oleh

Oase Ramadan Hari Ke 21 “Saat Yang Tepat Untuk Berdo’a Ketika Sholat”

-Humaniora, Ramadhan, Terbaru-Telah Dibaca : 30 Orang


Sholat adalah tiang agama, sholat adalah perisai diri dari kemaksiatan, sholat adalah amalan paling utama bagi setiap muslim. Jika sholat seseorang baik maka amalan yang lainnya menjadi baik.

Sholat yang dimulai dari takbiratul ihram dan di akhiri dengan salam merupakan perkataan dan perbuatan yang wajib dikerjakan, jika salah satu diantara rukun sholat ditinggalkan dengan sengaja, maka sholat seseorang menjadi batal.

Selain fardhu ‘ain bagi setiap muslim dan muslimat, sholat merupakan mikrajnya orang yang beriman. Karena itu, dalam sholat segala kebutuhan dan persoalan, hendaknya kita mohonkan dan kita adukan kepada Allah agar dimudahkan dan dilapangkan segala keperluan.

Menurut Ust. Adi Hidayat yang disampaikan di channel Youtube Al Muwattha, ada empat waktu yang doa seseorang pasti dikabulkan oleh Allah ketika di mohonkan pada saat mengerjakan sholat.

Yang pertama, ketika sedang berdiri saat membaca Surat Al Fatehah. Kedua ketika rukuk, ketiga ketika sujud dan yang keempat sesaat sebelum salam atau setelah tasysyahud akhir.

Do’a yang dimohonkan saat berdiri bersamaan dengan bacaan “Iyyakanakbudu Waiyyakanasta’in”. Doa pada waktu ini tidak boleh diucapkan dengan lisan melainkan cukup didalam hati. Sedangkan do’a yang boleh dibaca ketika masih berdiri adalah selepas membaca Surat Al Fatehah. Untuk itu, setelah membaca fatehah dianjurkan untuk membaca ayat ayat Al Qur’an yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan yang paling kita harapkan. Demikian juga ketika rukuk, sujud, maupun sesaat sebelum salam.

Sabar dan sholat adalah kunci dikabulkannya segala do’a, sebagaimana yang dijelaskan Ust. Adi Hidayat bahwa dalilnya dapat dilihat pada surat Al Baqarah “Dan mohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat. Dan sholat itu sungguh berat kecuali bagi orang orang yang khusyuk. Yaitu mereka yang yakin bahwa mereka akan menemui tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepadanya”.(QS. Al Baqarah 45 -46).

Sembilan hari lagi kesempatan untuk memperbaiki diri, meningkatkan amal sholeh, menyempurnakan ibadah sholat, memperbanyak zikir dengan selalu berdoa baik di waktu sempit maupun diwaktu luang. Semoga puasa kita diterima Allah SWT, disampaikan kita sampai penghujungnya hingga kita bertemua dengan bulan ramadhan yang akan datang, serta mendapatkan gelar orang yang bertaqwa.

Semoga Bermanfaat….
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Semoga Puasa Kita Diterima Oleh Allah SWT
Aamiin Ya Rabbal’alamiin

Tentang Penulis: M.Hamidi

Avatar
Pekerja Sosial, Pelaku Pemberdayaan Masyarakat, Praktisi Pendidikan

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed