Football Story : Timnas Garuda Berlatih di Turki untuk Piala AFF 2021

Ramai Rumakiek, striker muda Indonesia (Sumber Foto PSSI.org). 

Timnas Garuda kembali mempersiapkan diri untuk menghadapi turnamen Piala AFF 2021 di Singapore. Turnamen dua tahunan yang mempertaruhkan gengsi sepakbola ASEAN ini berlangsung mulai 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

BACA ARTIKEL PILIHAN : Inilah “Debut Brutal” Antonio Conte bersama Tottenham di Liga Konferensi Eropa. 

Pelatih Shin Tae yong sudah memanggil 26 pemain untuk melakukan pemusatan latihan mulai 8 November 2021. Agenda persiapan dilakukan di Jakarta dan Turki sebelum turun dalam turnamen Piala AFF di Singapore.

Timnas Garuda juga memanfaatkan jadwal jeda FIFA bulan ini dengan melakukan uji coba internasional melawan Afghanistan (16/11) dan Myanmar (25/11) selama kegiatan Training Center di Turki.

Diharapkan dari dua laga tersebut bisa diperoleh gambaran yang menjadi keputusan pemilihan pemain yang layak memperkuat Garuda Senior untuk mengikuti turnamen Piala AFF 2021 di Singapore.

Jadwal resmi Piala AFF sudah dirilis dimana Indonesia berada di Grup B bersama unggulan Vietnam dan Malaysia. Selain dua unggulan tersebut, Kamboja dan Laos juga peserta di grup ini.

Timnas Garuda melakukan pertandingan pertama melawan Kamboja pada 9 Desember 2021. Ini laga perdana yang sangat krusial dimenangkan. Jika draw atau kalah sangat merugikan Timnas Garuda dan membebani untuk laga laga berikutnya.

Kemudian berturut-turut berhadapan melawan Laos (12/12/21), Vietnam (15/12/21) dan Malaysia (19/12/21). Hanya peringkat pertama dan kedua yang berhak lolos ke fase semifinal berhadapan melawan wakil dari grup A.

Pelatih Shin Tae yong membawa skuad Garuda dengan pilihan pemain kombinasi pemain muda dan senior.

Beberapa pemain muda yang dipanggil adalah Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Hanis Saghara.

Sementara itu, pemain-pemain senior diisi antara lain Evan Dimas, Adam Alis, Ryuji Utomo, Kushedya Hari Yudo, Ezra Walian, Fachrudin Aryanto dan Victor Igbonefo.

Sebenarnya pada kegiatan persiapan pelatihan di Turki, Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri juga masuk dalam skuad tersebut.

Namun mereka hanya mengikuti laga Internasional pada jadwal jeda yang resmi sudah ditetapkan oleh FIFA. Setelah laga internasional tersebut mereka kembali ke klub.

Elkan dan Egy tidak mendapatkan izin dari klub mereka yaitu Ipswich Town Inggris dan Senica Slowakia untuk memperkuat Timnas Garuda.

Hal itu karena turnamen Piala AFF tidak masuk dalam agenda yang resmi diakui FIFA.

Dengan demikian menghadapi turnamen bergengsi negara-negara ASEAN itu tanpa diperkuat dua pemain utama tersebut, Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri.

Tanpa mereka seharusnya Timnas Garuda tetap memiliki motivasi untuk meraih prestasi terbaik.

Ketum PSSI, Mohamad Iriawan mengharapkan mereka yang sudah menerima panggilan memperkuat Garuda benar-benar penuh kesungguhan dengan menunjukkan performa terbaik.

Pemusatan latihan dan pertandingan uji coba ini adalah bagian dari persiapan menghadapi Piala AFF 2020 (2021) mendatang.

“Pemain harus berjuang keras, disiplin, dan fokus demi timnas Indonesia meraih hasil maksimal pada laga uji coba internasional dan tentunya Piala AFF 2020.

“PSSI terus mendukung program pelatih pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi timnas Indonesia,” demikian kata Ketum PSSI yang akrab disapa Iwan Bule seperti rilis situs resmi federasi, PSSI.org (6/11/21).

Timnas Garuda hingga saat ini masih belum meraih gelar  pada ajang apapun. Terakhir Timnas meraih medali emas pada SEA Games tahun 1991 di Manila, rentang waktu yang sudah sangat lama sekali.

Apakah Shin Tae yong kali ini berhasil mempersembahkan gelar Juara Piala AFF yang pertama kalinya sejak juara SEA Games Manila 1991 yang lalu? Mari kita tunggu target yang dibebankan kepada pelatih asal Korea Selatan ini.

Salam bola @hensa.

Tinggalkan Balasan