oleh

OASE RAMADHAN HARI KE 2 : Memperbanyak Niat Baik Di Bulan Ramadhan

-Humaniora, Islam-Telah Dibaca : 64 Orang

Niat secara bahasa berasal dari kata Nawaa, Yanwi dan Niyyatan yang artinya maksud atau tujuan. Akan tetapi secara istilah, kalangan ulama berbeda pendapat. Ulama malikiyah memaknai niat dengan “Hiya Qashdul Insani Bi Qalbihi Maa Yuriiduhu Bi Fi’lihi” bahwa niat adalah tujuan yang dinginkan oleh hati manusia melalui perbuatannya (Imam Al Qarafi Al Maliki). Sedangkan kalangan ulama Syafiiyah memaknai dengan “Qashdusyaii Muktarinan Bi Fi’lihi” niat adalah tujuan untuk melakukan suatu perbuatan bersamaan dengan perbuatan tersebut (Imam Al Jamal).
Niat merupakan kunci dari semua amal ibadah, jika ibadah yang dilakukan tidak disertai dengan niat maka ibadah tersebut menjadi tidak sah. Sebagaimana dijelaskan oleh hadist yang diriwatkan oleh Imam Bukhari Radiyallahuanhu yang artinya “sesungguhnya setiap amal itu disertai dengan niat, dan setiap orang mendapatkan balasan sesuai dengan niatnya”.
Kedudukan niat sangatlah penting dalam setiap amal manusia, oleh karena itu di bulan Suci Ramadhan mari kita berusaha memperbanyak niat untuk melakukan suatu kebaikan.
Lalu niat apa saja yang bisa kita lakukan ?
Inilah beberapa niat yang diajarkan oleh Al – Habib Abu Bakar Al – Adni Al – Masyhur yang dapat kita lakukan selama bulan suci Ramadhan antara lain :
1. Kami niat sebagaimana niat Nabi SAW dan para salafushalih dari para ahlulbait nabi yang mulia dan para sahabat yang agung.
2. Kami niat melaksanakan puasa dengan sesempurna mungkin yang membuat ridho raja semesta alam Allah SWT.
3. Kami niat menjaga sholat tarawih dan menjaga angota badan dari segala maksiat dan dosa.
4. Kami niat rutin membaca alqur’an dan banyak berdzikir serta sholawat pada Nabi Muhammad pemimpin manusia dan menjauhi ghibah, adu domba, berdusta dan segala hal yang menyebabkan perkara yang haram dan dosa.
5. Kami niat banyak bersodaqoh dan menyantuni para janda janda, orang – orang fakir dan anak anak yatim.
6. Kami niat menjaga dengan sebaik baiknya akhlak – akhlak yang di ajarkan dalam agama islam serta menjaga sholat jama’ah tepat pada waktunya dengan sempurna.
7. Kami niat dengan semua niat niat baik yang telah di niatkan para sholihin di 10 pertama, 10 kedua serta 10 terakhir dan malam lailatul qodar juga di setiap malam dan harinya.
Berniat untuk melakukan satu kebaikan, Allah akan membalasnya dengan satu kebaikan yang sempurna. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang artinya “Barangsiapa berniat untuk melakukan kebaikan lalu tidak jadi melakukannya maka Allah mencatatNya dengan satu kebaikan sempurna, dan jika ia berniat untuk melakukannya kemudiaan melakukannya maka Allah mencatatnya sepuluh kebaikan sampai tujuh puluh kali lipat”.
Akhirnya mudah mudahan kita semua dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh keikhlasan dan kesabaran agar kita mendapat predikat taqwa. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Semoga Puasa Kita Diterima Oleh Allah SWT
Sehat & Semangat Selalu……….

Tentang Penulis: M.Hamidi

Avatar
Pekerja Sosial, Pelaku Pemberdayaan Masyarakat, Praktisi Pendidikan

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed