oleh

Italia dan Portugal Menunggu Undian Play-off

-Olahraga-Telah Dibaca : 70 Orang

Matteo Pessina, pemain Italia berselebrasi (Foto Skysports). 

Italia dan Portugal kemungkinan bisa saling bertemu di babak final play-off jika dari hasil drawing menempatkan mereka pada jalur grup yang sama.

Namun Italia dan Portugal tidak mungkin bertemu pada laga semifinal play-off karena mereka berada pada pot yang sama yaitu unggulan di pot 1.

Jika mereka berhasil menang atas tim dari pot 2 dan mereka berada pada jalur grup yang sama, maka tidak dapat dielakkan Italia harus berhadapan dengan Portugal dalam final play-off.

Hal ini sangat seru dan menarik karena kedua tim ini adalah pemegang juara Eropa. Italia juara Eropa 2020 (2021) dan Portugal juara tahun 2016.

BACA JUGA ARTIKEL PILIHAN : Ronaldo Kecewa, Drama Gol Aleksandar Mitrovic Gagalkan Portugal Lolos Langsung ke Qatar 2022. 

Babak play-off terdiri dari sepuluh runner-up grup zona Eropa bergabung dengan dua pemenang grup terbaik dari peringkat keseluruhan UEFA Nations League 2020/21 yang tidak lolos langsung ke putaran final sebagai juara grup Kualifikasi Eropa.

Begitu pula mereka tidak memasuki babak play-off sebagai runner-up grup. Mereka yang mewakili 2 tim jatah melalui UEFA Nation League adalah Republik Ceko dan Austria. 

Sedangkan peserta play off lainnya adalah 10 tim runner up Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa yaitu Portugal, Italia, Skotlandia, Rusia, Swedia, Wales, Polandia, Makedonia Utara, Turki dan Ukraina. 

Total ada 12 tim yang nantinya dibagi menjadi 3 grup. Dari tiga grup ini hanya juara yang berhak mendapatkan tiket menuju Piala Dunia Qatar 2022.

Pembagian pot untuk undian dilakukan berdasarkan ranking terakhir hasil kualifikasi zona Eropa yang baru saja berakhir.

Tim unggulan ada di Pot 1 terdiri dari 6 ranking terbaik sebagai runner up grup yaitu Portugal, Italia, Skotlandia, Swedia, Rusia dan Wales.

Sedangkan tim non unggulan ada di Pot 2 terdiri dari 4 runner up yang tersisa yaitu Polandia, Makedonia Utara, Turki, Ukraina ditambah dengan dua peserta dari jatah melalui UEFA Nation League, Republik Ceko dan Austria. 

Undian pembagian untuk peserta play-off ini akan berlangsung pada Jumat 26 November 2021.

Mekanisme undian menempatkan masing-masing tim dari pot 1 akan menghadapi satu tim dari pot 2 pada partai semifinal play-off.

Pada semifinal ini tim yang berada dalam satu pot tidak akan berhadapan kecuali mereka memenangkan laga semifinal.

Sehingga laga semifinal antara tim di pot 1 dan pot 2 berjumlah 6 laga masing-masing dua laga di masing-masing grup.

Grup A terdiri dari dua laga semifinal dan pemenangnya berhak lolos ke final merebut satu tiket. Begitu pula dengan Grup B dan Grup C.

Pertandingan semifinal play-off hanya berlangsung satu kali dimana tim dari pot 1 berkesempatan menjadi tuan rumah.

Jadwal semifinal berlangsung pada 24 Maret 2022 dan final pada 29 Maret 2022.

Italia bernasib harus terlempar ke babak play-off. Bertanding melawan Irlandia Utara dalam laga terakhir fase grup di National Football Stadium, Windsor Park – Belfast, tuan rumah berhasil menahan Gli Azzurri 0-0 dan membuatnya gagal lolos langsung ke Piala Dunia Qatar 2022.

Apa boleh buat Italia harus mengikuti babak play off sebagai runner up grup C di bawah Swiss yang berhasil lolos langsung ke Qatar berkat kemenangan mereka 4-0 atas Bulgaria pada laga terakhir fase grup.

Sementara itu Portugal harus mengakui keunggulan Serbia 2-1 dalam laga terakhirnya di fase grup padahal Portugal hanya membutuhkan hasil draw untuk meraih tiket ke Qatar.

Sungguh sangat menarik ditunggu bagaimana hasil undian nanti. Dan jika terjadi Italia dan Portugal berada pada jalur grup yang sama maka tidak terelakkan lagi mereka bisa bertemu di final babak play-off tersebut dengan syarat mereka berhasil menang pada semifinal play off. Mari kita tunggu.

Salam bola @hensa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed