oleh

Selamat Datang Satu Ramadhan 1442

-Humaniora, Literasi, YPTD-Telah Dibaca : 70 Orang

HASIL Sidang Itsbat untuk menentukan awal Ramadhan 2021 (1442) yang dilaksanakan pada hari ini, Senin (12/04/2021) sore, sudah diumumkan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Keputusan hasil Sidang Itsbat hari ini menyatakan bahwa tanggal 1 (Satu) Ramadhan jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021 besok. Artinya hari pertama puasa Ramadhan 2021 atau 1442 H akan dilaksanakan pada hari Selasa (13/04/2021) besok. Seluruh keluarga YPTD dan member www.terbitkanbukugratis.id milik YPTD tentu saja mengucapkan ‘Selamnat Datang Satu Ramadhan 1442 H. Pengumuman datangnya satu Ramadhan, sudah sama-sama kita dengar senja ini dan akan kita patuhi sebagaimana isi pengumuman itu mulai saat ini, besok dan seterusnya.

Hasil sidang itsbat, dijelaskan oleh Pak Menteri, itu berdasarkan hasil rukyatul hilal (pemantauan pada penampakan bulan sabit pertama tanda berawalnya Ramadhan 1442 H) yang dilaksanakan di 88 lokasi di seluruh Indonesia. Pemantauan awal bulan atau rukyatul hilal yang digelar di berbagai titik di 34 provinsi pada Senin sore menunjukkan tinggi hilal sudah berada di atas ufuk. Adapun hilal hari ini berada pada ketinggian di antara 2 derajat 37 menit 02 detik dan 3 derajat 37 menit 57 detik, atau 2,6 derajat sampai dengan 3,6 derajat. Itu penjelasan tambahan sebagai dasar pengumuman.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan keputusan sidang itsbat pada hari ini menegaskan bahwa awal puasa Ramadhan tahun ini jatuh pada tanggal 13 April 2021 (hari Selasa). “Tanpa ada perbedaan, kami bersepakat menetapkan Satu Ramadhan 1442 H jatuh pada tanggal 13 April 2021.” Begitulah penjelasan Pak Yaqut dalam konferensi pers online pada Senin malam (12/4/2021) ini.

Bagi kita umat Islam, pengumuman ini adalah penegasan terakhir dari info-info tentang awal Ramadhan sebelumnya yang memang sudah menyebut hari pertama kita berpuasa adalah hari Selasa besok. Sebelum pengumuman ini kita membaca bahwa Satu Ramahdan 1442 akan jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Tapi itu berdasarkan perhitungan hisab yang sudah beredar di kalender. Dan seperti biasa, pengumuman Pemerintah pada malam menjelang puasa itulah yang resmi dan dijadikan dasar oleh kita semua sebagai Bangsa Indonesia untuk melakukan puasa sebagai keputusan Pemerintah.

Dengan pengumuman hasil sidang itsbat, ini maka resmilah satu Ramadhan 1442 akan jatuh pada Selasa, 13 April 2021 besok. Mengikuti kalender hijriyah, bermakna pula terhitung magrib Senin (12/04/2021) ini sudah berawal satu Ramadhan 1442. Awal bulan hijriyah dihitung sejak tenggelamnya matahari di hari terakhir bulan berjalan. Artinya terhitung magrib Senin ini kita sudah berada di bulan Ramadhan karena telah berakhirnya bulan Sya’ban. Selamat datang Satu Ramadhan 1442, selamat kita membersamainya dengan memperbanyak ibadah. Dan karena kita amsih dalam suasana covid-19 maka segala ketentuan protokoler kesehatan yang sudah diatur Pemerintah haruslah kita laksanakan. Keluarga dan member YPTD adalah bagian dari kita semua sebagai Bangsa Indonesia yang bersama pula mengucapkan Selamat Memasuki Bulan Suci Ramadhan.***

Tentang Penulis: M Rasyid Nur

Avatar
Pendidik yang sudah bersara dari PNS. Setelahnya tetap melanjutkan fungsi sebagai pendidik. Insyaallah hingga hayat dijemput Kholiq.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed