuka bagi Villa ketika Dany Ings hanya beberapa inci saja tembakannya meleset memanfaatkan umpan terobosan Emi Buenda.

Sementara itu kiper Villa asal Argentina, Emi Martnez juga terus fokus dan waspada. Dia berhasil menangkis ancaman gol dari Leandro Trossard pada menit ke-31.

Tuan rumah memulai babak kedua dengan cara yang positif, kapten tim, Tyrone Mings, sundulannya berhasil diseamatkan oleh Jason Steele.

Momen-momen babak kedua berjalan mengikuti pola yang sama dengan babak pertama. Kedua tim selalu berusaha untuk menciptakan celah tetapi mereka selalu menemukan pertahanan tangguh yang sulit ditembus.

Aston Villa mungkin bermain lebih efektif dengan memanfaatkan serangan balik. Kendati mereka hanya sedikit memiliki persentase penguasaan bola.

Boss Gerrard memasukkan Leon Bailey pada menit ke- 66 dalam upaya untuk menemukan terobosan penting, Ashley Young juga masuk ke lapangan segera dari bangku cadangan.

Ternyata pergantian ini berdampak positif ketika Young berkontribusi pada menit ke- 84 saat ia memberi umpan kepada Watkins.

Winger asal England ini membawa bola dari dalam area tim tamu sebelum mengirimkan tembakan menjebol gawang Brighton sebagai gol pembuka yang sangat berarti. Gol pembuka kebuntuan sebelum gol Tyrone Mings sebagai penutup laga.

Kapten Aston Villa itu berbicara usai kemenangan yang diraih dengan susah payah melawan Brighton & Hove Albion. Mings memuji rekan satu timnya karena menerima ide-ide Gerrard dan staf pelatihnya.

“Rasanya berbeda sejak pelatih baru masuk. Dia punya ide baru dan semua orang setuju.

“Kami tidak perlu waktu lama untuk menyempurnakan ide-ide yang coba disampaikan oleh manajer kepada kami, tetapi kami melakukannya dengan baik hari ini.

“Semua orang setuju sejauh ini dan saya pikir Anda bisa melihat itu dalam kinerja kami dan kesediaan kami untuk bekerja sebagai tim dan untuk satu sama lain.” Demikian kata Tyrone Mings seperti dirilis situs resmi klub, AVFC.co.uk (20/11/21).

Sementara itu Pelatih kepala Steven Gerrard berbicara kepada VillaTV pasca-pertandingan seperti dirilis AVFC.co.uk (20/11/21).

“Hari yang sangat besar bagi kami. Jelas kami kalah lima kali dalam pertandingan sebelum ini, terkadang para pemain menunjukkan sedikit ketegangan, saya pikir penonton juga melakukannya.

“Tapi begitu kami menyelesaikannya, saya pikir kami jauh lebih baik di babak kedua dan beberapa momen besar yang harus kami lewati di babak pertama dengan penyelamatan besar dari kiper kami, Emi Martnez dan blok besar dari Matty Targett.”

Dari dua pernyataan tersebut sangat jelas menggambarkan situasi yang sangat harmonis antara pelatih baru dan skuad Aston Villa.

Sangat penting dalam sebuah tim adalah hubungan yang harmonis antara pelatih dan pemain-pemain asuhannya.

Bersama Aston Villa, sebuah awal yang bagus bagi Steven Gerrard dalam meniti karir pertamanya di ajang kompetisi terketat di dunia, Premier League. Selamat untuk Gerrard.

Salam bola @hensa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed