oleh

Lionel Messi Raih Ballon d’Or 2021 dan Nasib Karir Ronaldo

-Olahraga-Telah Dibaca : 121 Orang

Lionel Messi (Foto AFP).

Lionel Messi berhasil meraih Ballon d’Or tahun 2021 menyisihkan para pesaingnya seperti Cristiano Ronaldo, Robert Lewandowski, Mohamed Salah dan Jorginho.  Ketiga nama terakhir ini sebelumnya difavoritkan meraih penghargaan pemain terbaik sejagat tersebut. 

BACA JUGA : “Taktik Cerdas Carrick” Mengejutkan Chelsea di Stamford Bridge.

Selain Lionel Messi meraih penghargaan ini yang ke-7 kalinya, penghargaan Ballon d’Or Wanita 2021 diraih Alexia Putellas (Barcelona Women- Spanyol). Penerima penghargaan Yashin Trophy, kiper terbaik Dunia adalah Gianluigi Donnarumma (PSG-Italia).

Sementara itu Striker of the Years adalah Robert Lewandowski (Bayern Munchen – Polandia) dan Club of the Years diraih  Chelsea.

Setiap pengumuman penghargaan Ballon d’Or, semua orang pasti selalu membandingkan dua pemain bintang yaitu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Dua mega bintang ini memang silih berganti selalu meraih Ballon d’Or. 

Terutama bagi Ronaldo, kegagalannya meraih Ballon d’Or tahun ini begitu mengecewakannya. Pada malam penyerahan penghargaan tersebut, Ronaldo juga tidak hadir.

Dalam daftar 10 pemain terbaik yang dinominasikan meraih Ballon d’Or, Ronaldo berada pada urutan ke-6 di bawah  Robert Lewandowski (Bayern Munchen – Polandia), Jorginho (Chelsea-Italia), Karim Benzema (Real Madrid-Prancis) dan N’Golo Kante (Chelsea-Prancis).

Sosok Ronaldo sangat mengharapkan penghargaan Ballon d’Or diakhir karirnya sebagai pesepakbola ternyata penghargaan tersebut jatuh ke tangan pesaingnya yaitu La Pulga julukan familiar untuk Lionel Messi.

Melihat kiprah dalam tahun 2021 ini, tidak ada gelar yang bisa diraih oleh Ronaldo. Klub terakhir yang diperkuatnya, Juventus baru saja kehilangan gelar juara Serie A.

Demikian pula Timnas Portugal dimana Ronaldo sebagai Kapten, juga harus kehilangan gelar juara Eropa yang diraihnya tahun 2016. Timnas Italia yang berhasil meraih juara Eropa pada penghelatan terakhir ajang tersebut pada tahun 2021.

Sebuah media asal Spanyol, Marca (28/11) pernah mengunggah pernyataan Pascal Fere, pemimpin Redaksi France Football sebagai penyelenggara Ballon d’Or. 

Fere mengatakan seperti dilansir Marka tersebut : “Ronaldo hanya memiliki satu ambisi yaitu pensiun dengan lebih banyak Ballon d’Or daripada Messi dan aku tahu itu karena dia memberitahuku.”

Pernyataan ini sangat ramai dibicarakan berbagai kalangan menjelang pengumaman para peraih Ballo d’Or tahun 2021. Tentu saja hal ini membuat Ronaldo merasakan dampak yang tidak enak bagi dirinya.

Ronaldo menganggap bahwa Ferre telah berbohong, dia hanya menggunakan namanya untuk mempromosikan dirinya dan untuk mempromosikan publikasi tempat dia bekerja, France Football dan Ballon d’Or.

Selengkapnya bantahan Ronaldo tersebut seperti ditulisnya di akun Instagram miliknya, Instagram.com/cristiano (30/11) : “Hari ini saya ingin menjelaskan mengenai pernyataan Pascal Ferre minggu lalu, ketika dia menyatakan bahwa saya menceritakan kepadanya bahwa satu-satunya ambisi saya adalah menyelesaikan karier saya dengan lebih banyak Ballon d’Or daripada Lionel Messi,” tulis Ronaldo di akun miliknya tersebut.

Terlepas dari bantahan itu, fakta memang memberi gambaran bahwa Ronaldo tidak layak menerima penghargaan tersebut dilihat dari pencapaian prestasinya sepanjang musim tahun 2021 ini.

Kiprahnya ditingkat klub dan Timnas Portugal sedang anjlok. Bahkan Timnas Portugal harus mengikuti babak play off kualifikasi Piala Dunia Qatar tahun 2022.

Sementara itu karirnya bersama Manchester United saat ini sedang menjadi pembicaraan hangat. Terutama dengan kedatangan pelatih baru, Ralf Rangnick yang berstatus interim hingga akhir musim nanti.

Banyak yang berpendapat bahwa Ronaldo dibawah Rangnick akan tersisih dari skuad starting eleven mengingat filosofi sepakbola pelatih asal Jerman ini adalah “gegenpressing” yaitu menekan sepanjang pertandingan yang membutuhkan fisik prima.

Namun mantan pemain Chelsea, Demba Bamemiliki pendapat yang berbeda dengan kebanyakan pengamat. Demba Ba berpendapat seperti diutarakannya kepada Manchester Evening News, bahwa Ralf Rangnick justru akan berupaya memberdayakan seluruh potensi Ronaldo sebagai penyerang.

Melihat statistik raihan gol Ronaldo sejauh ini, penyerang asal Portugal ini berhasil mencetak 10 gol dari 16 laga di semua kompetisi bersama Manchester United musim ini. Di ajang Premier League sendiri Ronaldo sudah mencetak 4 gol.

Saat ini Ralf Rangick sudah resmi menjadi pelatih interim Manchester United setelah pihak klub mengumumkannya pada awalpekan ini. Debutnya diperkirakan berlangsung ketika Setan Merah menjamu Arsenalpada Jumat (3/12/21) dini hari WIB di Old Trafford.

Mari kita tunggu saja aksi Ronaldo bersama United di bawah asuhan pelatih barunya terutama bagi para fans Setan Merah, laga ini adalah pembuktian pertama pelatih asal Jerman tersebut.

Salam bola @hensa.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed