Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain

Mengembangkan Sikap Tidak Semena-Mena Terhadap Orang Lain

 

Hallo teman-teman disini saya akan memberitahu atau menceritakan gimana caranya untuk Mengembangkan SikapTidak Semena-Mena Terhadap Orang Lain. Saya menceritakan ini berdasarkan isi dari butir-butir Pancasila. Pancasila adalah sebagai Dasar Negara ini tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun  1945.

Dan ini saya menceritakan di Sila ke-2 yaitu Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Didalam isi sila ke-2 terdapat banyak butir-butir Pancasila yang termasuk Mengembangkan SikapTidak Semena-Mena Terhadap Orang Lain. Sikap tidak semena-mena terhadap orang lain memang harus dikembangkan. Karena pada zaman sekarang orang-orang terlalu banyak yang semena-mena dan ingin merasa paling benar.

Saat ini memang sikap menghargai orang lain sangatlah rendah. Terlebih orang-orang saat ini ingin sekali dihargai tapi dia tidak mau menghargai orang lain. Karena kurangnya sikap menghargai orang lain, jadi orang suka semena-mena dengan orang lain.

Sikap tersebut memang harus benar-benar dikembangkan di Masyarat. Terlebih didalam lingkungan sekolah masih ada yang suka semena-mena terhadap temannya. Biasanya dilingkungan sekolah masih banyak yang suka membuli satu sama lain. Pelaku bullying biasanya tidak melihat latar belakang,bagaimana rupanya dan berapa usianya. Banyak pelaku bullying yang merasa bahwa tindakannya nggak memiliki konsekuensi negatif yang begitu signifikan. Padahal, bagi yang pernah jadi target bully, dampaknya benar-benar terasa. Meski pelaku nggak sengaja nge-bully atau niatnya cuma bercanda.

Efek dari bullying ini sangat berpengaruh bagi  korban, contohnya anak sekolah tidak mau masuk sekolah karena sering dibully ia merasa tidak memiliki teman. Dari sini kita harus benar-benar memberi pengetahuan tentang tidak semena-mena terhadap orang lain ke anak-anak sekolah. Karena sikap tersebut sangat berpengaruh buruk. Agar anak-anak bisa menghargai orang lain dan bisa saling menyayangi satu sama lain.

Selain bullying sikap semena-mena itu masih banyak dikalangan masyarakat. Seperti tidak menghargai pendapat orang lain, Contohnya ketika kita menjadi seorang atasan, walaupun kita memiliki jabatan yang lebih tinggi, kita tidak boleh menginjak injak bawahan kita mungkin dengan hinaan, atau tindakan yang kurang ber peri kemanusiaan.

Dengan ini cara mengambangkan perilaku tidak semena-mena terhadap orang lain adalah sebagai berikut:

  • Menghargai pendapat orang lain
  • Saling menghargai orang lain
  • Tidak membeda-bedakan satu sama lain
  • Mengahargai bila ada orang lain sedang berbicara
  • Rendah hati
  • Lebih bijak sana

 

Tinggalkan Balasan