oleh

Ronaldo Bawa Portugal Menang atas Ghana

-Berita, Olahraga-Telah Dibaca : 116 Orang

Ronaldo membawa Portugal berhasil menang 3-2 atas Ghana dalam laga perdana mereka di grup H ajang Piala Dunia 2022. Laga berlangsung di di Stadion 974, Doha, pada Kamis (24/11) malam.

Sekaligus mencatatkan rekor sebagai pemain yang selalu mencetak gol dalam keikut sertaannya pada 5 ajang Piala Dunia. 

Laga lainnya di grup ini, Korea Selatan berhasil menahan imbang 0-0 tim asal Amerika Latin Uruguay yang juga pemegang dua kali Juara Dunia.

Pertandingan antara Portugal melawan Ghana berjalan ketat dengan skor imbang tanpa gol hingga turun minum. Portugal harus bekerja keras untuk memangkan laga tersebut.

Sebenarnya beberapa peluang Portugal terbuka pada babak pertama. Tembakan pertama Ronaldo berhasil diselamatkan penjaga gawang Ghana, Lawrence Ati-Zigi.

Begitu pula sebuah sundulan di depan gawang Ghana yang melebar. Peluang terbaik Portugal di babak pertama berhasil menjadi gol tetapi gol tersebut dianulir karena sebelumnya Cristiano melakukan pelanggaran.

Pada babak kedua tepatnya menit ke-65 sebuah hadiah penalti berhasil menjadi gol berkat tendangan Ronaldo membuat Portugal unggul. Hadiah penalti diberikan wasit gegara pelanggaran Mohammed Salisu, bek Ghana kepada Cristiano.

Gol penalti ke gawang Ghana tersebut membuat torehan gol Ronaldo secara keseluruhan dalam lima edisi Piala Dunia menjadi total delapan gol.

Rincian gol Cristiano Ronaldo selama kiprahnya dalam 5 Piala Dunia yang berbeda ini adalah masing -masing satu gol di Piala Dunia 2006, 2010, 2014. Empat gol di Piala Dunia 2018 dan saat ini satu gol di Piala Dunia 2022.

Cristiano berhasil menorehkan 8 gol. Dari 8 gol tersebut, Cristiano mencetak dua gol dari titik penalti dan 6 gol lainnya dari open play.

Sosok mega bintang asal Portugal ini juga menjadi pemain pertama yang selalu mencetak gol dalam lima Piala Dunia secara berturut-turut.

Pemain berusia 37 tahun ini unggul rekor dari Lionel Messi (Argentina), Miroslav Klose (Jerman), Pele (Brasil), dan Uwe Seeler (Jerman) yang mencetak gol hanya di empat Piala Dunia.

Dia juga menjadi pemain tertua 37 tahun yang mencetak gol di Piala Dunia setelah pemain asal Kamerun, Roger Milla yang berusia 42 tahun.

Roger Milla saat itu berhasil mencetak gol ke gawang Rusia pada ajang Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Pemain Kamerun tersebut pernah pula merumput di Liga Indonesia pada akhir karir sepak bolanya.

Sebelumnya Cristiano menjadi pemain termuda yang mencetak gol pertamanya melawan Iran pada tahun 2006 pada usia 21 tahun dan 132 hari.

Selain itu gol Ronaldo pada laga perdana Portugal ke gawang Ghana memecahkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di level timnas dengan torehan 118 gol untuk timnas Portugal.

Setelah gol penalti Cristiano tersebut, hanya 8 menit kemudian Ghana berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berkat tembakan Andrew Ayew pada menit ke-73.

Namun Portugal menambah dua gol lagi untuk keunggulan mereka menjadi 3-1 hanya dalam waktu dua menit. Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes mencatatkan dua asis luar biasa untuk dua gol tersebut.

Asis pertama, Fernandes memberikannya untuk gol Joao Felix pada menit ke-78. Dua menit kemudian giliran asisnya memudahkan Rafael Leao untuk mencetak gol ketiga Portugal pada menit ke-80.

Ghana berhasil memperkecil ketinggalan menjadi 2-3, hanya satu menit sebelum waktu normal berakhir melalui sundulan kepala pemain pengganti, Osman Bukari.

Namun Ghana tidak mampu menyamakan kedudukan hingga laga berakhir, setelah laga melalui injury time selama 5 menit.

Dengan kemenangan ini Portugal memimpin klasemen grup H dengan 3 poin mengungguli Uruguay dan Korea Selatan yang hanya mengumpulkan satu poin dari hasil imbang mereka.

Pada matchday kedua, Portugal akan menghadapi Uruguay, Selasa (29/11) pukul 02.00 WIB. Laga ini sangat krusial bagi kedua tim. Bagi Uruguay laga ini wajib menang untuk membuka peluang persaingan lolos dari fase grup.

Begitu pula bagi Portugal laga ini menjadi penentu Selecao das Quinas lolos ke fase gugur jika mereka menang atas Uruguay. Minimal Ronaldo dan kawan-kawan bermain imbang membuka peluang besar lolos dari fase grup.

Selamat untuk Cristiano dan Portugal dengan kemenangan pada laga perdana melawan Ghana.

Salam bola @hensa.

Komentar

Tinggalkan Balasan