oleh

Ide Menulis Banyak di Sekitar Kita Lho…😉

-Terbaru-Telah Dibaca : 1.794 Orang

Ide Menulis Banyak di Sekitar Kita Lho…😉

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Kuliah menulis online pertemuan ke-20 di Rabu malam 25 Agustus telah tiba, alhamdulillah rezeki menuntut ilmu yang tak terhingga nilainya. Semangaat 💪💪
Manusia berencana, Allah yang berkehendak,
Pemateri yang telah dijadwalkan dari jauh hari untuk membekali kami ilmu, ternyata tak bisa hadir karena mengalami kecelakaan. Dan pemateri malam ini digantikan oleh ayah kami, guru besar kami pak Wijaya Kusumah, M.Pd. yang biasa kami sapa Om Jay.

Mari kenali beliau lebih jauh teman..🤗😉 👇
https://wijayalabs.com/about

Di awal kelas Om Jay memberi kami tantangan menulis cepat dalam waktu lima menit saja. Sumber kami menulis adalah foto beliau.

Ketika membaca tantangan beliau, saya sempat bingung apa yang saya akan tulis tentang beliau kala menatap foto beliau. Tapi…bismillah saya mulai menulis dan biarkan tulisan mengalir sesuai apa yang ada di fikiran saya. Dan tara….

Saya dapat mengalahkan Writer’s Block saya yang sempat muncul beberapa detik saja.

Beliau pak Wijaya Kusumah, M.Pd. biasa disapa om Jay
Saya pertama mengenalnya di kelas menulis bersama PGRI
Orangnya hangat, ceria dan mengispirasi semua guru guru hebat se Indoneaia untuk mencintai literasi utamanya menulis
Sejak kenal beliau saya jadi smakin suka, cinta bahkan candu menulis
Terima kasih guruku, kau inspirasiku 🙏🤩😍😍

Lalu beliau membagikan kami video, dan meminta kami menontonnya. Di video tersebut om Jay bernyanyi lagu ‘Belajar di waktu kecil.’
Selanjutnya, tantangan kami kedua dari beliau adalah menulis dengan sumber ide video tersebut.
Dan saya berhasil menulis lagih, walaupun tulisan sederhana jauh dari sempurna.
Tara..

🌺Belajar🌺
*Belajar di waktu Kecil bagai mengukir di atas batu*
Belajar saat kita kecil semua yang diajarkan akan lebih cepat/ mudah terekam. Dan berbekas.
*Belajar setelah dewasa bagai mengukir di atas air*
Namun belajar ketika usia dewasa akan lebih lambat proses terekam/terserapnya ilmu karena faktor usia
🙏🙏

Dari dua tantangan yang beliau berikan buat kami, dapat disimpulkan bahwa ide menulis kita bisa didapat dari foto atau video. Selaras dengan tema yang diberikan buat kami malam ini yaitu “Dari Mana Ide Menulis Datang?”
Selain dari foto dan video, sumber ide menulis bisa juga datang dari audio (podcast). Kita menjadikan telinga sebagai media menangkap ide untuk menulis.
Selanjutnua seperti yang beliau paparkan lewat audionya, kita dapat mendapatkan ide menulis dari hal-hal biasa saja, hal yang ringan, hal yang kurang penting menjadi penting.
Itulah gaya beliau menulis. Dan patut kita petik ilmunya, tiru dan praktikkan. Dan audio diahiri denagn mantra jitu beliau yang slalu pesankan buat kami “Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi.”

Rangkuman Tanya Jawab:
📌Trik berguru untuk penulis pemula ala Om Jay “Berguru kepada semua orang. Kita semua adalah guru. Kita harus belajar menjadi guru untuk diri sendiri dan berkumpul dengan orang-orang yang Sholeh dan sholekhah”.
📌Komitmen menulis, menulis jadikan kebutuhan. Tuliskan apa yang sedang kita kerjakan. Ketika ada kesempatan menulislah, jangan ditunda.
📌 Menulis bisa dilakukan dengan berkolaborasi dengan teman sejawat. Dengan menulis bersama banyak masukan datang dan banyak ilmu saling melengkapi. Kalau kita merasa sudah sanggup sendiri, menulislah sendiri.
📌Trik atasi writer’s Block ala Om Jay, berdo’a kepada Allah meminta dimudahkan/dilancarkan segala urusan. Mudahkan urusan orang lain, maka urusan kita akan dimudahkan pula. Jalan-jalan keliling rumah dan berkebun bisa dijadikan kegiatan asik dalam atasi WB juga. Termasuk Blog Walking, dan banyak membaca,
📌Belajar bagi seorang penulis penting terus menerus dilakukan, meski kita telah menjadi penulis terkenal.
📌Penulis itu penjual kata. Permainan kata dimulai ketika orang banyak membaca. Perbendaharaan kata akan terus bertambah dalam memori otak kita. Itulah mengapa ide-ide yg terputus selalu bisa tersambung kan. Ibarat dokter yang menyembuhkan pasien. Dokter akan tahu obatnya setelah tahu penyakitnya. Begitu juga dengan penulis sebagai penjual kata. Akan selalu ada jalan menemukan kata yang saling sambung menyambung seperti kereta api yang siap mengantar penumpang sampai tujuannya.
📌Dalam berkarya, utamakan semangat. Kreativitas dan imajinasi bisa muncul dari peralatan yg sangat sederhana. Gunakan teknologi yang ada.
📌Merencanakan pembelajaran ala Om Jay https://wijayalabs.com

Alhamdulillaahirabbil ‘aalamiin

 

 

Ciamis, 11 Februari 2022

LY

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

2 komentar