oleh
-Foto-Telah Dibaca : 115 Orang

MIMAPAN Kirimkan 2 Fasilitator dalam Pembelakalan Fasilitator ASPD-BKP di Eks. UPTD Kokap

 

Kulon Progo (MIMAPAN) – Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah Berbasis Kertas dan Pensil (ASPD-BKP) itulah istilah yang digunakan saat ini untuk kegiatan ujian akhir tahun dikelas 6. Tak luput dari Kapanewon-Kapanewon yang lainnya, Kapanewon Kokap juga mengadakan Pembekalan bagi Calon Fasilitator/ Pengawas Ruang ASPD-BKP yang diadakan Jum’at, (13 Mei 2022).

Setiap sekolah/madrasah mengadakan kegiatan ujian untuk kelulusan siswa kelas 6. Begitu juga di MI Ma’arif Plampang juga mengadakan ujian itu. Maka dari MI Ma’arif Plampang mengirimkan/menugaskan 2 guru sebagai Fasilitator ASPD-BKP yaitu ibu Indah Nurul Hidayati, S.Pd.I., M.Pd. dan ibu Dina Ramadhani untuk  mengikuti kegiatan Pembekalan Calon Fasilitator/Pengawas Ruang ASPD-BKP yg diadakan di Kapanewon Kokap.

Lestari, SH selaku Kepala MI Ma’arif Plampang mengatakan bahwa “saya menugaskan Ibu Indah Nurul Hidayati, S.Pd.I., M.Pd untuk mengikuti kegiatan pembekalan Calon Fasilitator ASPD-BKP karena sudah terbiasa menjadi pengawas pada tiap tahunnya dan pada Ibu Dina Ramadhani karena masih tergolong baru saya berharap agar beliau mendapat pengalaman baru dalam menjadi pengawas ASPD-BKP.” Imbuh Lestari.

Dalam acara pembekalan ini diawali sambutan oleh Ketua K3S, Sudarijah S.Pd. Beliau menghimbau pada para Calon Fasilitator untuk siap sepenuh hati mengikuti peraturan sesuai pada POS (Prosedur Operasional Standar) ASPD-BKP. “dimohon untuk semua calon Fasilitator ASPD-BKP membaca dan menyimak kemudian memahami dan melaksanakan apa yang ada dalam POS ASPD-BKP,”tutur Sudarijah.

Sementara itu bapak Sapardi, S.Pd., M.Pd selaku Pengawas SD/MI Kapanewon Kokap mengawali dengan memberikan pencerahan tentang hikmah yang bisa diambil selama menunaikan ibadah puasa pada bulan Ramadhan yaitu sifat kejujuran dan kedisiplinan. Juga mengucapakan selamat Hari Raya Idulfitri 1443 H, mohon maaf lahir dan batin”. Dan dalam pembekalan kali ini beliau mengatakan bahwa “pelaksanaan ASPD-BKP hampir sama dengan ASPD tahun sebelumnya, yang beda adalah peraturannya dan adanya penambahan istilah BKP (Berstandar Kertas dan Pensil) untuk ASPD yang tahun ini. “ASPD-BKP sumber utama dari Pos ASPD-BKP DIY”. Imbuhnya.

Sedangkan Jadwal ASPD-BKP untuk jenjang SD/MI untuk Kapanewon Kokap akan dilaksanakan mulai hari Senin – Rabu (23-25/5/2022) untuk ASPD-BKP Utama dan hari Senin – Selasa dan Kamis (30-31/5/2022 dan 2/6/2022) untuk  ASPD-BKP Susulan. Dan untuk pelaksanaan ujian ini dalam 1 (satu) hari 1 (satu) mata pelajaran dengan  mata pelajaran yang diujikan diantaranya Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Dan ujian ASPD-BKP ini juga tetap memakai LJK (Lembar Jawab Komputer) atau berstandar komputer.

Dalam pembekalan Calon Fasilitator ASPD-BKP bapak Jais, S.Pd selaku sekretaris TIMKO menambahkan bahwa “untuk setiap ruang, fasilitator akan menerima 1 amplop yang berisikan Lembar Soal, LJK, L1 (daftar hadir), Berita Acara, Fakta Integritas, Tata Tertib baik bagi Fasilitator maupun Peserta ASPD-BKP dan juga Label Amplop Pengembalian.” tutur Jais.

Pelaksanaan ASPD-BKP tahun ini tetap mengacu pada Protokol Kesehatan sebagaimana anjuran dari pemerintah, baik dari panitia, peserta didik maupun Fasilitator/Pengawas Ruang. Yaitu dengan mencuci tangan, pakai masker dan jaga jarak, tak ketinggalan juga cek suhu badan. Dengan pembatasan setiap ruang ujian maksimal diisi 20 siswa pada ruang kelas yang sesuai dengan standar dengan setiap 1 meja untuk 1 siswa. (Inh)

Komentar

Tinggalkan Balasan