oleh

Babak 16 Besar, Belanda Vs Amerika Serikat

-Berita, Olahraga-Telah Dibaca : 88 Orang

Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, Belanda dan Amerika Serikat mengawali laga perdana. Pertandingan mereka berlangsung di Khalifa International Stadium, Sabtu (3/12) pukul 22.00 WIB. Catat waktu tayang Live Televis Anda.

Belanda lolos ke 16 besar berkat kemenangan 2-0 atas tuan rumah Qatar, menang 2-0 atas Senegal dan bermain imbang 1-1 dengan Ekuador.

Skuad Orange berhasil meraih 7 poin untuk posisi juara grup A. Sementara pada posisi runner up adalah Senegal yang pada laga menentukan berhasil mengalahkan Ekuador.

Sebagai juara grup A, Belanda sudah ditunggu Amerika Serikat sebagai runner up grup B. Sementara Senegal akan berhadapan dengan jara grup B, Inggris.

Amerika Serikat hanya mampu meraih sebagai runner up grup B kalah bersaing dengan Inggris yang memang favorit untuk meraih juara grup B.

Dua kali bermain imbang yaitu 0-0 melawan Inggris dan 1-1 melawan Wales membuat mereka hanya memiliki 2 poin dari dua laga.

Mereka akhirnya harus meraih kemenangan dalam match day terakhir pada fase grup. Tidak main-main karena lawannya adalah Iran.

Bahkan Amerika Serikat harus berjuang dalam laga penentuan melawan Iran. Laga hidup mati tersebut akhirnya mereka raih dengan kemenangan tipis 1-0.

Malam ini laga perdana babak 16 besar mulai digelar. Bagi Belanda laga ini merupakan langkah awal yang menjadi tantangan menarik karena pada fase grup belum mendapatkan lawan yang seimbang.

Menurut para penggemar sepak bola Nasional, tim manakah yang bisa memenangkan laga ini? Hampir pasti banyak yang menjagokan Belanda.

Hal itu sangat logis karena dari catatan sejarahpun Belanda jauh lebih berprestasi di ajang Piala Dunia.

Begitu pula dalam hal materi pemain yang saat ini ada dalam skuad mereka, Belanda banyak diperkuat pemain-pemain yang merumput di Eropa.

Mencoba intip seberapa banyak peluang mereka untuk memenangkan laga. Pergerakkan hangat di seputar para pengamat yang menjagokan kedua tim yang bertadning.

Ternyata Belanda memiliki angka 45 persen meraih kemenangan sementara Amerika Serikat hanya memiliki peluang 20 persen. Sisanya sebesar 35 persen laga berakhir dengan imbang.

Jika laga berakhir imbang selama waktu normal 90 menit dan perpanjangan 2 x 30 menit, maka laga harus ditentukan pemenangnya dengan adu tendangan penalti.

Hal lain yang bisa kta lihat sebagai referensi laga ini adalah performa kedua tim selama menjalani fase grup.

Mari kita lihat seberapa bagus Belanda dan Amerika Serikat ketika mereka berkiprah di grup masing-masing.

Belanda memiliki catatan produktivitas gol yang bagus. Skuad Orange ini berhasil mencetak 5 gol dan keboblan 1 gol. Sementara Amerika Serikat mencetak 2 gol dan kebobolan 1 gol.

Jelas Belanda lebih produktif dalam mencetak gol. Ini juga bisa menjadi gambaran bagaimana para penyerang mereka yang haus gol.

Sementara pada sisi pertahanan Belanda juga memiliki catatan kebobolan hanya satu gol. Walaupun tidak clean sheet tetapi satu gol kebobolan tidak buruk dalam sistem bertahan mereka.

Amerika Serikat berusaha untuk mencapai perempat final Piala Dunia kedua mereka dalam sejarah Piala Dunia yang pernah mereka ikuti. Ini adalah tekad mereka yang tidak boleh dispelekan oleh skuad Holland.

Hanya saja catatan kurang mengesankan mengganjal Amerika Serikat ketikaberhadapan melawan tim Eropa. Satu-satunya kemenangan Amerika Serikat melawan tim Eropa di Piala Dunia yaitu melawan Portugal pada Piala Dunia 2002.

Dari total 19 pertandingan mereka dengan negara-negara yang berafiliasi dengan UEFA, mereka mengalami kekalahan 11 laga dan seri tujuh laga lainnya.

Belanda sendiri sudah sangat terbiasa dengan babak sistem gugur. Mereka telah mampu mencapai setidaknya perempat final dalam empat dari lima penampilan terakhir mereka di panggung global.

Pengalaman dan jam terbang tersebut menjadi kelebihan Belanda dalam memenangkan laga ini.

Walaupun pada faktanya pasukan Louis van Gaal ini belum benar-benar memberikan penampilan yang mengesankan dan belum teruji menghadapi laga dengan lawan yang kuat.

Sejauh ini yang kita saksikan adalah penampilan Belanda yang membosankan untuk ditonton. Manajer mereka sendiri pernah memberikan kritik kepada skuad asuhannya, jangan harap bisa meraih Piala Dunia jika mereka bermain seperti ini.

Laga awal babak 16 besar Piala Dunia 2022 kemungkinan berpihak pada tim Belanda dengan meraih kemenangan.

Namun jangan lupan bola itu tetap bundar kan? Oleh karena itu bisa saja Amerika Serikat membuat kejutan, siapa tahu.

Selamat menikmati sajian Piala Dunia 2022 di Qatar melalui televisi.

Salam bola @hensa.

Komentar

Tinggalkan Balasan