oleh

Fleksibel

-Terbaru-Telah Dibaca : 16 Orang

Fleksibel

 

Fleksibel

Lusia Wijiatun

Fleksibel, adalah kata yang sering kita dengar. Hampir setiap orang pernah mengatakan hal yang satu ini. Misalnya, lakukan dengan fleksibel atau mbok ya yang fleksibel saja. Ada juga yang sering bilang, yang fleksibel sajalah biar banyak yang bisa melakukannya. Seperti gambar yang tampak di atas tulisan ini, adalah salah satu bentuk kegiatan yang fleksibel. Diskusi yang yang dilakukan sebelum masuk ke kelas cukup santai namun penuh makna.

Apa pengertian dari fleksibel itu sebenarnya?

Dalam Kamus Bahasa Indonesia Fleksibel mempunyai arti lentur,mudah dibengkokkan, luwes,mudah dan cepat menyesuaikan diri.

Fleksibel juga mempunyai arti Mudah diatur dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan di manapun berada. Dikatakan luwes misalnya dalam hal berpakaian artinya pas sesuai dengan mode atau sesuai dan kontras, sehingga terlihat menarik.

Sebagai guru, haruslah memiliki sikap yang fleksibel, artinya dapat menyesuaikan dengan situasi yang ada.Dalam keadaan apapun, contohnya saat ini di masa pandemi ini, kita dapat melakukan kegiatan belajar mengajar dengan baik. Siapa menyangka bahwa kegiatan pembelajaran daring yang terjadi saat ini begitu panjang sampai belum tahu batas waktu yang ditentukan. Semoga saja dengan adanya vaksin yang sudah dilaksanakan akan mengubah sitem pembelajaran daring menjadi luring kembali. Seperti yang sangat diharapkan oleh masyarakat pada umumnya.

Guru juga merupakan anggota masyarakat biasa, dalam hal ini fleksibel juga sangat penting. Orang yang fleksibel maka akan mudah menyesuaikan diri dimanapun berada. Mudah bergaul, mudah mendapat teman, dapat menanggapi atau dapat merespon dengan apa yang dibicarakan. Sehingga tanpa terasa teman baru pun seolah seperti sudah kenal lama.

Orang yang fleksibel biasanya dalam berpikir juga fleksibel artinya bahwa dapat berpikir kreatif, dan mudah dimengerti. Gaya bicaranyapun tidak mengada-ada,sesuai dengan kebutuhan. Banyak yang membutuhkan teman yang fleksibel, yang mau mendengarkan dan sering memberikan solusi meskipun secara sederhana.

Mengutip dari ind,times.com.cdn.amproject.org ada kelebihan lain jadi orang yang fleksibel yaitu:

1.Gak kesulitan berada di tempat yang baru,

2. Gak gampang panik saat berada di situasi yang belum pernah dihadapi sekalipun,

3.Memiliki banyak pengalaman di berbagai bidang,

4.Selalu mampu menempatkan diri dengan baik,

5.Cepat belajar dari lingkungan sekitar dan banyak relasi.

Demikian semoga bermanfaat.Mari kita mencoba menjadi orang yang fleksibel.

 

Salam Literasi

Salam Sehat dan bahagia.

6 April 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed