oleh

Oase Ramadan Hari Ke 19 “Syukur Dan Sabar, Sikap Seorang Muslim Pada Peringatan Hardiknas Di Masa Pandemi”

-Humaniora, Islam, Ramadhan-Telah Dibaca : 50 Orang

Hari Ahad 2 Mei 2021 bertepatan dengan 20 Ramadhan 1442 H adalah Hari Pendidikan Nasianal Republik Indonesia. Dalam setiap tahunnya Hardiknas selalu di meriahkan dengan berbagai perlombaan dalam rangka meningkatkan prestasi belajar bagi semua peserta didik mulai dari tingkat Taman Kanak Kanak hingga Perguruan Tinggi.

Namun, Hardiknas tahun ini tidak seperti dua tahun yang lalu, karena peringatan dan perayaanya, dilaksanakan dalam situasi pandemi covid 19. Upacara yang biasa dilakukan secara tatap muka, sekarang tidak dapat dilakukan.

Sesuai dengan Surat Edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Nomor : 27664/MPK.A/TU.02.03/2021 tanggal 26 April 2021. Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional dapat dilakukan secara tatap muka bagi daerah atau wilayah dengan zona hijau atau zone kuning.

Umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah puasa, dan akan memasuki sepuluh hari terakhir yaitu sepuluh hari dibebaskanya dari api neraka, supaya berusaha bersungguh sungguh meningkatkan amal kebaikannya.

Syukur dan Sabar, merupakan salah satu cara dalam menyikapi situasi peringatan Hardiknas di tengah pandemi covid 19. Syukur adalah kewajiban seorang muslim atas segala nikmat dan anugerah Allah yang telah dilimpahkan kepadanya.

Situasi pandemi covid 19 yang masih melanda negara kita, telah banyak memberikan pelajaran dan hikmah bagi manusia. Kebiasaan baru dalam berbagai aspek kehidupan merupakan anugerah yang patut disyukuri. Sebab dalam kondisi seperti ini, Allah masih memberikan kesehatan, kesempatan dan kemauan, sehingga kita bisa meperingati Hari Pendidikan Nasional.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan setiap tanggal 2 Mei, merupakan bentuk terima kasih kita terhadap jasa para pahlawan pendidikan bangsa ini, karena telah meletakkan pendidikan sebagai pilar utama dalam memajukan negara.

Selain mengenang jasa bapak bapak pendidikan bangsa, peringatan Hari Pendidikan Nasional adalah wujud rasa syukur kepada Allah. Sebab, dengan bersyukur kepada Allah, sesungguhnya kita telah bersyukur terhadap diri sendiri.

Sebagaimana Firman Allah yang artinya “Barang siapa yang bersyukur kepada Allah, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri, Dan barang siapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya dan Maha Terpuji”. (QS.Lukman : 12).

Selalu memuji keagungan dan kebesaran Allah, adalah bentuk syukur kita atas segala anugerah yang diberikan kepada kita secara terus menerus tanpa putus mulai dari bangun tidur hingga bangun lagi. Karena sesungguhnya kasih sayang Allah jauh lebih besar daripada murkaNya.

Jika kita bersyukur atas nikmat Allah, maka Allah akan menambah nikmatnya, sebaliknya jika kita ingkar terhadap nikmat Allah, maka sesungguhnya siksa Allah sangat pedih.

Selain Syukur, Sabar adalah sikap yang sangat terpuji di sisi Allah. Karena sesungguhnya Allah bersama orang orang yang sabar ( Innallaha Maashabiriin ).
Ulama membagi sabar menjadi tiga bagian yaitu, sabar dalam ketaatan, sabar dari perbuatan maksiat dan sabar atas ketentuan dan ketetapan Allah (Takdir Allah).

Memperingati Hari Pendidikan Nasional dalam keadaan berpuasa dan situasi pandemi seperti sekarang. Tiga bagian sabar tersebut didapatkan oleh orang yang sedang melaksanakan puasa.

Imam Ibnu Rajab Al Hambali mengatakan bahwa “ Bentuk kesabaran yang paling utama adalah puasa”. Karena puasa menggabungkan tiga kesabaran tersebut, kesabaran taat menjalankan perintah Allah untuk berpuasa, sabar meninggalkan maksiat dengan menahan nafsu syahwat, sementara jiwanya selalu cenderung kearah sana, dan sabar terhadap ketetapan Allah yang menentukan bulan Ramadhan untuk berpuasa selama sebulan penuh, menahan rasa lapar dan haus mulai dari terbit fajar hingga Magrib tiba.

Firman Allah dalam Surat Az Zumar menjelaskan bahwa “Sesungguhnya hanya orang orang yang bersabarlah, yang cukupkan pahala mereka tanpa batas”.
Maka barang siapa yang dapat merealisasikan puasa sebagaimana yang di syariatkan oleh Allah maka baginya pahalah yang sangat besar, lebih lebih pada situasi pandemi seperti sekarang.

Semoga Bermanfaat….
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Semoga Puasa Kita Diterima Oleh Allah SWT
Aamiin Ya Rabbal’alamiin

Tentang Penulis: M.Hamidi

Avatar
Pekerja Sosial, Pelaku Pemberdayaan Masyarakat, Praktisi Pendidikan

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed