oleh

Rapat Persiapan MTQ di Seberang Laut

-Literasi, Sosbud-Telah Dibaca : 107 Orang

TINGGAL di Ibu Kota Kabupaten, Tanjungbalai Karimun karena kantor-kantor berada di Tanjungbalai. Tentu saja begitu seharusnya. Bupati, Wakil Bupati dan para pejabat Pemda Kabupaten pada umumnya berada di sini, di Pulau Karimun. Pulau tempat berada Ibu Kota Kabupaten. Benar, ada juga beberapa pejabat kabupaten bermastautin di seberang pulau ini. Mungkin sementara waktu atau betah berulang setiap hari atau setiap pekan sesuai keinginan.

Sebagai kabupaten dengan banyak pulau-pulau, tidak heran ada pejabat kabupaten berumah di pulau seberang. Di luar pulau lokasi Ibu Kota Pejabat. Dari 12 kecamatan yang ada se-Kabupaten Karimun, hanya empat kecamatan yang berada di satu pulau, Pulau Karimun, tempat Ibu Kota Kabupaten berada ini. Lainnya berada di beberapa pulau lain seperti di Pulau Kundur, Moro, Durai, Ungar, Buru dan pulau lainnya.

Sebagai Ibu Kota Kabupaten, tentu saja kantor-kantor pejabat dan kantor-kantor lain setingkat kabupaten berada di pulau lokasi Ibu Kota Kabupaten ini. Tidak hanya Kantor Bupati, Kantor DPRD, Kejaksaan, Kemenag, Polres dan Kodim serta Kantor-kantor Dinas Kabupaten, bahkan kantor organisasi mitra Pemerintah seumpama Kantor IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia), MUI (Majelis Ulama Indonesia), FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) dan lain-lainnya juga berada di Pulau Karimun.

Salah satu lembaga tingkat kabupaten, itu juga LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran) Kabupaten Karimun yang setiap tahun membantu Pemerintah melaksanakan MTQ/ STQ (Musabaqoh Tilawatil Quran/ Seleksi Tilawatil Quran) Tingkat Kabupaten. Tahun 2021 ini juga sudah akan dilaksanakan kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Karimun.

Tahun ini, ada hajatan MTQ tingkat kabupaten akan dihelat di Pulau Kundur, sebagai tuan rumah yang diputuskan dalam Raker LPTQ tahun lalu. MTQ-nya akan dilaksanakan di Kompleks Islamic Center, Kundur di Tanjungbatu sebagai lokasi astaka utama. Sementara lokasi lomba untuk beberapa cabang akan dilaksanakan di tempat lainya.

Rapat-rapat persiapan yang biasanya dilaksanakan di Karimun, kini lebih sering dilaksanakan di Tanjungbatu, Kundur. Tujuannya, selain meninjau lokasi MTQ juga untuk bisa langsung melibatkan panitia pelaksana setempat. Lazimnya, setiap MTQ Tingkat Kabupaten akan melibatkan masyarakat setempat sebagai lokasi tuan rumah MTQ menajdi penitia pelaksana. Orang-orang kabupaten lebih banyak di panitia pengarah saja.

Senin (08/03/2021) ini kembali dilaksanakan rapat MTQ Kabupaten Karimun. Seperti biasa, rapat-rapat panitia kabupaten dipimpin langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) selaku Ketua Umum LPTQ Kabupaten Karimun. Maka berangkatlah rombongan Wabup ke Pulau Seberang untuk melaksanakan rapat persiapan yang kegiatan MTQ-nya akan dilaksanakan pada 15 Maret nanti. Jarak tempuh laut yang memerlukan waktu hampir satu jam, tidak perlu menjadi kendala. Begitulah adanya. Beberapa kali rapat persiapan MTQ tahun 2021 ini dilaksanakan di Tanjungbatu. Di atas semua kesulitannya, diharapkan pelaksanaan MTQ nanti berjalan dengan baik dan lancar.***

Juga di: https://mrasyidnur.blogspot.com/2021/03/rapat…

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed