oleh

Rindu Baitullah, Umrah Mulai dibuka

-Islam, Wisata, YPTD-Telah Dibaca : 369 Orang

RINDU BAITULLAH , UMRAH KEMBALI DIBUKA

Februari 2020 semua kita terhentak dengan menyebarnya virus Corona ke semua belahan dunia termasuk negeri kita. Seluruh aktuvitas yang biasa kita lakukan dengan ofline, tiba-tuba harus berganti dengan online.

Beberapa sektor terhenti, terutama sektor pariwisata. Termasuk didalamnya kegiatan Umrah, per 27 Feb 2020 Kerajaan Saudi Arabia menunda pelaksanaan Umrah untuk seluruh dunia.

Sempat dibuka pada saat pandemi mengganas yaitu akhir 2020 sampai awal 2021. Kami bersama Jamaah Umrah Sahara Kafila sempat merasakan Umrah Pandemi. Umrah yang penuh kesan dan mengharukan, setelah beberapa bulan Ka’bah sangat sepi dari thawaf kaum muslimin. Tidak semua travel mendapat kesempatan ini dan Sahara Kafila dipilih Allah SWT untuk memberangkatkan Jamaah umrahnya.

Di Raudho saat Umrah Pandemi

Ditahun 2022 ini, setelah beberapa kali mengalami penundaan. Dari rencana tgl 2 Des, mundur ke tgl 22 Des. Dan akhirnya di tgl 23 Des Kemenag mengizinkan 25 orang yang termasuk sebagai tim Advance Asosiasi berangkat menuju Jeddah untuk uji sistem keberangkatan Umrah. Disusul kembali tgl 30 Des, teman-teman dari salah satu Asosiasi memberangkatkan 84 pimpinan travel dan Al-hamdulillah dua keberangkatan ini berjalan dengan lancar.

Atas dasar keberangkatan pertama dan desakan berbagai pihak , akhirnya Kemenag via Dirjen PHU mengizinkan keberangkatan Jamaah Umrah per Tgl 8 Januari kemaren.

Untuk bisa berangkat Umrah , Jamaah selain harus melengkapi Dokumen keberangkatan seperti biasa, Paspor dan kartu meningitis. Pada Umrah New Normal ini diwajibkan menyertakan bukti Vaksin  untuk bisa mendapatkan Visa dan melakukan PCR sebelum keberangkatan serta Karantina sehari. Empat keberangkatan pertama wajib berkarantina di Asrama Haji sebagai tempat screning kesehatan jamaah.

 

Biaya yang dikeluarkan oleh Jamaah Umrah di Umrah New Normal inipun mengalami pembengkakan dikarenakan wajib karantina baik di KSA dan Indonesia, perkiraan Biaya Karantina di 2 negara ini min. Sepuluh jutaan. Untuk biaya umrah sendiri sebenarnya kenaikannya tidak terlalu signifikan, untuk bintang 4 dengan kamar double/berdua seharga 23.500.000 saja.

Bagi para Calon Jamaah yang akan berumrah pastikan anda telah divaksin dan kondisi yang prima, sehari sebelum keberangkatan. Dan tentunya pilihlah Travel yang bertanggungjawab atas keberangkatan bapak. Ibu calon jamaah umrah.

Untuk  kenyamanan melakukan ritual ibadah, berdasarkan pengalaman kami pada saat umrah pandemi , umrah new normal inj lebih teratur dan dilayani oleh Muasasah dengan maksimal. Dan selalu memperhatikan Protokol Kesehatan tingkat tinggi dan tidak ada tawar menawar untuk sebuah pelanggaran prokes.

Semoga kerinduaan kita ke Baitullah terlampiaskan dan perjalanan Umrah terus berjalan. Ya Robb kami rindu, panggillah kami menuju rumahMu.

HM.Lutfi Abd Rahman

Pelayan Tamu Allah

Serial Haji dan Umrah

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

2 komentar

  1. Terima kasih informasi tentang Ibadah Umroh Ustazd Lutfi. Sangat bermanfaat bagi jamaah yang ingin Umrioh dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan. Semoga kita bisa segera ke Baitullah tahun 2022. Aamiin
    Salam Literasi